Ladiestory.id » Health » Kenali Tanda-Tanda Kesepian dan Cara Mengatasinya Saat Social Distancing dan WFH

Kenali Tanda-Tanda Kesepian dan Cara Mengatasinya Saat Social Distancing dan WFH

LS Health
Penulis: LS Health
Senin, 30 Maret 2020 | 11:12:35
Durasi baca: 2 menit, 22 detik
Dibaca: 5 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Kenali Tanda-Tanda Kesepian dan Cara Mengatasinya Saat Social Distancing dan WFH

Jika minggu ini adalah minggu kedua atau bahkan ketiga kamu bekerja dari rumah, kemungkinanan kamu sudah merindukan dunia luar. Atau bahkan sudah merasakan gejala kesepian?

Kesepian memang sangat bisa kamu rasakan dalam periode social distancing, physical distancing dan bekerja dari rumah seperti sekarang ini. Bahkan ketika kamu tetap terhubung secara digital dengan orang-orang yang terdekat dan kamu sayangi. Bagaimana mengetahui bahwa kamu sedang kesepian?

Menurut Sarah Romotsky, direktur dari Headspace, kesepian jangan dianggap enteng, karena sangat bisa mempengaruhi kesehatan. Itulah sebabnya sangat penting mengenali dan mengatasinya. Menurutnya, gejala kesepian bisa terlihat dalam berbagai gejala, termasuk susah tidur, perasaan mudah marah dan frustrasi, kurang bisa produktif, rasa tidak sabar dan lelah yang berkepanjangan. 

Baca juga: Orang Kecanduan Gadget Sebenarnya Tanda Bahwa Ia Kesepian

Ohya, isolasi dan kesepian adalah dua hal yang berbeda. Menurut Mariana Plata, seorang psikolog klinis, isolasi adalah situasi di mana kamu terpisah secara fisik dengan orang lain--entah itu disengaja atau tidak. Sementara kesepian, adalah perasaan internal--ini berhubungan kualitas, bukan sekadar kuantitas.

"Dengan begini, seseorang bisa terisolasi secara sosial atau berpisah dari orang lain, tapi belum tentu merasakan kesepian. Sementara di sisi lain, seseorang bisa dikelilingi orang lain dan tetap merasa mereka seperti satu-satunya orang di dalam ruangan tersebut," tulisnya di Psychology Today. Isolasi sosial biasanya sebuah pilihan, tapi kesepian biasanya bukan. 

Lantas bagaimana cara mengatasi kesepian di saat bekerja dari rumah atau melakukan social distancing? Berikut beberapa saran psikolog. 

Jadikan tidur berkualitas sebagai rutinitas

"Kurang tidur, dalam situasi apa pun bisa membuat suasana hati seseorang buruk, membuat mereka mudah sakit, menurunkan energi, jadi sangat penting untuk diatasi," kata Gretchen Rubin, penulis Happiness Project and Better than Before. 

Curhat dengan teman baik 

"Bicaralah dengan seorang teman yang bisa kamu percaya tentang hal ini sehingga mereka bisa membantu kamu terhindar dari jebakan isolasi," kata Mariana Plata. 

Baca juga: 4 Alasan Pentingnya Perempuan Berdamai dengan Rasa Kesepian


Lakukan meditasi 

Sebuah studi menekankan bahwa meditasi memiliki efek positif untuk kesehatan mental kita. Dengan melakukan meditasi, kamu bisa lebih terkoneksi dengan diri sendiri dan menemukan jawaban mengapa merasa kesepian. Ini akhirnya bisa membuat kepribadianmu lebih berkembang karena kamu tidak takut untuk menggali diri sendiri dan mencari tahu solusinya. Tidak hanya itu, kamu juga memiliki level self-compassion yang membuatmu tidak terlalu keras terhadap diri sendiri. 

Jalin hubungan virtual 

Mungkin memang berbeda dengan saat bertemu langsung, tapi di periode seperti sekarang ini menjalin hubungan sosial sangat penting. Oleh karenanya, pastikan kamu selalu terhubung dengan teman dekat atau anggota keluarga melalui telepon atau video call

"Sebagai manusia, kita membutuhkan koneksi agar tetap sehat secara mental. Meski ini memang lebih sulit dilakukan jika kamu sedang mengisolasi diri, cobalah lakukan sesi minum teh bersama saat terhubung dengan Facetime," saran Jo Love, seorang advokat kesehatan mental. 

Sudah tahu 'kan, sekarang harus melakukan apa jika merasakan kesepian? Jika kesepianmu masih belum bisa diatasi dengan cara di atas, mungkin ada baiknya berkonsultasi dengan ahli secara langsung ya, Ladies

Sumber foto utama: Freepik.com

Baca juga: Perbedaan Mengejutkan dari Cara Pria dan Perempuan Mengatasi Kesepian

mengatasi kesepian mental health kesehatan mental kesehatan perempuan bekerja dari rumah work from home

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH