Penyebab Sering Sakit Gigi di Malam Hari dan Cara Cepat Atasinya

Selasa, 23 Agustus 2022 | 00:01:00

Penyebab Sering Sakit Gigi Di Malam Hari Dan Cara Cepat Atasinya

Ilustrasi sakit gigi. (Special)

Ladiestory.id - Sakit gigi memang bisa terjadi kapan saja. Namun, banyak yang menyadari bahwa sakit gigi sering terjadi saat malam hari. Lantas apa penyebabnya?.

Salah satu alasan yang jadi penyebab seseorang lebih sering mengalami sakit gigi di malam hari, yaitu karena saat berbaring atau tidur, darah akan mengalir ke kepala. Akibatnya, darah yang mengalir ke daerah tersebut akan meningkatkan rasa sakit dan tekanan yang dirasakan orang lantaran sakit gigi.

Selain itu, sakit gigi dapat memberikan efek sulit untuk tertidur. Posisi bantal yang salah juga dapat menyebabkan aliran darah menuju ke kepala. Hal ini bisa menimbulkan pusing atau sakit kepala.

Kondisi demikian tentu sangat menyiksa. Berikut cara yang cepat untuk mengatasi sakit gigi di malam hari yang bisa kamu lakukan.

Obat Pereda Nyeri

Ilustrasi mengonsumsi obat pereda nyeri. (Pinterest)

Salah satu pertolongan cepat untuk mengatasi sakit gigi di malam hari adalah dengan minum obat pereda nyeri. Salah satu yang bisa kamu gunakan adalah obat ibuprofen. Obat ini diketahui bisa digunakan untuk meredakan nyeri sakit gigi.

Menurut Journal of Pain Research, ibuprofen menjadi obat yang ampuh untuk hilangkan rasa nyeri. Selain itu, ibuprofen dapat redakan demam yang terjadi akibat sakit gigi.

Pastikan kamu mengonsumsi obat ini dalam dosis yang dianjurkan pada kemasan. Jika sakit gigi terlanjur parah, segera menemui dokter gigi agar bisa mendapatkan penanganan tepat.

Kompres Es

Ilustrasi kompres air es. (Special)

Sakit gigi menjadi gangguan yang paling menyakitkan, apalagi jika terjadi di malam hari. Tentu akan sangat menggangu saat kita ingin beristirahat tidur. Untuk mengatasinya, kamu bisa coba dengan mengompres es.

Penerapan kompres es untuk redakan sakit gigi sudah teruji memiliki efek yang cepat. Sakit gigi akan menimbulkan pembengkakan pada wajah yang tidak tertahankan. Gangguan tersebut umumnya akibat bengkak di area gusi.

Meskipun mengompres es saat sakit gigi menjadi cara efekfit. Namun, jangan oleskan es batu langsung ke area yang bengkak. Karena hal ini justru akan membuatnya bertambah parah. Lebih baik bungkus es batu dengan kain tipis dan tempelkan di area pipi yang dekat dengan gigi yang sakit.

Air Garam

Ilustrasi air garam. (Special)

Garam alami memiliki kandungan natrium klorida yang dapat membantu menurunkan berkembangnya bakteri di dalam mulut. Selain itu, sifat basa pada garam juga berperan dalam menghilangkan bakteri di mulut. Meskipun baik untuk pencegahan saat sakit gigi, air garam tidak bisa digunakan sebagai obat jangka panjang.

Teh Peppermint

Ilustrasi teh peppermint. (Special)

Daun teh peppermint mengandung zat tanin yang efektif dalam membantu meredakan sakit gigi, serta bisa mengurangi pembengkakan pada gusi. Kamu bisa menempelkan teh celup pappermint yang telah diseduh dan di masukan ke freezer beberapa menit untuk meredakan sakit gigi.

Minyak Cengkeh

Ilustrasi minyak cengkeh. (Special)

Cengkeh memiliki kandungan senyawa eugenol yang dapat mengurangi sakit gigi. Pada penelitian 2015 lalu, menunjukkan bahwa orang yang mengoleskan eugenol ke gusi akan mengurangi sakit akibat cabut gigi. Eugenol akan bertindak sebagai analgesik yang dapat membuat area yang dioleskan mati rasa. Sehingga, rasa sakit gigi di malam hari bisa teratasi.