Perhatikan! Ini Dia 7 Tanda-Tanda Imunitas Tubuhmu Menurun

Kamis, 12 Agustus 2021 | 06:14:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Perhatikan! Ini Dia 7 Tanda-Tanda Imunitas Tubuhmu Menurun

Foto: Ladiestory.id

Di tengah situasi dan kondisi pandemi layaknya saat ini, tentu kamu telah kerap mendengar akan pentingnya menjaga imunitas tubuh. Hal ini bertujuan agar kita tidak mudah terserang oleh penyakit, terutama dari terserangnya virus covid-19.

Oleh sebab itu, kita perlu was was bila tubuh malah sedang menandakan imunitas yang tengah menurun. Setiap kali flu atau pilek menyerang, banyak dari kita yang mengira jika penyebabnya paling hanya karena pergantian udara saja.

Tanda-Tanda Imunitas Tubuhmu Menurun

Namun sadarkah kamu bila hal ini sebenarnya merupakan alarm tubuh yang tengah mencoba mengingatkan jika imunitas atau kekebalan tubuh sedang berada di titik yang rendah.

Ketua Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia (PDEI), dr. Moh Adib Khumaidi, SpOT, menyatakan walau telah dijaga dengan baik dan benar, ada masanya tubuh seseorang mengalami drop dan menyebabkan imunitas tubuh jadi melemah.

Hingga sekarang Ini, sudah diketahui jika sekitar 80 penyakit bisa disebabkan karena masalah sistem kekebalan tubuh. Pastinya keadaan ini bisa diketahui dengan beberapa tanda yang ditunjukkan oleh tubuh manusia.

1. Mudah Kelelahan

Foto: Ladiestory.id

Rasanya sangat lelah layaknya yang dirasakan saat terjangkit flu? Hal ini bisa berarti terdapat sesuatu hal yang terjadi dengan sistem kekebalan tubuh kamu. Hanya dengan istirahat dan tidur saja tidak membantu banyak.

Selain merasa lelah, tanda daya tahan tubuh lemah ini diikuti dengan sendi atau otot terasa sakit. Bahkan mungkin terdapat banyak alasan lain mengapa tubuh merasakan kelelahan.

2. Pilek

Pilek atau salesma adalah tanda sistem imun tubuh sedang menurun yang berikutnya. Berdasarkan dokter sekaligus ahli imunologi, Heather Monday, layaknya yang dilansir dari laman Mind, Body, Green. Biasanya juga masyarakat kita menganggapnya 'masuk angin'.

3. Selalu jatuh sakit

Foto: Ladiestory.id

Yang satu ini merupakan tanda yang paling mudah tampak. Bila terdapat virus yang terbang di udara, tubuh yang paling rentan yang diserang pertama kali, walau terdapat banyak orang yang berada di sekitar kamu.

Berdasarkan penelitian, orang dewasa rata-rata mengalami pilek 2 sampai 4 kali dalam setahun. Bila kamu melebihi itu, kekebalan kamu tengah memerlukan pertolongan.

4. Tangan Dingin

Awal tanda daya tahan tubuh lemah dapat saja terasa hangat pada sebagian anggota tubuh karena pembuluh darah meradang, layaknya di kaki, telinga, jari tangan, dan hidung. Kulit pada daerah itu bisa berubah menjadi pucat, lalu membiru, dan terasa dingin. Setelah aliran darah normal kembali, kulit akan terlihat memerah.

Pakar kesehatan mengatakan ini sebagai “fenomena Raynaud.” Masalah sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan beberapa bagian tubuh dingin dan kaku pada, kondisi tertentu.

5. Nyeri pada Sendi

Foto: Ladiestory.id

Jika sistem imun sedang menurun dalam jangka waktu lama, maka akan timbul peradangan pada pembuluh darah karena infeksi, ataupun gangguan autoimun. Tandanya, kamu akan mengalami nyeri sendi yang berulang.

6. Stamina menurun

Bisa jadi ketika bangun pagi, tubuh kamu bukannya segar namun justru bangun pada kondisi lelah dan lesu, meskipun sebenarnya tubuh tidak banyak melakukan aktivitas fisik. Merasa lesu dan ingin tidur dan adalah tanda dari imunitas rendah.

7. Ruam

Foto: Ladiestory.id

Kulit merupakan benteng pertahanan pertama tubuh guna menghadang kuman. Keadaan kulit bisa menunjukkan seberapa baik sistem kekebalan tubuh melakukan fungsinya ketika mencegah ancaman beragam penyakit. Kulit rasanya gatal, kering, merah merupakan tanda daya tahan tubuh lemah. Ruam ini begitu menyakitkan atau mungkin tidak segera sembuh.

Berita Terkait