Selain Menghangatkan, Ini 5 Manfaat Minyak Telon Bagi Kesehatan Bayi

Jumat, 21 April 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Selain Menghangatkan, Ini 5 Manfaat Minyak Telon Bagi Kesehatan Bayi

Ilustrasi Bayi. (Special)

Ladiestory.id - Minyak telon menjadi salah satu item penting yang dapat digunakan untuk bayi. Selain dapat membantu menghangatkan tubuh si kecil, ternyata minyak telon memiliki beragam manfaat bagi kesehatan bayi.

Selain memiliki aroma yang wangi dan menyegarkan, minyak telon dapat memberikan ketenangan bagi bayi serta dapat menyehatkan tubuhnya.

Minyak telon sendiri dapat diusapkan kebagian tubuh bayi baik di perut, punggung, dada, tangan maupun kaki bayi supaya si kecil tetap hangat. Nah, berikut ini lima manfaat minyak telon bagi kesehatan bayi yang telah Ladiestory.id rangkum.

1. Memberi Kehangatan pada Tubuh

Ilustrasi Bayi. (Special)

Manfaat pertama dari minyak telon ini ialah dapat memberikan kehangatan bagi tubuh bayi. Rasa hangat ini biasa didapatkan dari kandungan alami dari minyak kayu putih yang mendominasi dari minyak telon tersebut.

Minyak telon ini dapat diberikan ke tubuh bayi setelah habis mandi, kondisi cuaca dingin, ataupun ketika tubuh bayi merasa dingin ataupun kembung. 

Dengan memberikan minyak telon dapat mencegah bayi masuk angin serta terhindar dari suhu dingin, karena bayi sendiri belum memiliki sistem pengaturan suhu yang baik.

2. Mengatasi Masalah Pencernaan

Ilustrasi Bayi. (Special)

Bayi kerap mengalami gangguan sistem pencernaan misalnya perut kembung ataupun susah BAB. Hal ini dapat disebabkan frekuensi buang air besar menurun karena seiring bertambahnya usia.

Selain itu, produksi feses pada bayi akan kerap terjadi lebih sering pada bulan pertama kehidupan dan dapat pula disebabkan akibat ketidakmatangan saluran pencernaan si kecil.

Nah, minyak telon pun dapat menjadi salah satu solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan bayi. Cukup oleskan minyak telon diarea perut si kecil, dengan begitu si kecil pun akan sedikit merasa lebih nyaman.

3. Mengatasi Sakit dari Gigitan Serangga

Ilustrasi Bayi. (Special)

Bayi juga rentan terhadap gigitan nyamuk maupun serangga, bahkan timbulnya bentolan kecil akibat gigitan nyamuk dan serangga ini kerap tidak disadari oleh para ibu.

Oleh sebab itu, ibu bisa memanfaatkan minyak telon sebagai pelindung kulit si kecil dari gigitan serangga maupun nyamuk. 

Saat ini pun sudah banyak merek dan kandungan minyak telon yang disesuaikan dengan kebutuhan bayi. Aroma yang khas dari minyak telon ini dapat mengatasi rasa sakit dari gigitan nyamuk maupun serangga.

4. Melembapkan Kulit dan Mencegah Infeksi

Ilustrasi Bayi. (Special)

Manfaat minyak telon lainnya ialah dapat membantu melembapkan kulit bayi, apalagi kulit bayi dikenal sangat sensitif. Oleh sebab itu, minyak telon ini juga bermanfaat untuk membantu melembapkan kulit bayi apabila kulit si kecil kering maupun dapat dipengaruhi oleh perubahan cuaca ekstrem.

Selain itu, minyak telon ini juga dapat membantu mencegah terjadinya infeksi virus serta bakteri pada bayi, tak hanya itu manfaat minyak telon ini juga dapat mencegah munculnya jamur yang dapat masuk ke kulit bayi.

5. Membuat Bayi Rileks dan Meningkatkan Kualitas Tidur

Ilustrasi Bayi. (Special)

Yup, minyak telon juga dikenal sebagai essential oil terbaik bagi bayi. Selain memiliki aroma yang khas untuk bayi, minyak telon dapat membuat tubuh bayi menjadi rileks serta dapat membantu meningkatkan kualitas tidur bagi bayi.

Ibu juga dapat melakukan pijatan lembut ke area tubuh bayi untuk merangsang efek menenangkan, membantu melancarkan peredaran darah pada bayi serta membuat bayi menjadi lebih nyaman sehingga tidurnya pun menjadi lebih nyenyak.

Nah, itulah ke lima manfaat yang bisa didapatkan dari minyak telon bagi kesehatan bayi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.