4 Skill Wajib Punya Untuk Kerja Remote, Mana Yang Sudah Kamu Kuasai?

Rabu, 19 Januari 2022 | 11:00:00

Juni Dani, S.H., CBC, LCPC

Juni Dani, S.H., CBC, LCPC

Career Stylist & Character Coach

Founder of jdnext.id

4 Skill Wajib Punya Untuk Kerja Remote, Mana Yang Sudah Kamu Kuasai?

Ilustrasi kerja remote. (Spesial)

Pandemi Covid-19 yang menyebar pada awal 2020, membuat fenomena teleworking atau kerja remote (jarak jauh), kerja dari rumah (work from home), sampai kerja fleksibel dari mana saja (work from anywhere) menjadi semakin populer. 

Setelah dua tahun pandemi, ada perusahaan yang sudah kembali aktif memberlakukan sistem kerja dari kantor (work from office), tapi masih banyak juga yang memberlakukan sistem kerja teleworking.

Kendati demikian, tidak semua orang dapat mudah beradaptasi kondisi teleworking ini, hingga hal tersebut masih jadi tantangan besar bagi sebagian pekerja.

Jika saat ini Kamu harus teleworking atau ingin melamar pekerjaan remote, Kamu perlu menguasai dan mencantumkan beberapa skill yang sangat diperlukan untuk teleworking.

1. Tech Savvy

Ilustrasi prempuan kerja remote. (Spesial)

Tech Savvy adalah kemahiran dalam penggunaan teknologi modern, khususnya komputer. Skill ini sangat dibutuhkan untuk teleworking di zaman yang serba online.

Hal ini membuat Kamu harus menguasai perangkat software dan hardware yang digunakan dalam pekerjaanmu. Contoh paling mudah, Kamu harus bisa mengubah dokumen dari Word menjadi PDF dan sebaliknya, mengubah ukuran file, menyimpan file ke dalam Google Drive atau Dropbox, atau menyelenggarakan meeting secara online.

2. Fleksibilitas Waktu Kerja 

Ilustrasi prempuan kerja remote. (Spesial)

Dulu, banyak karyawan yang berharap memiliki flexible working hours. Nah, fleksibilitas ini merupakan skill yang dibutuhkan untuk pekerjaan teleworking.

Menjadi flexible worker artinya Kamu memiliki fleksibilitas untuk bekerja dari mana saja dan menerima pekerjaan yang datangnya kapan saja, di luar jam kerja. 

3. Kerja Independen 

Ilustrasi prempuan kerja remote. (Spesial)

Kerja independen adalah kemampuan bekerja secara mandiri. Ketika bekerja dari rumah, senior atau atasanmu mungkin hanya akan memberikan instruksi tertulis kepadamu.

Mereka tidak bisa menjelaskan, membantu, maupun mengawasi apa yang sedang Kamu kerjakan atau apa yang menjadi kesulitanmu. Untuk itu, Kamu harus mampu menyelesaikan tugas dengan sedikit atau bahkan tanpa pengawasan.

4. Keterampilan Komunikasi 

Ilustrasi prempuan kerja remote. (Spesial)

Tantangan saat teleworking adalah berasumsi. Berasumsi bahwa instruksi sudah jelas, berasumsi bahwa orang sudah paham, bahkan berasumsi bahwa tugas sudah selesai.

Berkomunikasi secara jelas saat teleworking sangat penting, baik secara tertulis maupun tatap muka. Kamu harus bisa menjadi orang yang komunikatif dan tanggap membalas setiap email dan pesan dari rekan kerja. 

Usahakan untuk tetap melakukan komunikasi tatap muka secara rutin. Komunikasi rutin dapat mengurangi risiko kesalahpahaman dalam bekerja dan menjadi ajang diskusi saat mengalami kesulitan.

Skill mana yang sudah Kamu kuasai?

 

Juni Dani (@jdnext)

Penulis adalah seorang Character Behavior Consultant dan Professional Coach yang sekarang menjalani kariernya sebagai Career Stylist.

Juni Dani dapat dihubungi melalui:

Instagram: @jdnext

Email: [email protected]

Website: www.jdnext.id