Buat Hidup Lebih Tenang, Ini 5 Resolusi Realistis Pulihkan Kesehatan Mental

Rabu, 21 Desember 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Buat Hidup Lebih Tenang, Ini 5 Resolusi Realistis Pulihkan Kesehatan Mental

Ilustrasi menyiapkan resolusi tahun baru. (Special)

Ladiestory.id - Menyambut pergantian tahun, tak hanya sekadar merayakan malam tahun baru dengan sukacita dan berkumpul bersama sanak keluarga, namun banyak orang yang bersemangat dan memiliki ambisi untuk mengubah pola hidup jauh lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Maka tak heran, banyak di antaranya membuat rencana resolusi dalam perubahan aspek kehidupan, salah satunya yang realistis adalah memulihkan kesehatan mental. Berikut ini lima resolusi realistis untuk pulihkan kesehatan mental yang akan membuat hidup jauh lebih tenang. 

Lebih Mencintai Diri Sendiri

Ilustrasi mencintai diri sendiri. (Special)

Dalam hidup, tentu kamu menghadapi berbagai masalah, mulai dari kehidupan asmara, keuangan, keluarga, pekerjaan, hingga kurang memperhatikan kesehatan diri sendiri. Belajar dari tahun lalu akan membuatmu lebih mencintai diri sendiri, banyak hal-hal berat yang kamu alami, sehingga kamu lupa untuk menghargai dan mencintai diri sendiri.

Alhasil, kamu merasa sedih, kesepian, gelisah, cemas bahkan tidak memiliki semangat dalam diri. Kesalahan-kesalahan dan pengalaman-pengalaman sebelumnya mengajarkanmu untuk menjadikan dirimu lebih berharga.

Luangkan Waktu untuk Self Care

Ilustrasi pergi ke salon. (Special) 

Bentuk self care terdiri dari berbagai macam, buatlah daftar kegiatan untuk self care sebagai bentuk apresiasi terhadap diri sendiri maupun membuatmu lebih bahagia. Misalnya, dengan menonton film favorit, perawatan diri ke salon kecantikan, berolahraga, ataupun pergi berlibur ke tempat impian. Meluangkan waktu untuk self care tentunya akan bermanfaat bagi kesehatan mentalmu. Hal itupun akan membuat tubuh dan pikiranmu menjadi lebih sehat kembali.

Ciptakan Pola Pikir Lebih Sehat

Ilustrasi berpikir. (Special)

Menciptakan pola pikir yang lebih sehat atau mindfulness merupakan salah satu cara untuk dapat meningkatkan self awareness, terutama pada diri sendiri. Dengan menciptakan pola pikir yang lebih sehat, tentu juga akan membuatmu lebih peka terhadap perubahan dan lebih memahami kondisi sekitar.

Dengan begitu, kamu akan belajar untuk mengevaluasi dirimu sendiri untuk meningkatkan pemahaman terhadap diri sendiri maupun lingkungan sekitar untuk menemukan kekuatan dan kelemahan yang ada dalam dirimu.

Berhenti Membandingkan Diri

Ilustrasi kelelahan secara mental. (Special)

Terkadang, seseorang kerap kali membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Hal ini akan membuat dirinya semakin merasa kurang percaya diri dan insecure berlebihan. Membandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuat dirimu menjadi tidak produktif dan fokus akan keunggulan orang lain.

Oleh sebab itu, menyambut tahun yang baru, ciptakanlah hidup yang lebih produktif dan berusaha untuk selalu menerima kekurangan dan kelebihan dalam diri. Kamu akan menemukan kedamaian dan kesehatan yang lebih baik.

Miliki Waktu Berkualitas

Ilustrasi tidur yang cukup. (Special)

Memiliki waktu berkualitas seperti beristirahat cukup juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan emosional seseorang. Cobalah untuk mengubah kebiasaan hidup yang kurang baik, seperti mengurangi penggunaan media sosial yang dapat menimbulkan anxiety dan inscure, tidur larut malam, melakukan pekerjaan lembur tiap akhir pekan, bahkan telat makan juga dapat berakibat pada kesehatan.

Dengan memiliki waktu berkualitas, maka hal tersebut dapat menghindarkan dirimu dari rasa cemas, depresi, dan berpikir terhadap hal-hal negatif.

Nah, Ladies itulah ke lima resolusi realistis yang dapat kamu lakukan untuk menyambut tahun baru. Menjaga kesehatan mental sangatlah penting. Hal ini bertujuan untuk menciptakan versi terbaik pada dirimu sendiri. Ketahuilah, bahwa dirimu sangat penting dan berharga. Dengan membangun kesehatan mental yang baik, maka akan membawa kualitas hidup yang baik pula.