Jangan Anggap Sepele! Begini Cara Rawat Miss V yang Benar

Sabtu, 15 Januari 2022 | 13:30:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Jangan Anggap Sepele! Begini Cara Rawat Miss V Yang Benar

Ilustrasi Miss V. (Special)

Ladiestory.id - Miss V atau vagina merupakan organ intim perempuan yang harus dijaga kesehatan dan kebersihannya. Bukan tanpa sebab, organ ini  adalah bagian penting dari sistem reproduksi.

Jika tidak dirawat dengan baik dan benar, bisa menimbulkan masalah di area tersebut, seperti muncul keputihan, atau bahkan yang lebih parah bisa menyebabkan infeksi vagina dan penyakit lainnya pada organ intim. Untuk merawatnya Kamu perlu lakukan tujuh hal ini.

1. Mencukur Bulu di Sekitar Miss V

Ilustrasi alat cukur. (Special)

Bulu-bulu lembut yang tumbuh di area vagina berfungsi untuk melindungi bibir vagina dari lecet atau luka. Namun bila bulu ini dibiarkan lebat juga bisa memicu bakteri bersarang dan membuat gatal area tersebut.

Karena itu, Kamu perlu mencukurnya. Namun, jangan sampai memangkasnya habis tanpa sisa ya, LadiesAdapun untuk mencukurnya, disarankan menggunakan pisau cukur yang bersih. Ganti pisaunya setiap dua minggu sekali. 

2. Cuci Miss V dengan Benar Setiap Habis Buang Air

Ilustrasi setelah buang air. (Special)

Setiap habis buang air kecil dan besar, cucilah Miss V dengan benar dan pastikan hingga bersih. Bila memungkinkan, Kamu juga dapat gunakan air hangat untuk membersihkan area tersebut. Jangan lupa untuk selalu cuci tangan sebelum dan sesudah membasuh vagina.

3. Gunakan Sabun Khusus Miss V

Ilustrasi sabun pembersih vagina. (Special)

Untuk menjaga Miss V tetap bersih dan sehat Kamu juga perlu gunakan sabun pembersih khusus yang lembut dengan kandungan prebiotik dan bahan alami. 

Jangan pilih sabun dengan bahan kandungan yang keras dan aroma yang menyengat. Hal ini bisa menyebabkan area vagina iritasi dan alergi.  

4. Hindari Penggunana Pembalut/Tampon/Pantyliner Beraroma

Ilustrasi pembalut dan tampon. (Special)

Ketika menstruasi, jangan gunakan pembalut atau tampon yang mengandung pewangi, terutama bila Kamu punya  kulit sensitif. Kandungan parfum dalam pembalut bisa membuat Miss V mengalami iritasi dan menimbulkan keputihan. Begitu juga dengan pemilihan pantyliner, hindari yang mengandung parfum ya, Ladies

Selain itu, sebaiknya ganti pembalut setiap 3 hingga 4  jam sekali. Hal ini untuk mencegah terjadinya infeksi dan bau tak sedap di area vagina.

5. Keringkan dengan Handuk

Ilustrasi handuk. (Special)

Cara merawat Miss V berikutnya adalah dengan mengeringkannya menggunakan handuk yang lembut dan bersih. Keringkan dengan cara menepuk lembut area vagina. Jangan terlalu kuat, karena bisa menimbulkan kerusakan pada jaringan vulva. 

Bila vulva sakit atau terkena iritasi, segera periksa ke dokter untuk perawatan yang tepat. Jangan sembarangan menggunakan obat vagina yang dijual bebas.

6. Gunakan Pakaian Dalam yang Nyaman

Ilustrasi celana dalam dari bahan katun. (Special)

Pemilihan celana dalam yang tepat dan nyaman digunakan juga penting untuk perawatan Miss V. Pilihlah dari bahan katun yang mudah menyerap keringat dan jangan terlalu ketat. Hal ini  agar area vagina tidak mengalami kelembapan. Jangan lupa untuk menggantinya secara teratur, terutama setelah beraktivitas dan saat basah atau lembap.

Cara mencuci pakaian dalamnya juga perlu diperhatikan. Cuci hanya dengan sedikit deterjen dan tidak perlu menggunakan pelembut pakaian. 

7. Hindari Penggunaan Steaming

Ilustrasi steaming Miss V. (Special)

Selanjutnya, Kamu juga perlu menghindari penggunaan steaming atau uap untuk membersihkan vagina dengan ramuan herbal. Konon, ramuan herbal ini dipercaya dapat membersihkan vagina dan menyehatkan rahim. Namun, belum ada penelitian yang menunjukan bahwa perawatan tersebut terbukti efektif.