6 Tanda Berada di Hubungan Pertemanan Toxic, Pernah Alami?

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 22:45:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Tanda Berada Di Hubungan Pertemanan Toxic, Pernah Alami?

Ilustrasi Pertemanan Toxic. (pinterest)

Ladiestory.id - Memiliki sahabat dan teman-teman memang seru dan membuat hari menjadi lebih berwarna. Apalagi, jika teman saling mendukung antara satu dan lain, sehingga hubungan pertemanan menjadi begitu sehat.

Namun, bagaimana jika sebaliknya? Bukannya saling support, justru di belakangmu mereka menjadi toxic. Berikut enam tanda bahwa kamu mengalami hubungan pertemanan toxic.

Bercanda yang Berujung Bullying

Ilustrasi bullying. (pinterest)

Saat sedang bertemu bersama teman-teman, kamu mungkin sering bercengkrama dan melontarkan candaan satu sama lain. Namun, bercandaan tersebut bukannya terkesan lucu justru malah menjadi bullying pada dirimu. Katanya, cuma bercanda dan nggak usah baper, namun pada intinya ia justru memojokan dirimu, bahkan membuat hatimu menjadi hancur.

Candaan itu menjurus ke perihal body shamming bahkan bullying yang tak seharusnya di lontarkan kepada dirimu. Alhasil, seseorang yang dibuat bercandaan itu akan terseinggung dan merasa berkecil hati.

Hal tersebut bisa saja berpengaruh pada kesehatan mental seseorang. Bahkan, ia merasa bersalah akan dirinya.

Nggak mau 'kan hubungan persahabatan yang sudah dibina cukup lama malah berakhir menjadi pertengkaran? Yuk, hargai juga perasaan sahabatmu dan jangan sampai melontarkan candaan yang tidak wajar ya, Ladies!

Tidak Jaga Privasi

Ilustrasi tidak menjaga privasi. (pinterest)

Kamu mungkin sering curhat tentang perasaanmu pada sahabat-sahabatmu, entah itu perihal hubungan asmara, hubungan keluarga, masalah di kampus atau masalah di tempat kerjamu. Kamu mempercayai sahabatmu karena kalian memang sudah akrab dan merasa saling terbuka. Namun, apakah kamu sudah sangat meyakini betul siapa sahabatmu itu?

Tanpa kamu sadari, ada beberapa orang yang seharusnya tak perlu kamu ceritakan perihal kehidupan privasimu, bahkan pada sahabatmu sendiri. Bisa saja, ia membicarakanmu di belakang. Bahkan, ia bisa menyebarkan privasimu kepada orang lain, lho.

Memanfaatkan Keadaan

Ilustrasi persahabatan. (pinterest)

Salah satu tanda bahwa kamu terjebak dalam pertemanan toxic selanjutnya adalah kamu dimanfaatkan oleh teman-temanmu. Bukankah berteman itu bisa saling melengkapai satu sama lain? Namun, apa jadinya jika kamu yang selalu diandalkan dalam segala situasi?

Misalnya, jika kamu memiliki potensi dalam akademik bahkan kariermu pun terkesan baik dibandingkan teman-temanmu, maka mereka akan memanfaatkanmu untuk mendapatkan hasil serupa dari dirimu namun dengan cara yang curang.

Alhasil, tanpa disadari kamu dikuras secara perlahan. Ketika kamu gagal justru mereka pergi darimu dan tak ingin membantumu.

Nah, sebaiknya kamu juga bisa memilah-milah pertemanan seperti ini ya, Ladies! Sebaiknya senang dan susah dapat kalian lalui bersama tanpa harus menjatuhkan diri masing-masing.

Sering Menyalahkan

Ilustrasi sering menyalahkan. (pinterest)

Ketika sedang ada masalah, sebaiknya kamu dapat menyelesaikannya dengan kepala dingin dan bersikap dewasa. Jangan sampai kamu dituduh bersalah dan dia jadi marah tidak jelas.

Padahal, kamu hanya ingin menghibur dirinya dan meminta maaf dengan tulus untuk memperbaiki hubungan pertemanan. Namun, bukannya dimaafkan, malah kamu yang disalahkan, bahkan bisa mengungkit-ungkit kesalahanmu.

Suka Drama

Ilustrasi persahabatan. (pinterest)

Teman yang memiliki karakter toxic juga memungkinkan melakukan hal-hal yang bersifat drama dalam kehidupannya, termasuk halnya dalam hubungan persahabatan. Mereka yang hobi membuat drama terkesan untuk mengintimidasi lawannya, termasuk sahabatnya sendiri.

Gosip Berlebihan

Ilustrasi gosip. (pinterest)

Gosip mungkin menjadi suatu hal yang wajar dalam hubungan pertemanan. Namun, jika gosip yang dibuat sudah menimbulkan fitnah, hal ini justru akan membuat hubungan pertemanan menjadi toxic.

Wah, jika kamu menemukan temanmu yang suka gosip berlebihan, sebaiknya segera hindari ya, Ladies! Sebab, bisa saja temanmu akan bergosip apapun tentangmu bersama orang lain, tanpa kamu ketahui. Jelas hal ini akan merusak nama baikmu dan pandangan orang lain terhadap dirimu pun akan menjadi buruk.

s