Resep Jamur Shitake yang Sedap dan Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Selasa, 23 November 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Resep Jamur Shitake Yang Sedap Dan Kaya Manfaat Untuk Kesehatan

Foto: Klikdokter

Ladiestory.id - Jamur shitake merupakan salah satu jenis tumbuhan yang banyak dijadikan campuran dalam masakan Jepang. Selain menambah cita rasa, jamur shitake juga menyimpan beragam manfaat bagi kesehatan.

Tidak heran jika saat ini jamur shitake begitu populer dan sangat mudah ditemukan di pasaran, baik dalam bentuk segar maupun dikeringkan. Bahkan, jamur ini terdapat di dalam beberapa suplemen kesehatan.

Berbagai Manfaat Jamur Shitake

Foto: Ladiestory.id

Berikut ini adalah berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi jamur shitake:

1, Meningkatkan Sistem Imun

Beberapa riset menunjukkan bahwa jamur shitake bermanfaat untuk memperkuat sistem imunitas tubuh. Manfaat ini diduga berkat kandungan asam amino, antioksidan, selenium, vitamin B kompleks, dan zinc yang terkandung di dalam jamur shitake.

Dengan sistem imun yang kuat, tubuh Kamu akan terlindungi dari risiko berbagai jenis penyakit, misalnya flu.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat jamur shitake yang cukup penting adalah memelihara kesehatan jantung. Jamur shitake mengandung beta-glukan, yaitu sejenis serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

Jamur shitake juga bebas lemak jenuh, sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya aterosklerosis, yaitu penumpukan kolesterol di dalam pembuluhuh darah. Tak hanya itu, jamur shitake juga kaya akan mineral kalium yang dapat menjaga tekanan darah tetap stabil.

3. Mencegah Kanker

Lentinan merupakan salah satu kandungan jamur shitake. Ternyata, lentinan dikenal memiliki manfaat sebagai zat anti-inflamasi yang efektif untuk memperbaiki kerusakan tubuh.

The American Cancer Society juga berpendapat bahwa lentinan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan efeknya akan lebih kuat apabila sel kanker tersebut masih dalam fase tumor.

4. Mencegah Obesitas

Kandungan pada jamur shitake, seperti eritadenin, memiliki manfaat untuk mengurangi lemak. Sementara itu, komponen b-glucan juga dapat meningkatkan rasa kenyang dalam mengurangi penyerapan lemak.

Journal of Obesity menunjukan bahwa asupan serbuk jamur shitake dapat mengurangi timbunan dan massa lemak pada tubuh tikus percobaan hingga 35 persen. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat atau khasiat jamur shitake ini pada manusia.

Jamur Shitake
Foto: Panen News

5. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Salah satu manfaat jamur shitake adalah bagus untuk saluran pencernaan. Mengingat kalorinya yang rendah, jamur shitake sangat baik untuk dikonsumsi oleh Kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Kandungan serat di dalam jamur ini juga dapat bermanfaat untuk memperlancar pencernaan, mencegah terjadinya sembelit, dan juga membantu mengurangi rasa lapar.

6. Meningkatkan Energi dan Fungsi Otak

Kandungan vitamin B yang tinggi pada jamur dapat mendukung fungsi kelenjar, salah satunya adrenal. Hal ini penting untuk berbagai fungsi organ tubuh dan untuk beraktivitas sehari-hari.

Manfaat jamur shitake juga membantu menjaga keseimbangan hormon, meningkatkan konsentrasi, dan menjaga fungsi kognitif otak tetap baik.

Resep Makanan Jamur TTS (Tahu, Telur, Shittake)

Jamur Shitake
Foto: Resep Masakan

Kamu dapat mengolah jamur shitake sesuai selera. Salah satu menu yang bisa mencoba menu makanan "Jamur TTS (Tahu, Telur Shitake). Untuk memasaknya, kamu bisa mempersiapkan bahan dan mengikuti langkah-langkahnya dalam resep berikut ini:

Bahan-bahan untuk membuat Jamur TTS:

  • 3 buah jamur shittake
  • 1 butir telur
  • 2 buah tahu kotak
  • 1 buah bawang bombai
  • 5 buah cabai rawit
  • 1 ikan asin
  • secukupnya Garam
  • secukupnya Gula
  • secukupnya Totole/kaldu jamur
  • secukupnya Bubuk kunyit

Cara Membuat Jamur TTS:

  1. Siapkan bahan-bahannya
  2. Iris tahu dan goreng dengan minyak panas hingga cukup matang angkat dan tiriskan
  3. Tumis semua bahan dengan sedikit minyak, tambahkan gula, garam, kaldu jamur/totole dan bubuk kunyit
  4. Tambahkan telur dan aduk cepat hingga matang merata
  5. Setelah matang merata, angkat dan sajikan. Untuk ikan asin bisa digoreng sendiri dan ditambahkan sebagai lauk tambahan

Inilah manfaat jamur shitake dan resep membuat Jamur TTS. Semoga bermanfaat!