Pereda Nyeri Menstruasi, Ini 5 Manfaat Minum Jamu Kunyit Asam

Sabtu, 9 Juli 2022 | 12:30:00

Pereda Nyeri Menstruasi, Ini 5 Manfaat Minum Jamu Kunyit Asam

minuman kunyit

Ladiestory.id - Saat datang bulan, sering kali para perempuan merasa sakit yang luar biasa, bahkan hingga pingsan. Mestruasi atau haid merupakan siklus normal bulanan di mana perempuan mengalami pendarahan dari vagina.

Pengaruh dari siklus mentruasi (haid) pada kesehatan tubuh adalah dapat mempengaruhi baik emosional, mental, dan fisik. Banyak orang menganjurkan untuk meminum jamu kunyit asam yang memiliki banyak manfaat untuk perempuan, salah satunya saat menstruasi.

Terdapat banyak kandungan dalam kunyit, seperti bahan aktif sebagai analgesik, antiradang, dan antipiretik. Namun, kunyit tidak seharusnya diminum setiap hari karena akan menyebabkan sakit perut bahkan maag. Berikut manfaat dari minum jamu kunyit asam!

Pereda Nyeri Saat Haid

Ilustrasi perempuan sakit perut. (Special)

Kunyit asam sudah sejak lama dikenal sebagai obat untuk mengatasi nyeri haid. Hal itu karena pada kunyit asam mengandung curcumin yang bekerja mengurangi produksi prostaglandin yang merupakan hormon untuk menciptakan rasa sakit.

Kandungan pada kunyit asam seperti antioksidan saponin, tannin, alkaloid, dan phlobotamin dipercaya mampu meredakan kontraksi pada rahim.

Mengatasi Keputihan

Ilustrasi area keperempuanan. (Special)

Keputihan merupakan tanda yang normal untuk seorang perempuan terlebih jika mendekati siklus haid. Volumenya sekitar satu sendok teh. Teksturnya tidak terlalu kental atau tipis, tidak berbau, dan warnanya akan berubah dari putih menjadi bening, lalu coklat. Kunyit asam sangat penting untuk diminum saat terjadi keputihan.

Mengatur Siklus Haid

Ilustrasi perempuan sedang haid. (Special)

Jika kamu meminum kunyit asam secara rutin, hal itu akan membantu melancarkan siklus haid. Umumnya, siklus haid yang normal adalah sekitar 28 hari. Perempuan yang siklusnya tidak teratur biasanya sampai 35 hari, dan setelah haid akan merasakan nyeri yang lebih parah dari biasanya.

Selain itu, aliran darah juga akan lebih deras bahkan lebih sedikit dari siklus normal biasanya. Manfaat kunyit asam dapat membuat siklus haid kembali normal.

Mencegah Infeksi pada Vagina

Ilustrasi menjaga kebersihan dan kesehatan daerah intim perempuan. (Special)

Pada saat terjadi siklus mentruasi, tubuh lebih rentan untuk terinfeksi berbagai jenis bakteri atau jamur. Kunyit bisa menjadi andalan untuk menghentikan dan mencegah pertumbuhan infeksi di vagina. Hal tersebut karena kunyit mengandung anti jamur dan antiseptik alami.

Mengurangi Stres

Ilustrasi depresi. (Special)

Perubahan hormon yang terjadi saat menstruasi bisa menyebabkan stres. Siklus menstruasi sangat mempengaruhi emosional perempuan menjadi lebih mudah marah hingga sedih.

Kunyit sangat bermanfaat sebagai antidepresan alami yang dapat mengendalikan emosi saat haid. Kunyit akan menyeimbangkan zat kimia pada otak, sehingga terhindar dari stres dan sulit tidur yang sering terjadi pada perempuan saat haid.

Itulah 5 manfaat meminum jamu kunyit asam untuk perempuan yang sedang menstruasi. selain pada siklus haid, kamu bisa meminum jamu kunyit asam untuk kesehatan tubuh lainnya dan tetap atur jumlah konsumsi yang wajar bagi tubuh.  

s