Serupa Tapi Tak Sama, 6 Perbedaan Utama Pilates dan Yoga

Jumat, 14 Januari 2022 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Serupa Tapi Tak Sama, 6 Perbedaan Utama Pilates Dan Yoga

Jeon Somi melakukan pilates. (instagram.com/somsomi0309)

Ladiestory.id - Yoga dan pilates sekilas terlihat hampir sama, apalagi jika dilihat dari beberapa gerakannya. Meski semua olahraga memiliki manfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, nyatanya yoga dan pilates memiliki fungsi spesifik yang berbeda.

Yoga lebih berfokus pada kelenturan tubuh, pengelolaan emosi, dan meditasi. Sedangkan pilates, lebih berfokus pada otot stamina tubuh. Selain itu terdapat beberapa perbedaan lainnya antara yoga dan pilates yang kerap disalah artikan oleh sebagian orang. Nah, penasaran kan apa saja perbedaan keduanya? 

1. Asal-Usul

Ilustrasi senam lantai. (special)

Yoga berasal dari India dan mulai berkembang sekitar lima ribu tahun yang lalu. Seiring berjalannya waktu, jenis latihan yoga mengalami perkembangan dengan beragam budaya. Sehingga, muncul beberapa variasi yoga di antaranya, yoga Ashtanga, Bikram, Kripalu, Vinyasa dan yang lainnya.

Sementara pilates dikembangkan oleh seorang atlet Jerman, Joseph Pilates pada 1925 silam. Aktivitas olahraga ini berfokus untuk memperbaiki postur tubuh, menguatkan otot seperti tulang belakang serta membantu mengembangkan keseimbangan tubuh.

2. Komponen yang Dipakai

Ilustrasi pilates. (special)

Umumnya semua jenis olahraga pasti membutuhkan komponen pendukung lainnya. Contohnya yoga, olahraga ini hanya membutuhkan sedikit peralatan yaitu matras. Matras berfungsi untuk mengurasi risiko cedera pada saat melakukan latihan yoga.

Pilates memiliki kompoten yang lebih banyak dibandingkan dengan yoga. Umumnya peralatan pendukung olahraga pilates, antara lain pilates ball, pilates ring, block atau resistance band yang digunakan sesuai dengan jenis pilates.

3. Metode Latihan Dasar

Olahraga pilates dan yoga memberikan pemahaman dua elemen manusia yang saling berkaitan satu sama lainnya yaitu tubuh dan pikiran. Metode latihan dasar yang membedakan yoga dan pilates adalah, yoga menambahkan elemen jiwa dalam setiap latihannya.

Elemen jiwa atau spiritualitas sangat berperan dalam  setiap gerakan yoga secara keseluruhan terutama saat meditasi. Sedangkan pilates menciptakan prinsip dua elemen manusia yaitu tubuh dan pikiran sehingga akan berfokus kepada konsentrasi, pernapasan, dan keseimbangan tubuh.

4. Teknis Pernapasan

Ilustrasi yoga. (special)

Setiap jenis olahraga senam lantai memiliki teknik pernapasan berbeda, termasuk yoga dan pilates. Hal ini sangat berdampak pada hasil yang akan diterima oleh tubuh. Olahraga yoga yang menyelaraskan fisik, pikiran, serta jiwa, teknis pernapasannya lebih di fokuskan melalui hidung.

Teknis pernapasan yang digunakan saat latihan yoga adalah menghirup dan mengembuskan udara secara perlahan melalui hidung. Sedangkan teknis pernapasan yang digunakan saat pilates adalah menghirup udara untuk bernapas melalui hidung, dan mengeluarkannya kembali melalui mulut.

5. Manfaat Yoga dan Pilates

Jeon Somi melakukan pilates. (instagram.com/somsomi0309)

Secara umum yoga dan pilates memiliki manfaat yang sama, yaitu sama-sama menguatkan otot tapi tidak terlalu banyak membakar kalori. Perbedaan manfaat lainnya adalah yoga dapat membantu untuk menenangkan pikiran, mengelola emosi, merelaksasikan tubuh, pikiran dan jiwa.

Sedangkan pilates akan lebih fokus untuk menguatkan otot tubuh. Ini sangat berguna bagi Kamu yang ingin memulihkan tubuh akibat cedera, atau menguatkan persendian yang lemas. Selain itu, pilates juga digunakan dalam fisioterapis guna mengembalikan vitalitas tubuh akibat cedera atau permasalah sendi lainnya.

6. Kelas Latihan

Ilsutrasi latihan pilates. (special)

Kelas latihan merupakan perbedaan yang sangat jelas pada olahraga yoga dan pilates. Saat Kamu masuk ke dalam kelas latihan pilates, maka kelas akan menyesuaikan dengan kebutuhan orang yang akan melakukan latihan.

Setiap kelas pilates akan berbeda sesuai dengan jenis dan tujuan pilates, ada kelas khusus pilates untuk menurunkan berat badan, ada juga kelas khusus pilates dengan gerakan mengencangkan atau melenturkan tubuh.

Berbeda dengan yoga yang berfokus meningkatkan kekuatan fisik, menyeimbangkan tubuh dengan ketenangan jiwa dan pikiran. Di dalam kelas yoga Kamu akan lebih berfokus dan berkonsentrasi melalui meditasi.