Sayangi Dirimu, Ini 5 Tanda Kamu Alami Kelelahan Emosional

Jumat, 11 November 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Sayangi Dirimu, Ini 5 Tanda Kamu Alami Kelelahan Emosional

Ilustrasi kelelahan secara emosional. (Special)

Ladiestory.id - Tidak semua orang bisa kamu bahagiakan. Jangan sampai, kamu terlalu sibuk membahagiakan orang lain, tapi dirimu sendiri merasakan kelelahan secara emosional yang tak tertahankan.

Sebelum membahagiakan orang lain, alangkah lebih baiknya jika kamu bisa mencintai dirimu sendiri terlebih dahulu. Akan ada banyak hal yang muncul dari seseorang mengalami kelelahan secara emosional, misalnya merasa sering menyendiri, mudah marah, murung dan sedih hingga depresi. Nah, berikut lima tanda bahwa kamu mengalami kelelahan emosional.

Mengurung Diri dari Keramaian

Ilustrasi kelelahan secara emosional. (Special)

Ladies, jangan sampai masalah membuatmu larut dalam kesendirian maupun kesedihan. Sebagai makhluk sosial, kamu pun butuh berkumpul dengan teman-teman dan bertemu dengan banyak orang.

Walaupun terkadang seseorang butuh waktu sendiri untuk menenangkan diri, bukan berarti kamu harus berlama-lama menarik diri bahkan mengisolasi dirimu dari keramaian dan membenci orang-orang di luar sana. Berhentilah untuk bersikap terlalu individualis dan bisa menyelesaikan semua masalahmu sendiri. Pasalnya, hal itu justru akan semakin merusak kesehatan mentalmu, lho.

Tidak Fokus

Ilustrasi kelelahan secara emosional. (Special)

Jika kamu merasakan bahwa dirimu mulai sering melamun, tidak fokus, mudah lupa, bahkan sering tidak nyambung dengan lawan bicaramu, hal ini bisa menjadi salah satu tanda jika kamu mulai mengalami kelelahan emosional. Jika sudah begini, kamu butuh istirahat sejenak dari padatnya aktivitas. Cobalah untuk menenangkan diri agar pikiran dan jiwamu menjadi jauh lebih baik.

Mudah Terpancing Emosi

Ilustrasi kelelahan secara emosional. (Special)

Mudah terbawa emosi atau merasa tersinggung juga bisa menjadi tanda kamu mengalami kelelahan emosional. Saat kamu menjadi mudah marah dari biasanya, bahkan emosimu sering meledak-ledak atau menangis secara tiba-tiba, maka kamu harus mencoba untuk menenangkan dirimu secara perlahan.

Coba tarik napas dalam-dalam, kemudian carilah tempat yang tenang. Kemudian, luapkan segala kekesalan dan emosi yang membendung dalam dirimu. Setelah itu, kembali bangkit sebelum memutuskan untuk merespons sesuatu.

Memang tidak semuanya harus diungkapkan, bahkan kesabaran juga ada batasnya. Jika kamu mulai merasa kelelahan bahkan kamu masih bisa menyimpan masalahmu rapat-rapat seorang diri, maka kamu juga perlu menemukan cara untuk melampiaskan semua emosimu agar tidak menggerogotimu semakin dalam.

Dibayangi Pikiran Negatif

Ilustrasi kelelahan secara emosional. (Special)

Sering menyalahkan diri sendiri atau menyalahkan keadaan yang belum tentu benar asal-usulnya juga bisa membahayakan kesehatan emosional dan fisikmu, lho. Apalagi, jika kamu selalu dibayangi oleh pikiran-pikiran negatif yang bisa berdampak fatal bagi dirimu.

Selain bisa menyebabkan kondisi kesehatanmu menjadi terganggu, kamu pun akan merasa tidak memiliki gairah untuk hidup. Mulai sekarang, cobalah untuk berhenti menakut-nakuti dirimu sendiri.

Cobalah untuk berpikiran positif dan melakukan kegiatan bermanfaat yang bisa mengembalikan semangat. Hal ini untuk menghindari pikiran-pikiran negatif tersebut.

Perubahan Suasana yang Ekstrem

Ilustrasi kelelahan secara emosional. (Special)

Tanda selanjutnya jika kamu mengalami kelelahan emosional ialah kamu bisa merasa senang dan tertawa tiba-tiba. Kemudian, kamu pun akan merasa sedih dan menangis teredu-sedu setelahnya.

Jika hal ini sering kamu alami, dan perubahan suasana hatimu cukup intens dan ekstrem dari biasanya, maka kamu pun perlu mengambil langkah untuk berkonsultasi dengan ahli untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Jika tanda-tanda di atas mulai muncul pada dirimu, alangkah lebih baik jika kamu mau menceritakan semua keluh kesahmu dengan orang terdekat yang bisa kamu percaya. Dengan begitu, kamu bisa membuat dirimu jauh lebih baik dan tenang menghadapi cobaan yang sedang dihadapi.