Supaya Makin Semangat Berolahraga, Ketahui Dulu Nih 5 Manfaat Renang untuk Tubuh

Minggu, 26 Januari 2020 | 12:05:00

LS Health

Penulis : LS Health

Supaya Makin Semangat Berolahraga, Ketahui Dulu Nih 5 Manfaat Renang Untuk Tubuh

Bisa dibilang, renang adalah salah satu olahraga yang punya segudang manfaat sekaligus yang paling murah dilakukan, selain berlari dan berjalan kaki. Selain itu, olahraga renang juga bisa dilakukan oleh siapapun dari berbagai tingkat usia. Baik itu anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua pun bisa berenang dengan aman, tanpa perlu khawatir terjadinya kerusakan pada sendi mereka. Sebab, olahraga renang tidak akan merusak sendimu lho, Ladies. Justru dengan berenang, kamu bisa memperkuat otot tubuhmu, serta mendapatkan beberapa manfaat lainnya seperti yang akan kita bahas pada artikel ini. Tak cuma itu, ternyata banyak juga para atlet yang baru saja pulih dari cedera, lantas memilih olahraga renang sebagai latihan mereka agar tubuh tetap bugar. Nah, berikut ini ada 5 manfaat renang untuk tubuh selain dapat memperkuat otot tubuhmu!

1. Berenang membuat tubuhmu lebih fleksibel

Berenang membuat tubuhmu lebih fleksibel
sumber: freepik.com

Ketika berenang, tubuhmu diharuskan untuk meregang, mendorong air, mencapai sisi kolam renang, memuntir pergerakan tangan, serta menahan nafas selama membenamkan kepala di dalam air. Tanpa sadar, kamu telah mengolah tubuhmu untuk bergerak dan menekan dengan kekuatan yang penuh, sehingga tubuhmu pun akan menjadi lebih lentur dan fleksibel dengan sendirinya, Ladies. Sehingga, kamu pun akan terhindar dari rasa pegal yang disebabkan oleh tubuh yang terasa kaku.

2. Berenang adalah pereda stres dan depresi yang alami

Berenang adalah pereda stres dan depresi yang alami
sumber: freepik.com

Ketika berenang, hormon endorphin dalam tubuhmu akan meningkat. Sehingga, hanya dengan berolahraga renang, kamu bisa menemukan perasaan bahagia yang tentu bisa meredakan stresmu secara alami, Ladies. Selain itu, kamu juga bisa merasakan respon relaksasi yang mirip seperti ketika kamu melakukan yoga. Sebab, berenang bisa memberikan sensasi yang menenangkan seperti ketika kamu sedang bermeditasi, ditambah pula terdengar bisingnya suara nafas dan air yang mengalir deras yang akan membantumu lebih fokus lagi, serta menenggelamkan segala gangguan yang lain yang ada di dalam pikiranmu.

3. Berenang bisa mengurangi peradangan pada jantung

Berenang bisa mengurangi peradangan pada jantung
sumber: freepik.com

Seperti yang kita tahu, berenang bisa menguatkan otot jantung, dan sebuah penelitian juga memperkuat fakta itu dengan menyatakan bahwa olahraga aerobik seperti renang bisa mengurangi peradangan yang mengarah pada pembentukan aterosklerosis pada jantung. Sehingga, dengan berkurangnya peradangan di seluruh sistem di dalam tubuh, maka akan semakin berkurang pula perkembangan penyakit di area tubuh yang lainnya, Ladies!

4. Berenang di laut bisa membantu merawat kecantikan kulit tubuh

Berenang di laut bisa membantu merawat kecantikan kulit tubuh
sumber: freepik.com

Barangkali, belum banyak wanita yang menyadari, bahwa berenang secara rutin di laut bisa membuat kulit terlihat lebih sehat dan lebih halus. Kondisi seperti itu disebabkan oleh air garam yang dapat membantu kulit mempertahankan kelembaban alaminya, serta proses detoksifikasi yang bisa meningkatkan pertumbuhan sel-sel kulit baru. Jadi, jangan terkejut ya Ladies, apabila kulitmu menjadi lebih halus dan terlihat lebih sehat setelah kamu rutin berenang di lautan luas yang menyegarkan!

5. Berenang bisa membuatmu lebih pintar

Berenang bisa membuatmu lebih pintar
sumber: freepik.com

Tahukah kamu, bahwa ada sebuah penelitian dari Australia seperti yang dilansir dari situs Lifehack, yang menunjukkan hasil bahwa anak-anak yang berenang secara teratur dapat menguasai perkembangan bahasa, meningkatkan keterampilan motorik halus, mengembangkan kepercayaan diri, serta mendapatkan perkembangan fisik yang lebih cepat, ketimbang mereka yang jarang atau tidak melakukan olahraga renang secara rutin. Jadi, kamu bisa mengajak anak atau adik-adikmu untuk turut rutin berenang bersamamu, Ladies.

Jadi, itulah manfaat renang untuk tubuh yang perlu kamu tahu. Yuk, mulai sekarang kita rutin berenang, supaya bisa menikmati segala manfaatnya!