Sebagai Wanita Tangguh, Inilah 5 Cara Cegah Kanker Payudara yang Mesti Kamu Tahu, Ladies!

Rabu, 20 November 2019 | 17:14:25

LS Health

Penulis : LS Health

Sebagai Wanita Tangguh, Inilah 5 Cara Cegah Kanker Payudara yang Mesti Kamu Tahu, Ladies!

Padatnya aktivitas di setiap harinya kadang membuat kita lupa bahwa kita sebagai wanita aktif yang memiliki rutinitas segudang perlu banget untuk marawat kesehatan tubuh. Sayangnya, kita kerap tidak punya waktu untuk sekadar cek kesehatan dan tiba-tiba merasa panik sendiri ketika tubuh kita terasa lemas dan tidak bergairah untuk mengerjakan kegiatan apapun. Warning yang sangat halus disampaikan langsung oleh tubuh kita, bahwa ada hal yang tidak beres yang sedang dialami tubuh. Tapi, tidak mungkin kan, Ladies, kalau kita harus terus-terusan menunggu kode alam yang diberikan tubuh dan harus menunggu sakit dulu biar kita mau mengecek kesehatan kita? Apalagi, sebagai wanita mandiri, kita harus tetap aware akan kesehatan bagian-bagian tubuh yang memang harus dilindungi, seperti payudara. Nah, berikut ini ada 5 cara cegah kanker payudara yang mesti kamu terapkan di dalam keseharianmu.

1. Rutin berolahraga dan tak lupa aktif bergerak

Rutin berolahraga dan aktif bergerak
sumber: freepik.com

Seperti yang kita tahu, kalau berolahraga bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh kita. Semisal menjadikan tubuh lebih bugar, menjauhkan tubuh dari berbagai penyakit yang siap menyerang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membuat tubuh terlihat lebih tegap dan tidak lesu, menaikkan daya pikir, serta manfaat lainnya yang jarang banget kita sadari. Begitu juga fungsi berolahraga untuk kesehatan payudaramu, Ladies. Biasanya, jika kamu malas berolahraga atau setidaknya tidak aktif bergerak, maka tubuhmu akan menimbun lemak yang lebih banyak dan menyebabkan obesitas. Padahal, berolahraga tidak mesti berlari atau melakukan kegiatan berat yang menguras keringatmu, lho. Kamu bisa mengambil olahraga ringan seperti bersepeda atau berjalan kaki selama 2 jam setiap minggu. Dengan begitu, sel-sel jahat penyebab kanker payudara tak akan pernah berani menghampirimu!

2. Makanlah makanan yang sehat agar tidak obesitas

Makanlah makanan yang sehat agar tidak obesitas
sumber: freepik.com

Selain menjadikan penampilanmu kurang menarik, obesitas bisa menjadi salah satu pemicu munculnya sel kanker di dalam payudaramu. Obesitas adalah kondisi kelebihan berat badan yang kerap dialami seseorang akibat terlalu banyaknya makanan tidak sehat yang dikonsumsi, juga gaya hidup yang tak sehat. Obesitas menyebabkan terlalu banyaknya lemak yang mengendap di dalam tubuh, lalu lemak-lemak itu akan menyebar ke seluruh tubuh dan membelah, kemudian mereka berkomplot untuk membentuk sel kanker. Lalu, jika tubuh sudah terlalu banyak menyimpan lemak, maka hal yang selanjutnya terjadi adalah kerusakan pada bagian dalam tubuh yang tentu akan memengaruhi hormon pertumbuhan dan berujung pada berkembangnya sel kanker.

3. Sebaiknya hindari paparan radiasi yang mengarah ke tubuh

Sebaiknya hindari paparan radiasi yang mengarah ke tubuh
sumber: freepik.com

Menurut World Health Organization (WHO), radiasi adalah energi yang bergerak dalam bentuk gelombang atau partikel, yang biasanya merupakan bagian dari lingkungan kita sehari-hari. Kamu bisa terkena radiasi langsung jika menggunakan alat-alat CT Scan, bersentuhan langsung dengan bahan-bahan kimia, bekerja di rumah sakit atau tempat berobat yang menggunakan radiasi sebagai salah satu alatnya, juga ketika kamu terpapar asap kendaraan secara langsung di jalan. Radiasi ini ternyata bisa menembus dan merusak jaringan tubuh yang berada di bawah permukaan kulit lho, Ladies. Termasuk juga di area payudaramu.

4. Berhenti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol

Berhenti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol
sumber: freepik.com

Mereka yang aktif merokok mempunyai peluang 24% risiko lebih besar mengalami kanker payudara daripada mereka yang tidak merokok. Begitu juga dengan wanita yang aktif mengonsumsi alkohol akan menderita kanker payudara dengan risiko 10-12% setiap harinya. Sedangkan untuk kamu yang tidak melakukan keduanya, bukan berarti kamu bebas dari risiko kanker payudara lho, Ladies. Sebab itulah, kamu harus tetap menjaga tubuh lebih bugar dan menjauhi godaan untuk merokok dan mengonsumsi alkohol. Dilansir dari Cancer Center, Stephen Lynch, MD, dari Primary Care and Intake Physician Phoenix Hospital, menyatakan bahwa rokok dan alkohol itu bagaikan sepasang korek api dan bensin. Keduanya bisa meningkatkan perkembangan sel-sel kanker kapan saja. Selain itu, jika kedua benda tersebut selalu saling bergandengan, maka bersiaplah dengan terjadinya risiko kanker di saluran pencernaan, bibir, tenggorokan, dan usus besar.

5. Memberi ASI pada anak secara rutin

Memberi ASI pada anak secara rutin
sumber: freepik.com

Jika kamu sudah mempunyai anak, maka kamu haruslah rutin memberikan ASI eksklusif kepada anak. Sebab, selain ASI merupakan jatah bayimu, juga dikarenakan rutinitas memberi ASI kepada bayi bisa mengurangi risiko kanker payudara lho, Ladies. Selain itu, ketika seorang wanita sedang dalam masa menyusui, secara otomatis dia akan mengatur gaya hidup dan pola makannya menjadi lebih sehat. Tentu hal itu bisa mencegah menumpuknya lemak dalam tubuh yang bisa menyebabkan munculnya sel kanker. Untuk kamu yang masih malas menyusui buah hati tercinta, yuk mulai sekarang aktif untuk menyusuinya!

Daripada kamu terus-menerus khawatir akan kesehatan payudaramu, ada baiknya jika mulai sekarang kamu rajin mengecek kesehatan dan menerapkan 5 cara cegah kanker payudara ini dalam kehidupan sehari-hari!

Berita Terkait