Resep Bola Bole Tempe Sederhana

Kamis, 19 Agustus 2021 | 00:02:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Resep Bola Bole Tempe Sederhana

Foto: Ladiestory.id

Indonesia terkenal dengan negara yang memiliki kekayaan akan bumbu dan rempah-rempah. Oleh sebab itu, tidak heran jika masakan Indonesia memiliki citra rasa khas. Bahkan setiap lidah akan bergoyang jika menyantap masakan Indonesia.

Salah satu bahan utama yang sangat lekat dan merupakanan makanan Indonesia adalah tempe. Siapa yang tidak tahu tempe?

Tempe merupakan makanan yang terbuat dari kacang kedelai atau beberapa bahan lain yang diproses melalui fermentasi menggunakan mikroorganisme kapang Rhizopus sp. atau yang biasa dikenal sebagai starter/ ragi tempe.

Resep Bola Bole Tempe Sederhana

Foto: Ladiestory.id

 

Tempe sudah lama dikenal oleh masyarakat, khususnya masyarakat Jawa sebagai salah satu makanan khas tradisional Indonesia dan diproduksi secara turun temurun. Sampai saat ini, produksi tempe sudah menyebar ke seluruh dunia karena kandungan gizinya yang baik untuk kesehatan manusia.

Bahkan, Indonesia merupakan negara produsen tempe terbesar di dunia dan menjadi pasar kedelai terbesar di Asia. Tingkat konsumsi kedelai di Indonesia juga meningkat karena sebanyak 50 % kedelai Indonesia digunakan untuk memproduksi tempe, 40 % untuk produksi tahu, dan 10 % untuk produksi produk lain seperti tauco, kecap dan lain lain.

Masyarakat Indonesia tidak hanya mengonsumsi tempe sebagai lauk pauk nasi, tetapi saat ini tempe telah diolah dan diproses menjadi aneka masakan  Indonesia. Diantaranya keripik tempe, oseng tempe, bola bola tempe, dan masih banyak lainnya.

Nah memang kebanyakan masakan Indonesia berbahan utama tempe berbentuk kotak atau persegi panjang.

Namun Anda bisa mengkreasikan tempe ini menjadi menu masakan Indonesia yang sederhana namun nikmat, yakni bola bola tempe. Bagaimana cara memasaknya? Inilah dia resep bola bola tempe sederhana.

Bahan-Bahan Bola Bola Tempe :

  • 300 gram tempe
  • 1 butir telur
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 batang daun bawang, diiris halus
  • 3/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 500 ml minyak untuk menggoreng
  • Bumbu Halus Bola bola tempe :
  • 6 butir bawang merah
  • 2 buah cabai merah keriting
  • 3 siung bawang putih

Bahan Pencelup Bola Bola Tempe :

  • 1 sendok makan tepung beras
  • 1 cm kunyit, dihaluskan
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 50 gram tepung terigu
  • 100 ml air L

Langkah-langkah Persiapan Membuat Bola-Bola Tempe :

  1. Sebelum meracik bumbu dan terburu membuat hidangan bola-bola tempe kali ini. Akan lebih baik bila kita simak terlebih dahulu persiapan untuk membuat hidangan kali ini. Cara ini akan penting untuk anda lakukan karena pada dasarnya langkah persiapan berisikan cara mengolah bahan yang tidak tercantum pada resep. Jadi dengan menyimak langkah ini maka anda akan bisa lebih mudah membuat hidangan kali ini.
  2. Adapun persiapan pertama yang akan didahulukan adalah dengan mempersiapkan tempenya secara merata. Bahan ini akan dapat anda kukus terlebih dahulu sebelum dimasak dan dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya.
  3. Untuk itu, silahkan siapkan sebuah kukusan dengan menggunakan panci secara merata. Lalu kemudian masukkan tempe kedalamnya dan kukus selama kira-kira 10 menit agar tempe menjadi lebih firm.
  4. Angkat tempe yang sudah matang dan masukkan kedalam baskom. Selagi masih hangat silahkan hancurkan dan haluskan sajian ini dengan merata menggunakan ulekan.
  5. Bila sudah selesai maka silahkan sisihkan sajian ini dalam baskom. Dimana nantinya bahan-bahan ini akan diberikan tambahan lainnya dengan merata. 

Cara Membuat Bola-Bola Tempe :

  1. Untuk membuat hidangan kali ini cara yang akan dapat anda lakukan sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Setelah tempe dihancurkan dengan merata maka silahkan tuangkan kedalamnya daun bawang bersama dengan ketumbar secara merata. Lalu aduk-aduk semua sajian ini dengan merata hingga tercampur.
  2. Masukkan garam kedalamnya bersama dengan merica bubuk dan tambahkan pula gula pasir kedalamnya. Aduk-aduk semua hidangan ini sampai tercampur merata dan teraduk.
  3. Masukkan telur kedalamnya. Lalu dengan menggunakan kocokan aduk semua bahan ini dengan merata dan uleni adonan menjadi lebih kalis dengan merata.
  4. Ambil sedikit bagian adonan kemudian bentuk sajian ini dengan bulat merata. Lalu sisihkan dalam wadah dan taburi dengan menggunakan tepung terigu atau alasi dengan plastik yang sudah diberikan minyak. Tujuannya adalah agar alas ini tidak lengket ketika digunakan untuk menaruh adonan.
  5. Kemudian setelah itu, silahkan siapkan sebuah wajan diatas kompor. Kemudian panaskan minyak goreng dengan merata gunakan api sedang ketika memanaskan minyak.
  6. Sebelum adonan digoreng kedalam minyak terlebih dahulu silahkan celupkan kedalam bahan pencelup dengan merata. Lalu goreng sampai berwarna keemasan dan matang merata. Jangan lupa untuk dibulak-balik agar matangnya merata.

Nah inilah resep bola bola tempe sederhanan yang bisa Anda coba di rumah. Ketika bola bola tempe tesebut sudah matang, angkat lalu tiriskan terlebih dahulu, sebelum menyajikannya.