5 Rekomendasi Minuman Penambah Energi dengan Bahan Alami

Kamis, 9 September 2021 | 06:03:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

5 Rekomendasi Minuman Penambah Energi dengan Bahan Alami

Foto: Ladiestory.id

Semua energi dan stamina yang kamu punya berasal dari makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Usai olahraga, sebagian besar energi tersebut telah kamu pakai.

Minuman penambah stamina umumnya identik dengan minuman yang tidak sehat. Padahal, kita pun dapat menambah stamina dengan konsumsi makanan atau minuman yang sehat dan tidak memberikan efek samping jangka panjang.

Minuman Alami Penambah Energi

Stamina yang baik diperlukan guna menjalani kegiatan sehari-hari dengan optimal. Disisi lain, stamina yang baik pun identik dengan performa dan kinerja seseorang. Konsumsi minuman penambah stamina atau penambah energi instan pastinya tidak akan baik bagi kesehatan.

Kamu bisa mengganti minuman energi kemasan dengan minuman energi alami. Kamu dapat membuat sendiri minuman energi dengan bahan-bahan alami yang mudah dijumpai. Berikut daftar minuman penambah energi atau stamina yang sehat.

1. Jus Hijau

Minuman Penambah Energi
Foto: Ladiestory.id

Minuman penambah energi yang sehat dikonsumsi yang pertama ada jus hijau. Mengawali aktivitas sehari-hari dengan segelas jus hijau adalah ide yang brilian.

Kamu dapat mencoba membuat jus hijau di rumah dengan bahan dasar sayur-sayuran. Jus hijau ini pastinya mengandung beragam vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

Kandungan klorofil dalam sayuran hijau pun membantu mengoksigenasi darah, sehingga menjadikan stamina meningkatkan dan otak lebih tajam.

2. Smoothie Ubi Jalar

Minuman Penambah Energi
Foto: solberry

Ubi jalar bukan hanya dapat dibuat menjadi kue atau rujak saja, namun juga dapat dibuat minuman penambah energi. Bahan ini memiliki kandungan karbohidrat dan serat yang memberikan energi tahan lama bila dikombinasikan dengan vitamin A dan vitamin C.

Caranya mudah, campurkan sejumlah bahan, blender sampai lembut, kemudian sajikan untuk tiga gelas. Bahan yang diperlukan yaitu :

  • Setengah potong ubi jalar yang sudah dikukus
  • Setengah cangkir greek yogurt tanpa lemak
  • Setengah cangkir susu putih
  • Setengah potong pisang ukuran besar
  • 1 sendok teh coklat bubuk
  • 1 sendok teh biji chia
  • Es batu (sesuai selera)

3. Jus Semangka

Minuman Penambah Energi
Foto: Ladiestory.id

Minuman penambah energi yang selanjutnya ada jus semangka. Jus semangka pun bisa menjadi salah satu minuman penambah stamina pria, khususnya stamina seksual.

Semangka kaya akan kandungan L-citrulline, yang adalah asam amino dan berpotensi memperkuat ereksi. Hal ini disebabkan karena asam amino ini bisa meningkatkan aliran darah ke daerah genital.

Selain banyak terkandung dalam semangka, L-citrulline pun terkandung pada sejumlah makanan layaknya bawang merah dan bawang putih, kacang-kacangan, salmon, daging merah, dan dark chocolate.

4. Teh Hijau Kelapa

Minuman Penambah Energi
Foto: aiyaamerica

Dehidrasi dapat menjadikan tubuh kamu kelelahan. Minuman penambah energi ini tergolong rendah kalori yang sedikit manis. Manfaat minuman ini bisa membantu tubuh menyeimbangkan elektrolit yang hilang lebih banyak ketimbang empat buah pisang.

Kamu hanya perlu mencampurkan semua bahan ke dalam gelas yang telah diisi dengan es batu. Tambahkan irisan buah lemon dan daun mint, kemudian aduk sampai rata.

5. Smoothies Pisang

Minuman Penambah Energi
Foto: Ladiestory.id

Minuman penambah energi yang selanjutnya ada smoothies pisang. Minuman penambah stamina tidak selalu dikonsumsi sebelum beraktivitas, namun bisa juga dikonsumsi usai beraktivitas untuk mengembalikan stamina.

Salah satu minuman yang dapat kamu konsumsi usai beraktivitas atau melakukan workout yaitu smoothies pisang. Pisang mengandung kalium dan magnesium yang dapat menggantikan elektrolit dan meningkatkan fungsi otot.

Minuman ini pun dibuat dengan susu dan yogurt yang bisa menjadi sumber protein dan karbohidrat. Keduanya adalah nutrisi yang diperlukan dalam jumlah besar oleh tubuh.

Itulah daftar minuman penambah energi yang aman dikonsumsi karena dari bahan alami. Semoga rekomendasi minuman di atas mampu mengembalikan semangatmu!

Berita Terkait