Selain Bantu Atasi Kembung, Ini 6 Manfaat Pijat Bayi

Rabu, 17 Mei 2023 | 19:43:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Selain Bantu Atasi Kembung, Ini 6 Manfaat Pijat Bayi

Ilustrasi pijat bayi. (Special)

Ladiestory.id - Sentuhan lembut berupa pijatan dapat membantu bayi merasa dicintai serta menstimulus kecerdasan otaknya. Sentuhan-sentuhan lembut ini pula dapat membantu mendorong fungsi kognitif pada otak bayi serta menjadikan tubuh bayi merasa hangat dan rileks. Bayi perlu mendapat perawatan pijat secara rutin baik itu dilakukan di spa bayi ataupun di rumah secara mandiri.

Nah, berikut ini terdapat enam manfaat dari pijat bayi yang telah Ladiestory.id rangkum berikut ini.

Meningkatkan Perkembangan Otak

Ilustrasi pijat bayi. (Special)

 

Manfaat pertama dari pijat bayi ialah dapat membantu meningkatkan perkembanga otak si kecil. Dilansir dari Mom Junction, bayi baru lahir terutama pada perkembangan pertamanya sangat dipengaruhi oleh sentuhan maupun suara, hal ini dikarenakan sistem visual pada bayi yang belum berkembang dan tumbuh secara sempurna.

Melalui sentuhan berupa pijatan dapat membantu mengembangkan kemampuan kognitif, perilaku maupun komunikasi pada bayi. Pijatan ini pula dapat menjadi salah satu cara untuk orang tua dan bayi saling berkomunikasi sehingga mereka akan merasakan dan memahami rasa cinta kasih dari orang tua pada anaknya melalui sentuhan lembut.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Ilustrasi pijat bayi. (Special)

 

Pijatan dapat membantu memberikan interkasi berbagai jenis hormon, sel dan sitokin yang menjadi sarana penghubung antar sel terkait dalam sistem imun tubuh. Bayi yang mendapatkan terapi pijat pun dapat mengalami peningkatan jumlah sel atau natural killeryang penting bagi imun tubuh.

Natural killer sendiri merupakan suatu turunan limfosit dari bagian sel darah putih yang dapat membunuh sel berbahaya dalam tubuh sehingga menjadikan sistem imun lebih kuat serta bayi dapat terhindar dari penyakit.

Mengatasi Kembung

Ilustrasi pijat bayi. (Special)

 

Selain membantu meningkatkan imunitas tubuh, metode pijat pada bayi pun dapat membantu mengatasi masalah perut kembung. Perut bayi yang kembung dapat dikarenakan terlalu banyaknya gas yang terperangkap dalam tubuh sehingga bayi mengalami sembelit.

Tentunya dengan rutin melakukan pijatan lembut pada si kecil maka dapat membantu pencernaan dan meredakan kembung hingga sakit perut akibat gas berlebih dalam tubuh si kecil.

Mengatasi Kolik

Ilustrasi pijat bayi. (Special)

 

Kolik atau bayi rewel juga dapat disebabkan oleh gangguan pencernaan pada bayi yang sedang bermasalah. Oleh sebab itu, salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan melakukan pijatan. Pijatan lembut ini dapat membuat bayi merasa lebih tenang dan rileks, menghilangkan rasa sakit, mengurangi durasi tangisan bayi bahkan bayi dapat tidur lebih tenang.

Melatih Sistem Motorik

Ilustrasi pijat bayi. (Special)

 

Saat melakukan pijatan pada bayi, secara tidak langsung dapat melatih sistem motorik ataupun indera pada bayi, tentunya pijatan pun dapat meningkatkan perkembangan sistem motorik pada si kecil, pijatan dapat membantu melatih otot-otot tubuh, sendi, serta membantu menstimulus bayi terhadap tekanan sentuhan dan gerakan pada pijatan yang diberikan.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Ilustrasi pijat bayi. (Special)

 

Pijatan lembut juga mempu meningkatkan kualitas tidur serta mampu menenangkan otot-otot saraf pada bayi serta meningkatkan kadar hormon oksitosin. Oleh sebab itu, tak heran jika si kecil akan tidur lebih pulas dan lama karena ia merasa lebih nyaman.

Sementara itu, pijatan yang diberikan pun dapat bermanfaat untuk meningkatkan bonding antar orang tua dan anak. Hal ini dikarenakan adanya komunikasi saat orang tua berinteraksi dengan anak selama proses melakukan pijatan. Selain itu, sentuhan-sentuhan lembut itu pun dapat membuat bayi merasa dicintai dan diperhatikan.

Itulah ke enam manfaat dari pijat bayi. Pijat bayi bisa dilakukan secara rutin setiap hari ataupun sesudah mandi. Tidak ada batasan bayi harus dipijat, namun pastikan jika kondisi bayi selalu nyaman.  Semoga informasi ini bermanfaat.