Resolusi Tahun Baru: Perkuat Jantung dengan 5 Cara Ini Supaya Sehat Terus

Selasa, 31 Desember 2019 | 20:20:54

LS Health

Penulis : LS Health

Resolusi Tahun Baru: Perkuat Jantung Dengan 5 Cara Ini Supaya Sehat Terus

Siapa bilang menjaga kekuatan jantung harus menunggu tua terlebih dulu? Bagaimanapun, kita harus menjaga kekuatan jantung dimulai dari sekarang, Ladies. Sebab, jantung adalah salah satu organ dalam terpenting yang sebisa mungkin harus selalu dalam keadaan kuat. Karena, tugas utama jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Sehingga, kita perlu mengelola stres yang tidak perlu, mengurangi risiko kolesterol, serta membuat tubuh aktif bergerak dengan berolahraga supaya jantung tetap kuat dan tidak mengalami penurunan fungsi jantung. Nah, berikut ini ada 5 cara memperkuat jantung supaya jantung tetap kuat dan kamu tetap sehat. Yuk, simak!

1. Teruslah aktif bergerak

Teruslah aktif bergerak
sumber: freepik.com

Tubuh yang tidak aktif bergerak akan menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti diabetes, obesitas, serta penyakit kardiovaskular, yang mana ketiga penyakit itu sudah masuk dalam kategori kronis. Ada sebuah penelitian seperti yang dilansir dari laman Boldsky, bahwa aktivitas fisik merupakan penyebab utama penyakit yang berhubungan dengan jantung. Selain itu, juga dikatakan bahwa orang yang memiliki tubuh yang lebih bugar memiliki risiko lebih rendah terkena kardiovaskular ketimbang mereka yang tidak. Sebab itulah, Ladies, mulai sekarang aktif lah bergerak atau setidaknya berolahraga ringan, seperti berlari, berjalan kaki, bersepeda, atau berenang. Tak cuma bisa menyehatkan jantung, tetapi olahraga ringan yang dilakukan setiap hari juga bisa mengurangi risiko penyakit pembuluh darah.

2. Berhentilah merokok

Berhentilah merokok
sumber: freepik.com

Seperti yang sering kita dengar bahwa rokok mengandung nikotin yang apabila dikonsumsi akan meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Jika kondisi seperti itu dibiarkan, lama-kelamaan akan memengaruhi peningkatan permintaan oksigen oleh jantung dan terjadi penurunan kapasitas pembawa oksigen di dalam darah. Keadaan seperti itu akan menyebabkan seseorang mengalami vasokonstriksi koroner lho, Ladies. Jadi, mulai sekarang berhentilah merokok secara perlahan. Memang tidak mudah, namun jika kamu terus mengingat dampak buruk merokok untuk kesehatanmu, barangkali kamu akan tersadarkan perlahan.

3. Hindarilah stres yang tidak perlu

Hindarilah stres yang tidak perlu
sumber: freepik.com

Stres dalam bentuk apapun sangatlah tidak perlu, Ladies. Beberapa penelitian menyatakan bahwa stres psikologis bisa memicu risiko peyakit kardio dalam tubuh. Tak cuma itu, stres dalam waktu yang lama juga bisa menyebabkan penyakit jantung koroner dan penyakit jantung kardiomiopati, serta penyakit iskemia miokardium. Untuk itulah, kamu harus menghindari kebiasaan untuk stres dan mulai menerapkan manajemen stres agar stres yang mulai hinggap di dalam dirimu tidak berlanjut, terlebih bertambah menjadi depresi. Kamu bisa kelola stresmu dengan melakukan yoga, meditasi, atau bercerita kepada orang lain yang kamu percaya.

4. Atur waktu tidurmu 8 jam sehari dan pertahankan kualitasnya

Atur waktu tidurmu 8 jam sehari dan pertahankan kualitasnya
sumber: freepik.com

Waktu tidur yang kurang dari 8 jam sehari setiap harinya akan membuat seseorang mengalami risiko tiga kali lebih rentan terkena penyakit jantung, dibandingkan mereka yang tidur 8 jam sehari atau lebih sedikit. Sebab, kurang tidur dan kualitas tidur yang buruk akan menyebabkan beberapa penyakit yang akan mudah menyerang tubuh, seperti kelelahan dan peningkatan denyut jantung yang bisa memicu munculnya penyakit kardiovaskular. Maka, buatlah waktu tidurmu menjadi 8 jam per hari secara rutin dan perbaiki kualitasnya.

5. Terapkan diet sehat dalam makanan sehari-harimu

Terapkan diet sehat dalam makanan sehari-harimu
sumber: freepik.com

Untuk memperkuat jantung dan membuat tubuhmu lebih bugar lagi, kamu harus memiliki nutrisi yang cukup, yang tentunya berperan penting dalam pencegahan penyakit kardiovaskular, Ladies. Menurut sebuah penelitian di Israel, ada tiga informasi nutrisi untuk jantung sehat yang perlu diterapkan. Pertama, mengatur pola diet dengan ketentuan karbohidrat dan lemak yang rendah, kedua adanya preferensi makanan individu yang perlu dipersiapkan seperti sayuran, buah-buahan, kopi, produk susu, dan lainnya, dan yang ketiga adalah penyediaan suplemen gizi seperti minyak ikan, vitamin D, antioksidan, dan lain sebagainya.

Nah, itulah 5 cara efektif yang bisa membantu memperkuat jantungmu supaya kamu bisa sehat terus, Ladies. Jadi, sudah siap untuk mewujudkan resolusi di tahun depan untuk menjadikan jantung lebih kuat?