Hindari Stres, Berikut Tips Jaga Kesehatan Mental Ibu Rumah Tangga

Minggu, 14 Agustus 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Hindari Stres, Berikut Tips Jaga Kesehatan Mental Ibu Rumah Tangga

Ilustrasi kesehatan mental ibu rumah tangga. (Special)

Ladiestory.id - Ibu rumah tangga merupakan kelompok yang paling rentan mengalami masalah kesehatan mental. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mental sangatlah penting bagi mereka yang menyandang status ini.

Sebab, rutinitas yang dilakukan ibu rumah tangga lebih banyak di rumah saja dengan segudang kegiatan domestik, seperti memasak, mengurus anak, hingga membersihkan rumah. Rutinitas yang terus berulang dan beberapa faktor lain menjadi penyebab meningkatkan risiko masalah kesehatan mental bagi ibu rumah tangga.

Ibu merupakan pondasi utama dalam sebuah rumah. Ketika kesehatan mentalnya terganggu, seluruh aktivitas dalam rumah bisa menjadi berantakan. Namun, ketika kesehatan mental terjaga, maka rumah tangga menjadi lebih stabil dan segala kerjasama antar anggota keluarga menjadi lancar.

Nah, untuk menghindari stres atau masalah kesehatan mental lainya, berikut tips menjaga kesehatan mental bagi ibu rumah tangga.

Selalu Terapkan Self-Love

Ilustrasi kesehatan mental ibu rumah tangga. (Special)

Seringkali, seorang ibu melupakan self-love untuk dirinya. Padahal, hal semacam ini sangatlah penting. Sebab, ibu memiliki banyak peran penting dirumah.

Oleh karena itu, kamu perlu mengatur waktu dengan baik dan juga menerapkan self-love. Sehingga, akan lebih mudah untuk merasa bersyukur atas kehidupan yang saat ini di miliki.

Jika seorang ibu sakit, maka akan sulit untuk merawat atau mengurus orang lain dalam keluarga. Selain itu, bentuk lain self-love yang dapat diterapkan dengan mudah, yaitu berdandan setiap hari untuk mempercantik penampilan dan meningkatkan rasa percaya diri.

Olahraga

Ilustrasi kesehatan mental ibu rumah tangga. (Special)

Melakukan olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental ibu rumah tangga. Dengan berolahraga, mood akan menjadi membaik dan meningkat. Selain itu, juga penting untuk menjaga kesejahteraan emosional.

Bisa dikatakan olahraga dapat membantu kamu menjaga kesehatan secara fisik mau pun psikis. Bahkan, sejumlah penelitian menjadikan olahraga sebagai salah satu aktivitas yang ampuh untuk menjaga suasana hati dan membantu tubuh memproduksi hormon pemicu rasa bahagia.

Olahraga yang dapat kamu lakukan, seperti yoga, pilates hingga senam aerobik.

Miliki Hobi

Ilustrasi kesehatan mental ibu rumah tangga. (Special)

Ketika kamu mulai merasa bosan, memiliki hobi merupakan pilihan yang tepat. Hidupmu pun akan terasa lebih bergairah setiap harinya.

Selain itu, hobi bisa menjadi ajang relaksasi setelah seharian berkutat dengan kegiatan domestik. Kamu bisa melakukan hobi, seperti menulis, menjahit atau membuat karya unik bersama anak. Seru bukan, Ladies?

Tidur Cukup

Ilustrasi kesehatan mental ibu rumah tangga. (Special)

Meski terkadang seorang ibu harus selalu siap siaga bagi keluarga. Namun, tidur merupakan salah satu hal yang penting dan tidak boleh terlewatkan.

Sebab, tidur memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh, baik fisik mau pun psikis. Selalu upayakan untuk tidur teratur dengan durasi yang ideal.

Bagi orang dewasa sangat disarankan tidur selama 7-9 jam setiap malam. Jika malam hari terasa sulit mengaturnya, kamu bisa memberikan waktu istirahat tidur pada siang hari.

Hubungi Profesional Ketika Diperlukan

Ilustrasi kesehatan mental ibu rumah tangga. (Special)

Jika kamu mengalami stres yang mulai tak terkendali dan mengganggu aktivitas. Maka kamu tidak perlu merasa ragu untuk mendatangi profesional, seperti psikolog.

Kamu dapat melakukannya sebelum terjadi dampak yang lebih parah. Sebab, terlalu stres juga akan sangat mempengaruhi kualitas kesehatan mental seseorang.

Mendatangi profesional juga akan membuatmu lebih tenang dan memandang solusi dalam setiap  masalah yang dihadapi. Pastikan juga kamu membicarakan dengan pasangan mengenai kecemasan dan kegelisahanmu. 

Itulah cara menjaga kesehatan mental bagi ibu rumah tangga. Hal di atas sangatlah penting untuk selalu kamu terapkan terutama yang telah menjadi ibu rumah tangga. Sebuah rumah tangga akan menjadi hebat ketika memiliki ibu yang berkualitas. Yuk, mulai merawat kesehatan mental!.