Tidak Bau dan Pahit, Ini 5 Cara Olah Rebung yang Benar

Minggu, 8 Januari 2023 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Tidak Bau Dan Pahit, Ini 5 Cara Olah Rebung Yang Benar

Ilustrasi rebung. (Special)

Ladiestory.id - Rebung atau tunas bambu muda merupakan salah satu bahan yang bisa diolah menjadi makanan. Makanan khas Semarang, yaitu lumpia menggunakan rebung sebagai bahan baku utamanya. Namun ternyata, tidak semua jenis rebung bisa digunakan, lho. Karena ada beberapa varietas bambu yang memiliki tunas yang keras, berbulu, bahkan pahit. 

Cara mengolah rebung juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pasalnya, jika salah dalam mengolah rebung, maka akan mengurangi kenikmatan rasa rebung itu sendiri. Salah dalam mengolah rebung juga dapat menimbulkan bau pesing dan rasa pahit. Ladies, berikut ini lima cara mengolah rebung yang bisa kamu lakukan agar rebung tidak bau dan pahit. 

Rebus Rebung

Ilustrasi memasak. (Special)

Sebelum diolah menjadi berbagai macam masakan, sebaiknya kamu merebus rebung terlebih dulu. Setelah membeli rebung, cuci rebung hingga bersih dan rebus hingga empuk. Setelah empuk, air rebusan tersebut bisa dibuang. Tiriskan rebung yang sudah direbus. 

Proses selanjutnya adalah mencuci kembali rebung yang telah direbus sampai bersih. Tidak perlu merebusnya terlalu lama, cukup sekitar 10-15 menit dan tiriskan kembali. Baru setelah itu, rebung siap untuk diolah menjadi berbagai macam masakan termasuk isian lumpia Semarang. 

Rendam dengan Air Garam

Ilustrasi rebung. (Special)

Untuk menghilangkan bau tidak enak dan rasa pahit pada rebung, maka sebelum memasaknya, kamu bisa merendamnya dengan air garam. Larutkan beberapa sendok garam ke air bersih dan masukkan rebung yang telah dipotong-potong.

Rendam sekitar 30 menit. Baru setelah itu, tiriskan rebung tersebut. Terakhir, kamu bisa mencucinya hingga bersih dan rebung siap direbus atau diolah menjadi masakan sesuai keinginan. 

Rebus dengan Air Kelapa

Ilustrasi memasak. (Special)

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba untuk menghilangkan bau pesing atau rasa pahit dari rebung adalah menggunakan air kelapa. Caranya cukup dengan merebus rebung dengan air kelapa. 

Kamu bisa menyiapkan air kelapa secukupnya dan gunakan sebagai air rebusan untuk merebus rebung. Menggunakan air kelapa untuk merebus rebung dinilai cukup efektif menghilangkan bau khas rebung. Karena biasanya, bau khas rebung yang sedikit pesing tersebut tidak akan mudah hilang jika hanya direbus dengan air biasa.

Menggunakan air kelapa sebagai air rebusan rebung mungkin dapat mengubah cita rasa rebung, namun justru akan membuat cita rasa rebung menjadi unik dan tetap nikmat. 

Rendam dengan Air Kapur Sirih

Ilustrasi rebung. (Special)

Kapur sirih juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bau khas rebung, lho. Caranya adalah dengan melarutkan secukupnya kapur sirih ke air. Gunakan larutan air kapur sirih tersebut untuk merendam rebung yang dipotong-potong.

Rendam beberapa menit saja, sekitar 10 menit. Setelah itu, cuci rebung hingga bersih dan rebung siap diolah menjadi berbagai macam olahan makanan sesuai keinginan. Menggunakan rendaman air kapur sirih dapat membuat tekstur rebung tetap terjaga. 

Kukus Rebung

Ilustrasi rebung. (Special)

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau pesing dan rasa pahit dari rebung adalah dengan mengukusnya. Pertama, kamu bisa mencuci rebung hingga bersih kemudian masukan rebung ke dalam panci kukusan. Tunggu beberapa saat hingga rebung empuk.

Mengukus rebung dapat menghasilkan tekstur rebung yang tidak terlalu berair. Sehingga, kamu akan lebih mudah ketika memasaknya dan membuat rebung menjadi lebih nikmat. Selain itu, dengan mengukus rebung juga dapat menghilangkan bau pesing dan rasa pahit dari rebung tersebut.

Nah, itulah beberapa cara mengolah rebung agar tidak bau pesing dan pahit. Tertarik mencobanya, Ladies?