Ladiestory.id » Lifestyle » Trik Jenius Anti-Malas dan Anti-Gagal Bekerja dari Rumah

Trik Jenius Anti-Malas dan Anti-Gagal Bekerja dari Rumah

LS Lifestyle
Selasa, 17 Maret 2020 | 03:49:30
Durasi baca: 2 menit, 12 detik
Dibaca: 11 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Trik Jenius Anti-Malas dan Anti-Gagal Bekerja dari Rumah

Dengan pandemi virus Corona semakin serius dan mengkhawatirkan, salah satu anjuran yang diberikan oleh para ahli dan pemerintah untuk memperlambat penyebaran COVID-19 adalah social distancing. Ini artinya, menjaga jarak antara kamu dan orang lain, paling tidak 30cm. Ini juga berarti, kita semua meminimalisir kontak dengan orang lain. Caranya ada banyak, mulai dari sebisa mungkin menghindari transportasi publik, membatasi travel yang tidak urgen, menunda pertemuan sosial, hingga bekerja dari rumah.

Nah, untuk yang terakhir ini, alias bekerja dari rumah (Work from Home, WFH) bukanlah hal yang baru karena pernah menjadi cita-cita banyak perusahaan teknologi di era tahun 2000 dengan istilah BYOD (Bring Your Own Device). Akan tetapi, memang harus diakui bahwa WFH memiliki tantangan tersendiri. Mungkin agak sulit karena ada banyak godaan, misalnya kasur dan televisi. Belum lagi jika kamu memiliki anak, pasti akan sulit untuk konsentrasi dan menyelesaikan pekerjaan yang diberikan oleh kantor. Prinsip WFH sebenarnya adalah kamu harus tetap realistis dan bertingkah layaknya saat berada di kantor. Dan untuk membuat hidup dan pola kerjamu tetap produktif meski bekerja dari rumah, berikut beberapa hal yang mesti kamu lakukan.

Ikuti Jam Kerja Kantor

Agar tidak malas saat bekerja di rumah dan tetap semangat dalam bekerja dan tidak ada rasa mengantuk, coba ikuti jam kantor (misalnya, pukul 9 pagi sampai sore). Trik ini berguna buat kamu yang terutama baru pertama kali bekerja dari rumah. Jadi, bangunlah pagi seperti biasa, berdandan dan berpakaian rapi dan ikuti jam operasional kantor seperti biasa. Hal ini termasuk jam istirahat dan makan siang. 

Baca juga: Bekerja Keras Saja Tidak Bisa Membuat Kamu Sukses, Ini Alasannya

Ciptakan Ruangan Kerja yang Nyaman

Pilihlah tempat kerja dan posisi yang nyaman di rumah. Jika rumahmu kecil, kamu tidak perlu berada di dalam ruangan khusus dan terpisah, cukup cari posisi yang jauh dari gangguan dan keributan. Bila perlu tambahkan beberapa pernik-pernik yang bisa membantumu lebih nyaman, misalnya bunga hidup atau lilin aromaterapi. 

Jangan Lupa Istirahat

Seperti yang disebutkan di atas, walaupun bekerja dari rumah, kamu juga harus memiliki jam istirahat. Kamu bisa mengambil waktu istirahat seperti jam kantor pada umumnya, yaitu pukul 12.00 - 13.00. Dan jangan lupa ambil coffee break atau tea break, ini akan membantu pikiranmu lebih segar dan ide berdatangan. 

Tetap Berkomunikasi

WFH bukan berarti tidak berkomunikasi dengan tim. Jadi tetaplah berkomunikasi dan lakukan regular cek ke tim dan atasan kamu tentang apa yang sedang dikerjakan. Komunikasi ini bisa dilakukan lewat video call atau berkirim pesan biasa. Atau menggunakan aplikasi-aplikasi seperti Asana atau Slack untuk memudahkan komunikasi dan alur kerja setiap anggota tim. 

Selesaikan Pekerjaan sesuai Jam Kantor 

Apakah jam kantor biasanya selesai pukul 6 sore? Nah, ikuti jam tersebut dan jangan memperpanjang atau memperpendeknya. Gunakanlah waktu yang sudah dikomitmenkan dengan efektif dan selesaikan pekerjaanmu dengan baik. 

Sumber foto utama: Rawpixel.com

Baca juga: Mudah Mengantuk, 5 Zodiak Ini Sering Tertidur Saat Bekerja


WORK FROM HOME WFH TIPS kerja dirumah bekerja di rumah cara bekerja dirumah yang efektif

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON LIFESTYLE