Selain Merasa Tenang, Ini 6 Manfaat dari Pelukan

Rabu, 20 Juli 2022 | 20:45:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Selain Merasa Tenang, Ini 6 Manfaat Dari Pelukan

Ilustrasi Manfaat Pelukan. (Pinterest)

Ladiestory.id - Memberi pelukan kepada sahabat maupun orang tersayang akan membuat kita merasa lebih tenang dan hangat. Selain merasa tenang, memberi pelukan atau dekapan juga akan memberi manfaat positif, loh. Seperti 6 manfaat ini diantaranya.

Berikan Rasa Aman

Ilustrasi Manfaat Pelukan. (Special)

Selain bisa membuat nyaman, memberi pelukan juga akan memberikan rasa aman. Layaknya seperti menenangkan, pelukan juga dapat kamu rasakan karena adanya bentuk perlindungan atau dukungan hangat dari orang terdekat hingga orang yang kamu kasihi.

Hilangkan Rasa Stres

Ilustrasi Manfaat Pelukan. (Pinterest)

Dengan berpelukan juga dapat menghilangkan rasa stres, loh. Hal ini dipercaya sejak lama, karena dengan sentuhan dan dekapan yang kuat, baik dari orang yang memeluk dan dipeluk, dapat menghilangkan rasa stres yang dialaminya.

Selain itu, mood seseorang dapat kembali jauh lebih baik lewat pelukan. Karena ternyata tindakan ini dapat memicu otak untuk melepaskan serotin dan endorfin ketika seseorang tersebut mengalami rasa depresi dan kesepian.

Bisa Atasi Rasa Takut

Ilustrasi Manfaat Pelukan. (Pinterest)

Pasti kamu pernah merasakan takut bahkan cemas. Hal pertama yang akan dilakukan oleh seseorang saat kondisi ini biasanya dengan memeluk orang di sekitarnya. Bahkan, hal ini terkadang memang secara refleks dilakukan oleh tubuh.

Bukan tanpa alasan. Saat takut atau cemas, otak akan merespon lebih cepat untuk melakukan gerakan refleks untuk mencari rasa tenang, salah satunya dengan menggengam atau memeluk sesuatu.

Tentunya dengan berpelukan juga memberi manfaat untuk mengatasi rasa takut dan cemasmu.

Sebagai Bentuk Komunikasi

Ilustrasi Manfaat Pelukan. (Pinterest)

Menurut penelitian, ternyata berpelukan juga merupakan sarana untuk berkomunikasi, loh. Apakah benar demikian? Yup, komunikasi begitu luas ruang lingkupnya, ada komunikasi verbal dan non verbal, komunikasi personal dan interpersonal.

Sentuhan dan pelukan dapat mengekspresikan emosi seseorang, entah itu marah, senang, sedih, maupun bahagia. Pelukan juga dipercaya sebagai salah satu alternatif komunikasi  yang dapat menciptakan rasa tenang dan nyaman.

Misalnya, ketika kamu merasa dam kondisi sedih, hal yang dilakukan dan membuatmu tenang biasanya dengan menceritakan segala masalah ke sahabat atau orang terdekatmu. Tanpa kamu sadari perasaan sedih itu tercampur dengan emosimu, seketika sahabatmu langsung memberimu pelukan dan dekapan hangat untuk menenangkanmu agar kamu merasa lebih tenang.

Hal ini juga dapat diungkapkan sebagai salah satu bentuk komunikasi jika sahabatmu juga turut merasakan emosi dan kesedihan yang kamu rasakan dan dia juga merasa peduli kepadamu.

Tingkatkan Suasana Hati

Ilustrasi Manfaat Pelukan. (Pinterest)

Dilansir dari Health, menurut peneliti Kristin Neff, PhD, memeluk, membelai dan menenangkan tubuh secara fisik dapat meningkatkan perasaan cinta dan kelembutan kepada diri.

Saat kata-kata tak sanggup lagi untuk mewakili emosi dalam sebuah situasi, pelukan bisa menjadi media untuk mengungkapkan perasaan kepada pasangan maupun orang yang kamu sayangi. Hal ini membuktikan bahwa pelukan juga bisa sebagai tanda ungkapan rasa cinta kasih, loh.

Berikan Rasa Bahagia

Ilustrasi Manfaat Pelukan. (Pinterest)

Pelukan dapat memberikan sejuta makna, terlihat sederhana tetapi dampak dari sebuah pelukan bisa membuat seseorang lebih bahagia.

Hal ini terbukti dari peningkatan kadar serotonin saat sesorang mendapatkan pelukan dari orang terkasih. Saat kamu memberikan tanda kasih ini, pasangan juga akan merasa hal ini penting dan berdampak positif bagi hubungan.

Menurut Psikolog Lisa Damour, pelukan terbaik adalah pelukan yang diberikan dengan mempertimbangkan perasaan si penerima. Oleh karena itu, kamu juga harus memahami apakah orang yang kamu kasihi dapat menerima pelukan sebagai hal yang dibutuhkannya untuk dapat mengurangi rasa sakit hingga rasa bahagia sekalipun.