Penyebab Jerawat di Bibir Muncul dan Cara Mengobatinya

Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:56:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Penyebab Jerawat Di Bibir Muncul Dan Cara Mengobatinya

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang paling umum terjadi. Banyak jenis jerawat yang biasa kita temui. Umumnya jerawat muncul di pipi dan daerah badan lainnya.

Tetapi selain di pipi dan daerah badan lainnya, jerawat juga dapat muncul di area tak terduga, yaitu bibir. Walaupun terbilang kecil, jerawat di bibir cenderung terasa lebih nyeri dibandingkan daerah lainnya.

Lalu apa yang menyebabkan hal ini dan bagaimana cara mengatasinya? Kali ini kita akan membahas seputar jerawat di bibir. Simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Jerawat di Bibir

Sama seperti jerawat lainnya, penyebab jerawat di bibir terjadi akibat adanya produksi minyak berlebih, bakteri, dan penyumbatan folikel rambut. Penyumbatan folikel rambut inilah yang mengakibatkan penumpukan sel kulit.

Penumpukan tersebut dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti penggunaan produk perawatan bibir dengan kandungan minyak yang tinggi (lip balm atau petroleum jelly).

mengobati jerawat di bibir
Foto: Ladiestory.id

Sering memegang area bibir dengan tangan kotor, sisa makanan dan minuman yang tidak dibersihkan, daerah mulut dan sekitarnya sering berkeringat, dan perubahan hormon, terutama saat masa pubertas dan menstruasi.

Meskipun beberapa produk perawatan bibir terbilang aman, penggunaan yang berlebihan dan tidak dibersihkan dengan baik dapat menyumbat pori-pori. Dan akhirnya bisa mengakibatkan tumbuhnya jerawat di area tersebut.

Jika tidak merasa yakin bahwa jerawat kamu adalah masalah kulit biasa, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar lebih pasti.

Cara menghilangkan dan Mengobati Jerawat di Bibir

Jerawat di daerah bibir, baik di atas maupun bawah area mulut, tentu dapat mengganggu. Selain menurunkan kepercayaan diri, jerawat di daerah ini juga cenderung lebih menyakitkan.

Oleh sebab itu, kamu tentu harus cepat-cepat menghilangkan dan mengobati jerawat di area mulut, bukan? Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat bibir:

1. Mengoleskan obat jerawat (vitacid cream)

Foto: Salmonberrypie

Sebenarnya, ada banyak perawatan yang efektif untuk mengatasi jerawat, termasuk jerawat di bibir. Salah satu metode yang cukup ampuh menghilangkan jerawat di daerah ini adalah obat jerawat topikal, seperti krim dan salep.

  • Benzoil peroksida

Obat jerawat ini cukup ampuh mengatasi jerawat yang meradang. Hal ini dikarenakan kandungan yang sering ditemukan pada obat jerawat ini membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, obat ini juga dapat membantu kulit mengendalikan minyak agar pori-pori tidak tersumbat dan memperparah kondisi jerawat.

  • Retinoid

Tak hanya benzoil peroksida, retinoid pun juga sering menjadi pilihan untuk mengatasi jerawat di area ini. Umumnya, kandungan obat ini digunakan untuk membuka sumbatan pada pori, mengurangi produksi minyak, dan mencegah peradangan kulit.

  • Antibiotik

Selain kedua obat tersebut, krim antibiotik yang bersifat antibakteri dapat digunakan untuk membunuh bakteri dan meredakan peradangan.

Beberapa obat jerawat memang dapat dibeli di apotek tanpa resep dokter, tetapi tidak sedikit pula krim jerawat yang ampuh memerlukan resep dokter. Selalu gunakan obat sesuai dengan instruksi yang tertera di label atau berdasarkan anjuran dokter.

Jika kamu menggunakan obat jerawat di malam hari, jangan lupa untuk mengoleskan pelembab keesokan harinya. Hal ini bertujuan untuk mencegah kulit wajah terasa kering setelah penggunaan obat tersebut.

 2. Menggunakan cara alami non obat

foto: ladiestory.id
foto: ladiestory.id

Tak hanya menggunakan obat-obatan, kamu juga bisa melakukan beberapa cara alami yang membantu mengatasi jerawat di bibir. Cara tersebut antara lain:

3. Kompres dengan air hangat atau air dingin

Salah satu metode yang sering dilakukan adalah mengompres jerawat, baik dengan es batu maupun air hangat. Dengan mengompresnya menggunakan es dapat membantu meringankan pembengkakan dan kemerahan di kulit.

Hal ini juga membantu menyamarkan jerawat Anda. Selain itu, kompres dengan es juga meringankan rasa nyeri yang mengganggu.

Mengompres dengan air hangat juga dapat  mengeluarkan minyak dan kotoran yang menyumbat pori. Bahkan, metode ini cukup membantu pada jerawat yang sudah terinfeksi karena dapat membantu mengeringkan nanah. Alhasil, rasa nyeri dan kemerahan pun berkurang.

Kamu bisa mencoba mengompres jerawat sekitar satu menit sebanyak dua kali dalam satu hari. Ulangi cara ini sesuai kebutuhan, terutama saat jerawat terasa sakit.

4. Tips mencegah jerawat di bibir

Walaupun cukup mengganggu, kemunculan jerawat di bibir dapat dicegah. Dengan selalu rutin membersihkan wajah dan bibir dengan sabun pembersih yang lembut, serta tidak menyentuh area bibir terlalu sering agar bakteri tidak menempel.

Bisa menjadi beberapa tips untuk mencegah jerawat di bibir. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan solusi yang tepat.