Pilih Jadi Childfree Bikin Awet Muda? Yuk, Simak Faktanya!

Minggu, 12 Februari 2023 | 19:21:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Pilih Jadi Childfree Bikin Awet Muda? Yuk, Simak Faktanya!

Ilustrasi pasangan memutuskan childfree. (Special)

Ladiestory.id - Pembahasan mengenai childfree kini kembali marak di kalangan masyarakat. Hal ini lantara selebgram Gita Savitri atau yang biasa dikenal sebagai Gitasav. Ia menjadi sorotan warganet setelah komentarnya menyebut childfree sebagai salah satu cara dirinya menjadi awet muda. Komentar ini pun dilontarkan saat dirinya membalas komentar salah satu warganet yang memuji wajah awet mudanya. 

Not having kids is indeed natural anti-aging. You can sleep for 8 hours every day, no stress hearing kids screaming. And when you finally got wrinkles, you have the money to pay for botox.” tulisnya membalas komentar tersebut. 

Komentar Gita Savitri. (Special)

 

Menurutnya, dengan memiliki tidak memiliki anak menjadi cara dalam melawan penuaan secara alami. Sebab dirinya memiliki waktu lebih lama untuk merawat diri, tidak stres mendengar anak berteriak serta dapat beristirahat atau tidur selama 8 jam per hari.

Sontak, pernyataan tersebut menjadi bahasan pra warganet dan memunculkan berbagai komentar. Ada pihak yang sepakat namun, juga tidak sedikit yang merasa tidak sependapat dengan pernyataan tersebut.

Lalu, apakah benar childfree dapat membuat seorang wanita menjadi lebih muda? Yuk, simak ulasannya.

Childfree sendiri merupakan sebuah istilah yang mengacu pada orang dewasa yang memilih untuk tidak memiliki anak baik secara biologis, adopsi maupun lainnya. Selain itu, istilah ini digunakan untuk menggambarkan seseorang yang berprinsip tidak ingin memiliki anak. Terdapat berbagai alasan yang menjadikan seseorang menerapkan childfree dalam kehidupannya. Mulai dari isu lingkungan hingga hal-hal yang bersifat pribadi. Namun, apakah benar childfree dapat membuat seseorang awet muda?

Gita Savitri. (Instagram.com/gitasav)

 

Sebuah studi mengumpulkan hampir 2000 wanita usia reproduksi sebagai koresponden. Studi ini dilakukan di Amerika Serikat dalam rangka mengungkap apakah wanita yang telah melahirkan membuat DNA menjadi lebih tua? Kemudian, studi tersebut menghasilkan bukti berupa penanda genetik mengalami perubahan dan menunjukan bahwa seorang wanita yang telah melahirkan mengalami penuaan sel yang dipercepat secara signifikan.

Penelitian tersebut juga melihat bagaimana telomere, bagian dalam sel manusia yang mempengaruhi penuaan sel. Sehingga, wanita yang telah melahirkan memiliki telomere yang lebih pendek.

Dilansir dari New Scientist, hal tersebut senada dengan pernyataan dari ahli epidemiologi Anna Pollack.

“Kami terkejut menemukan hasil yang mencolok. Ini setara dengan sekitar 11 tahun percepatan penuaan sel,” ungkapnya.

Sebagai informasi, telomere merupakan molekul yang bertindak sebagai tutup di ujung kromosom dan membantu melindungi informasi genetik dalam sel agar tidak memburuk seiring waktu.pakar juga meyakini, semakin panjang telomere seseorang, kesehatannya akan lebih baik. Sehingga, membuatnya lebih  panjang umur. 

“Kami jua menemukan seorang wanita yang memiliki 5 anak atau lebih memiliki telomere yang lebih pendek dibandingkan yang tidak punya anak dan relatif lebih pendek dibandingkan yang punya anak satu hingga empat," jelas Anna.

Terlepas dari perdebatan pengaruh childfree dengan awet muda. Setiap orang tentu akan mengalami penuaan. Namun, cepat atau lambatnya juga dapat dipengaruhi faktor eksternal diluar usia.

Nah, beberapa hal juga dapat kamu lakukan untuk memperlambat penuaan secara efektif. Misalnya, menghindari paparan sinar matahari secara langsung, tidak merokok dan minum alkohol, rajin mengkonsumsi buah dan sayur, menggunakan perawatan kulit anti-aging hingga tidur yang cukup sesuai kebutuhan tubuh.

Jadi, apapun pilihan kamu untuk memiliki anak atau tidak. Tentunya, menjaga pola makan serta kesehatan merupakan hal wajib bagi setiap orang ya.