Penting! Kenali Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi Bulimia

Minggu, 24 Oktober 2021 | 10:19:00

Penting! Kenali Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengatasi Bulimia

Ladiestory.id - Bulimia nervosa adalah gangguan makan yang ditandai dengan binge eating diikuti purging, yang keduanya dilakukan untuk menghindari perasaan malu dan bersalah.

Bulimia nervosa adalah gangguan makan di mana orang yang memiliki kecenderungan untuk makan terlalu banyak, merasa bersalah setelah makan, dan kemudian memuntahkan makanan. Orang tersebut kemudian merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri. 

Apa Itu Bulimia dan Faktor Penentunya?

Foto: Unsplash/Iyunmai

Bulimia adalah gangguan mental yang menyebabkan orang makan berlebihan dan kemudian muntah. Bulimia sering disertai dengan kekurangan gizi dan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti gagal ginjal, penyakit jantung, dan stroke.

Bulimia dan faktor-faktor penentunya antara lain, tekanan budaya bulimia adalah tentang pengendalian diri sementara bagi orang lain itu bisa menjadi upaya untuk menyenangkan orang lain.

Ada juga banyak faktor budaya lain yang membuat bulimia lebih mungkin terjadi seperti media yang mengagungkan kelangsingan atau standar kecantikan di masyarakat.

Foto: Unsplash/Louis

Bulimia adalah suatu kondisi yang menyebabkan orang makan makanan bervolume tinggi dan kemudian mengeluarkannya melalui muntah, penggunaan pencahar, atau olahraga berlebihan.

Gejala bulimia meliputi makan berlebihan, menghindari penetapan batasan, merasa jijik dengan diri sendiri setelah muntah, dan perilaku melukai diri sendiri. Bulimia adalah gangguan makan jangka panjang yang dapat memiliki konsekuensi kesehatan yang serius.

Tanda-tanda yang mengungkapkan jika seseorang memiliki kecenderungan bulimia sebagian besar bersifat intuitif. Ini termasuk menyembunyikan makanan di bawah tempat tidur, tidak bisa makan di depan umum, dan olahraga kompulsif. 

Perjalanan Pemulihan Bulimia untuk Memenuhi Tujuan Kesehatan

Foto: Unsplash/Christopher

Bulimia adalah penyakit mental yang sangat sulit untuk disembuhkan. Ada banyak faktor yang berkontribusi pada keparahan bulimia, tetapi salah satu yang paling penting adalah tidak memenuhi tujuan penurunan berat badan. Diet dan olahraga adalah dua komponen terpenting dalam perbaikan diri.

Ini dapat meningkatkan kebahagiaan dan kesehatan Anda, tetapi juga harus dilakukan secara teratur. Bagian terbaik tentang perubahan diet dan olahraga adalah Anda dapat melihat kemajuan Anda secara real time. Ini membantu memotivasi Anda untuk terus melakukan apa yang Anda lakukan untuk diri sendiri.

Orang seharusnya tidak berpikir bahwa perubahan ini akan terjadi dalam semalam. Butuh waktu, tekad, kesabaran, dan ketekunan untuk mencapai berat badan atau bentuk tubuh yang diinginkan karena penting untuk melepaskan kebiasaan lama sebelum mengubahnya menjadi kebiasaan baru.

Jika Anda sudah berpikir untuk mengubah diet Anda berikut adalah beberapa tips tentang cara membuatnya lebih mudah. 

Mulailah dengan memecah dari mana sebagian besar kalori Anda berasal, mengganti makanan yang tidak sehat dengan yang sehat, dan meluangkan waktu untuk menyiapkan makanan Anda sebelumnya.

Buah-buahan penuh serat dan antioksidan yang melawan peradangan, yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, kanker, penyakit Alzheimer, dan masalah kesehatan lainnya bisa Anda jadikan wishlist untuk kembali pada hidup sehat.

Sekian informasi tentang apa itu bulimia, dampak dan cara memulihkan diri agar Anda kembali pada hidup dan mindset yang positif sehingga terhindar dari penyakit akibat bulimia. Semoga bermanfaat.