Penjelasan Ahli Gizi Soal Susu Beruang Untuk Tangkal Covid-19, Begini Yang Sebenarnya!

Senin, 16 Agustus 2021 | 00:00:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Penjelasan Ahli Gizi Soal Susu Beruang Untuk Tangkal Covid-19, Begini Yang Sebenarnya!

Foto : id.pinterest.com

Belakangan heboh diberitakan bahwa susu  beruang mampu menangkal virus corona. Hal ini membuat masyarakat ramai memborong susu yang bergambar beruang tersebut. Anggapan dari masyarakat bahwa susu beruang bisa menangkal Covid-19 ini, membuat harga susu tersebut naik signifikan di sejumlah pasar dan e-commerce.

Foto : sindonews.com

Kenaikan Harga Susu Bear Brand

Terkait dengan hal ini, pihak Nestle mengaku tidak pernah menaikan harga atas produknya tersebut. “Mengenai adanya kenaikan harga di e-commerce untuk produk-produk Bear Brand, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku khususnya peraturan persaingan usaha, kami tidak dapat menentukan harga jual akhir produk kami,” ucap Direktur Corporate Affairs Nestle Indonesia Debora R Tjandrakusuma. 

Ia mengatakan, pihaknya telah semaksimal mungkin untuk mengusahakan terus dapat memasok produk susu Bear Brand agar bisa memenuhi permintaan masyarakat. Selama pandemi, kata Debora, pihaknya terus fokus untuk bisa memenuhi permintaan konsumen.

Tapi, benarkah susu beruang memang bisa menangkal covid-19? Bagaimana menurut ahli gizi menanggapi hal ini? Simak penjelasannya berikut ini.

Penjelasan Ahli Gizi Soal Susu Beruang Untuk Tangkal Covid-19

Menurut Lily Arsanti Lestari, Pengajar pada Program Studi Gizi Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mengatakan apabila imunitas tubuh seseorang bagus, apabila ada virus yang menyerang, maka tubuh bisa melawan virus tersebut. 

Foto : id.pinterest.com

Sebagian masyarakat meyakini, susu  beruang mengandung vitamin D yang dipercaya bisa mencegah infeksi covid -19. Sehingga bila terinfeksi tidak akan menimbulkan kondisi yang parah.

Tapi sebetulnya tidak terus hanya minum susu Bear Brand saja ya, imunitas tubuh dapat ditingkatkan juga dengan konsumsi pangan sehat lainnya. Adapun sumber makanan sehat dapat berasal dari protein seperti telur, ikan, daging, bahkan protein nabati misalnya tempe. Kemudian, agar tubuh sehat, juga baik untuk mengonsumsi sumber vitamin dan mineral seperti sayur dan buah-buahan.

Lebih lanjut lagi, Lily juga menjelaskan, bahwa susu memang memiliki kandungan nilai gizi yang baik. Di dalamnya, terkandung protein hingga mineral yang bermanfaat untuk kesehatan. "Di susu ada protein, vitamin A dan B12, Zn, selenium, serta mineral lain yang bermanfaat untuk kesehatan," katanya. 

Foto : www.cnbcindonesia.com

Dengan mengkonsumsi susu, menurut Lily, memang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Namun, bukan berarti masyarakat harus memilih satu produk susu tertentu saja untuk dikonsumsi. "Tapi ya tidak harus Bear Brand, susu yang lain juga bagus," ucapnya.

Menurut Lily, ada sejumlah protein pada susu yang bisa meningkatkan imunitas tubuh, antara lain yakni protein whey, lactoferin, dan laktalbumin. "Selain itu susu juga mengandung asam-asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh," jelasnya. 

Lebih lanjut, Lily mengatakan susu dapat dikonsumsi kapan saja. Tetapi alangkah baiknya dapat mengkonsumsi susu setelah makan. "Kalau diminum sebelum makan, nanti mungkin bisa mengurangi asupan makan utama karena perut sudah merasa kenyang duluan. Jadi sebaiknya setelah makan saja," ujarnya.