Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang Bagus untuk Perangi Cacar Monyet

Senin, 22 Agustus 2022 | 18:00:00

Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Yang Bagus Untuk Perangi Cacar Monyet

Ilustrasi Cacar Monyet. (Medscape)

Ladiestory.id - Wabah penyakit memang sulit diprediksi kapan datang dan perginya. Selain itu, juga tidak bisa diprediksi akan menyerang siapa saja. Belum berakhir pandemi Covid-19, kini datang lagi penyakit dengan wabah baru, yaitu cacar monyet atau monkeypox.

Per hari ini, Kementrian Kesehatan RI sudah memberikan keterangan resmi bahwa sudah ditemukan satu kasus wabah cacar monyet di Indonesia. Hal ini tentunya perlu menjadi perhatian khusus agar kasus yang sama tidak menimpa diri sendiri mau pun orang sekitar.

Sama seperti Covid-19, wabah baru berupa cacar monyet ini dikatakan cukup berbahaya. Sehingga, perlu tindakan pencegahan sedini mungkin agar tidak sampai menyerang tubuh atau bahkan menularkannya ke orang lain.

Kamu tidak perlu panik, untuk bisa mencegah penyakit cacar monyet ada tindakan jitu yang bisa dilakukan, yaitu dengan menerapkan perilaku hidup bersih. Ya, benar sekali, dengan perilaku hidup bersih dan sehat bisa menjadi tuntunan kamu untuk tetap bisa mencegah penyakit ini.

Lalu, bagaimana perilaku hidup bersih dan sehat untuk mencegah cacar monyet yang bisa kamu terapkan di rumah atau pun uar rumah? Berikut ini diantaranya.

Sering Cuci Tangan

Ilustrasi cuci tangan. (Special)

Cara pertama yang terbilang paling mudah dan bisa kamu lakukan, yaitu dengan rutin mencuci tangan kemana pun kamu pergi dan berada. Mencuci tangan dengan sabun akan membantu mencegah virus atau kuman berpindah dari satu orang ke orang yang lain.

Konsumsi Makanan yang Higienis dan Bergizi

Ilustrasi makanan higienis dan bergizi. (Special)

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang bersih atau higienis dan juga bergizi. Mengonsumsi makanan yang terjaga kebersihannya akan menghindarkan kamu dari tertular macam-macam kuman dan penyakit.

Selain itu, makanan yang kamu konsumsi juga harus bergizi baik sehingga menghasilkan zat penting yang diperlukan oleh tubuh.

Kurangi Stres

Ilustrasi mengalami stres. (Health digest)

Perilaku sehat selanjutnya yang harus kamu lakukan agar terhindar dari penyakit cacar monyet adalah hindari atau kurangi stres. Sekadar informasi, stres berlebihan akan mengganggu zat antibodi dalam tubuh. Saat kekebalan tubuh menurun, virus atau kuman akan lebih mudah menyerang tubuh.

Hindari Kontak Tubuh dengan Orang Lain

Ilustrasi jaga jarak. (Special)

Cacar monyet adalah sejenis virus yang cara penularannya lewat airborne atau udara. Oleh karena itu, kamu harus menjaga jarak atau menghindari kontak dengan orang yang belum kamu kenal status kesehatannya.

Jika orang yang ingin kamu temui dalam keadaan sakit, maka lebih baik untuk menunda bertemu dengannnya agar penularan virus bisa dihindari.

Selalu Waspada

Ilustrasi selalu waspada. (Special)

Kemudian yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah waspada jika bertemu orang atau mengenal orang dengan gejala cacar monyet. Jika kamu merasa bertemu dengan orang yang sakit dengan gejala yang hampir mirip dengan cacar monyet, maka sarankanlah orang itu untuk segera berobat ke dokter di fasilitas kesehatan terdekat. Sarankan juga orang tersebut untuk istirahat di rumah, demi menghindari penyebaran penyakit ini.

Tidur yang Cukup

 

Ilustrasi tidur yang cukup. (dok. Deposito photos)

Perilaku hidup bersih dan sehat terakhir yang bisa kamu lakukan, tentunya dengan tidur atau istirahat cukup. Istirahat yang cukup di malam hari dan tidak begadang akan membuat seseorang memiliki daya tahan tubuh lebih kuat. Daya tahan tubuh atau antibodi yang kuat ini akan terbentuk saat kamu tidur dengan cukup dan nyenyak saat malam hari.

Mengingat penyakit cacar monyet berbahaya, maka mulai terapkan perilaku hidup bersih dan sehat dari sekarang ya, Ladies. Mari cegah penyakit cacar monyet bersama!.