Segudang Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan Tubuh

Rabu, 29 Juni 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Segudang Manfaat Kuning Telur Untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi telur. (Special)

Ladiestory.id - Telur menjadi salah satu bahan pokok makanan yang hampir semua rumah miliki. Pasalnya, telur bisa diolah menjadi berbagai menu makanan hingga menjadi lauk yang enak disantap. Selain nikmat, telur menjadi salah satu makanan yang bergizi. Namun banyak orang yang takut mengonsumsi telur lantaran mengandung koleterol.

Terlebih, banyak orang memilih untuk menyingkirkan kuning telur lantaran mengandung kolesterol tinggi hingga tidak suka dengan rasa atau pun tekstur kuning telur. Padahal, kuning telur memiliki banyak manfaat jika dibanding putih telur. Bahkan, kuning telur dikategorikan sebagai "superfood".

Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Ilustrasi gigi putih. (Special)

Manfaat mengonsumsi kuning telur yang pertama, yakni membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Seperti yang diketahui, gigi dan tulang sangat membutuhkan vitamin D.

Nah, kandungan inilah yang dimiliki oleh kuning telur. Selain itu, kuning telur juga memiliki kandungan kalsium, zink, kalsium, zat besi. Di mana kandungan mineral tersbeut sangat dibutuhkan untuk menjaga kekuatan gigi dan tulang.

Tak hanya untuk gigi dan tulang, namun, kuning telur juga bisa bermanfaat untuk membentuk otot. Pasalnya, kuning telur mengandung asam amnio yang berfungsi menambah massa otot hingga memperkuat tulang.

Membantu Kesehatan Mata

Ilustrasi kesehatan mata. (Special)

Selain gigi dan tulang, kuning telur juga mampu membantu menyehatkan mata. Hal ini disebabkan, kuning telur memiliki dua antioksidan yang kuat, yakni zeaxanthin dan sumber lutein. Nantinya, kedua antioksidan ini akan berkumpul di diding retina. Perlindungan ini akan sangat dirasakan seiring bertambahnya usia yang membuat mata rentan bermasalah.

Kedua, kandungan ini pun dapat mencegah mata dari katarak dan degenerasi makula. Sementara degenrasi makula menjadi permasalahan mata yang paling ditakuti lantaran dapat mengakibatkan kebutaan.

Bahkan, hal ini telah ditunjukan melalui studi dari Investigative Ophthalmology and Visual Science. Sehingga, pihaknya menganjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 1,3 kuning telur dalam sehari selama 4,5 minggu.

Menurunkan Berat Badan. (Special)

Manfaat kuning telur dapat dirasakan pula oleh seseorang yang sedang menjalani program diet. Pasalnya, mengonsumsi kuning telur dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini pun telah dibuktikan oleh para peneliti dan dituangkan dalam Journal of American College of Nutrition. Penelitian tersebut melibatkan koresponden 30 wanita yang sedang menjalankan program diet.

Para wanita itu mengganti menu sarapan mereka dari roti menjadi telur. Lantas, mereka mengaku kenyang lebih lama saat sarapan telur dibanding roti. Tentunya, hal ini membuat mereka akan lebih sedikit makan. Pasalnya, kuning telur merupakan makanan berportein tinggi dan mengandung makronutriten.

Kemudian, melalui penelitian lain, beberapa orang mencoba mengganti menu sarapan bagel denga kuning telur. Terbukti selama 8 minggu, berat badan mereka dapat turun secara signifikan.

Memperbaiki Rambut Rusak

Ilustrasi rambut rusak. (Special)

Memang, dampak mengonsumsi kuning telur pada poin ini tidak terlihat secara signifikan. Tetap saja, kuning telur tidak bisa menggantikan beberapa produk perawatan rambut. Meski begitu, kuning telur tetap berdampak untuk kesehatan rambut. Untuk mendapatkan manfaat ini, seseorang tak hanya mengonsumsi kuning telurnya saja. Namun, pakai kuning telur itu ke kulit kepala.

Nantinya, perawatan ini mampu mencegah rambut rontok. Bahkan, mengoleskan kuning telur ke kepala mampu membuat rambut menjali lebih cepat tumbuh. Hal ini disebabkan kuning telur memiliki kandungan vitamin yang dapat membuat rambut tahan terhadap kerusakan. Penelitian tersebut pun telah dituangkan dalam Journal of Dermatology Practical & Conceptual.

Meningkatkan Energi

Ilustrasi imun kuat. (Special)

Kuning telur direkomendasikan untuk dikonsumsi pada pagi hari. Pasalnya, sarapan menu kuning telur dapat meningkatkan energi menjalani aktivitas seharian. Hal ini disebabkan kuning telur memiliki kandungan vitamin B12. Menurut Healthline, vitamin B12 mampu memberikan energi paling banyak untuk tubuh manusia.

Selain B12, kuning telur memiliki kandungan ribolfavin. Diketahuin ribolavin menjadi satu enzim yang memiliki peran penting untuk energi manusia

s