Perlu Diperhatikan, Ini Cara Untuk Jaga Kesehatan Mental

Kamis, 18 Januari 2024 | 18:27:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Perlu Diperhatikan, Ini Cara Untuk Jaga Kesehatan Mental

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Kesehatan mental atau mental health bukanlah hal yang bisa dianggap sepele. Kesehatan mental yang mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial seseorang sangat perlu untuk dijaga. 

Kesehatan mental sangat memengaruhi seseorang untuk menjalani kehidupannya. Mental yang sehat dapat memengaruhi cara berpikir, merasakan, bertindak, dan merespons suatu hal. Untuk itu, sangat perlu bagi seseorang untuk menjaga kesehatan mentalnya. 

Berikut 5 cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental.

Konsumsi Makanan Bergizi

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Pola makan yang sehat tentunya akan memengaruhi keadaan mental seseorang, karena kesehatan fisik dan kesehatan mental seseorang saling terhubung satu sama lain. 

Saat tubuh menerima makanan, maka pikirannya juga akan mendapatkan manfaat dari apa yang dikonsumsi. Nutrisi yang didapatkan tubuh akan memengaruhi keadaan mental seseorang juga. 

Ekspresikan Perasaan dan Emosi

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Ketika sedang merasakan sesuatu, jangan pernah takut untuk mengekspresikannya. Karena apapun jenisnya, perasaan dan emosi itu valid untuk dirasakan. 

Kenali tiap perasaan yang melanda, karena saat seseorang peka terhadap perasaannya, maka ia lebih siap untuk merawat dan memberi perhatian yang pantas didapatkan oleh diri sendiri.

Miliki Tidur yang Berkualitas

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Tidak ada yang lebih baik daripada bangun dari istirahat malam yang nyenyak. Tidur yang berkualitas memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, baik fisik maupun mental. 

Ini dapat membantu seseorang mengurangi kecemasan, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi risiko kesehatan fisik yang serius seperti diabetes atau penyakit jantung. 

Pelihara Hubungan Sosial

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Tak dapat dipungkiri, manusia merupakan makhluk sosial. Agar hidup senantiasa terasa damai, berusahalah untuk selalu menjalin hubungan yang baik dengan sesama manusia. 

Cobalah untuk berkumpul dengan keluarga atau orang terdekat, ini akan memastikan seseorang membina dirinya sendiri dan hubungan sosialnya.

Lakukan Latihan Mindfulness

Ilustrasi Jurnaling. (Freepik.com)

 

Mindfulness atau kefokusan bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental. Konsep mindfulness dipercaya mampu untuk menjaga kesehatan mentalnya. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat jurnal, meditasi, atau melakukan refleksi sederhana untuk “berbenah” diri.