?>
LADIESTORY.ID » HEALTH » TERNYATA, MELAKUKAN YOGA MEMBERIKAN BANYAK MANFAAT UNTUK KESEHATAN KAMU

Ternyata, Melakukan Yoga Memberikan Banyak Manfaat untuk Kesehatan Kamu

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 16 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Ternyata, Melakukan Yoga  Memberikan Banyak Manfaat untuk Kesehatan Kamu

Hari kesekian #socialdistancing, apa aktivitas kalian sudah membuat jenuh, konsentrasi mulai menghilang dan merasa resah akan keadaan saat ini? Yuk, coba untuk melakukan yoga saat #dirumahaja. Pasalnya, yoga sebenarnya merupakan olahraga tubuh dan pikiran. Ini artinya, manfaat yoga tidak hanya membantu tubuh menjadi lebih segar dan bugar, tetapi juga dapat membantu mengendalikan stres dan mengurangi rasa mudah gelisah. Dan ketidakseimbangan hormon dapat menimbulkan gejala mudah lelah, pusing, dan siklus mensturasi yang tidak lancar. Kabar baiknya: ternyata yoga bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk kamu, berikut penjelasan tentang manfaat yoga bagi kesehatan fisik dan mental.  

Beragam Manfaat Yoga bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Yoga sebenarnya sudah ada sejak lama, kira-kira 2000 tahun sebelum masehi. Nah, pada saat ini yoga merupakan salah satu alternatif olahraga yang banyak diminati, karena manfaatnya yang sangat banyak. Uniknya lagi, yoga juga tidak membutuhkan kekuatan fisik prima seperti olahraga lainnya, yaitu berlari, sepakbola, tinju, dan sebagainya. Lebih jelasnya, ini manfaat yoga untuk tubuh kita. 

  1. Sebagai media relaksasi
  2. Mencegah dan mengurangi stres
  3. Menjadi lebih santai dan tenang dalam menjalani permasalahan hidup
  4. Meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh
  5. Menjaga kebugaran tubuh
  6. Menambah stamina
  7. Meningkatkan penguasaan emosi
  8. Mengembangkan emosi positif
  9. Meningkatkan konsentrasi dan daya ingat
  10. Melancarkan peredaran darah

Seseorang yang rutin melakukan olahraga yoga minimal dua kali dalam seminggu, dipercaya bakal memiliki suasana hati yang tenang, nyaman, lebih sabar dan pikirannya jauh lebih terbuka. Selain itu, dengan rajin melakukan yoga, maka kinerja paru-paru akan meningkat dan pasokan oksigen pun pasti akan terpenuhi dengan baik untuk diedarkan ke seluruh bagian tubuh, salah satunya otak sehingga suasana hati dapat tenang. Wah, banyak ya, manfaatnya. 

Baca juga: 5 Manfaat Siwak Untuk Kesehatan Gigi

Tips Melakukan Yoga untuk Pemula 

Mencari informasi yang lengkap tentang yoga. Sebelum mencoba latihan, kamu bisa bertanya terlebih dahulu kepada orang yang sudah lebih dulu melakukan yoga, misalnya saudara, teman, atau mungkin instruktur yoga.

Coba berbagai jenis yoga. Dengan begitu banyak jenis yoga, tidak ada salahnya kamu mencoba satu persatu. Mencoba secara langsung membuat kamu dapat langsung merasakan sensasi latihan yoga dan manfaatnya bagi tubuh.

Sesuaikan waktu latihan. Durasi waktu latihan yoga dapat bervariasi pada setiap individu, tergantung tujuan dan kemampuan tubuh masing-masing. Namun, sebaiknya yoga dilakukan paling tidak 1 jam setiap sesinya, sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Berlatih dengan instruktur yoga. Bila perlu, kamu bisa berlatih bersama instruktur yoga. Hal ini dapat dilakukan baik di rumah maupun di pusat kebugaran atau tempat yang menyediakan kegiatan latihan yoga. Pastikan kamu memilih instruktur yoga yang bersertifikat resmi.

#DidYouKnow: Ternyata yoga baik untuk kesehatan fisik maupun mental, lho! Olahraga yang berasal dari India ini mampu membuatmu melawan stres dan kecemasan. Yoga, merupakan sebuah olahraga yang mengombinasikan gerakan bagian tubuh dan membutuhkan konsentrasi, ketenangan, serta kondisi tubuh yang rileks atau santai pada saat melakukannya.

Baca juga: Tanaman Pembersih Udara Untuk Menjaga Kesehatan Keluarga Saat Masa Pandemi


Sumber foto utama: Freepik.com

manfaat yoga berlatih yoga manfaat yoga untuk kesehatan manfaat yoga untuk relaksasi

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH