Tingkatkan Imun Dengan Konsumsi 7 Buah Tinggi Antioksidan

Thursday, 15 Jul | 12:53:07

LS Health

Penulis : LS Health

Tingkatkan Imun Dengan Konsumsi 7  Buah Tinggi Antioksidan

Foto: Website/indozone

Kata antioksidan menjadi sesuatu yang penting untuk tubuh. Secara umum, antioksidan adalah senyawa yang berperan dalam memperlambat atau mencegah kerusakan sel pada tubuh.

Semakin banyak antioksidan yang dikonsumsi mampu membantu tubuh terlindung dari berbagai penyakit akibat radikal bebas.

Menjaga kesehatan tubuh yang paling mudah dan baik adalah dengan mengonsumsi makanan yang menyehatkan.Gizi seimbang dapat diperoleh melalui kandungan karbohidrat, protein, lemak serat, vitamin dan antioksidan.

Asupan gizi yang tepat akan membantu tubuh lebih terjaga imunnya dan terbebas dari radikal bebas.

Foto: Website/tribunews

Bahaya dari radikal bebas yang tertumpuk pada tubuh adalah peningkatan pada resiko penyakit seperti kanker, jantung serta penyakit kronis lainnya. Antioksidan dapat diperoleh melalui berbagai suplemen, namun lebih baik melalui sumber alami.

Makanan yang mengandung antioksidan, ada berbagai macam salah satunya buah-buahan.

Berikut Buah yang Memiliki Antioksidan Tinggi

  1. Stroberi

Buah kecil berwarna merah dengan bintik hitam ini merupakan salah satu buah dengan antioksidan tinggi. Stroberi mengandung asam elagik yang berperan sebagai antioksidan untuk mencegah kanker dan bisa digunakan sebagai bahan produk kecantikan.

  1. Delima

Kandungan dari buah delima yang berperan sebagai antioksidan adalah flavonoid, antosianin dan asam punisik. Mereka bersifat antiinflamasi, antihipertensi dan antiantherogenik. Selain itu, jus delima adalah buah yang paling tinggi diantara jus buah lainnya.  

  1. Anggur

Anggur adalah si kecil berwarna ungu yang memilliki dua jenis antioksidan yaitu antosianin dan proantosianin. Fungsi dari kedua antioksidan ini untuk mencegah jantung dan kanker.

Foto: Website/matabanua
  1. Jeruk

Salah satu buah yang mudah ditemui dan banyak dikonsumsi sebagai makan sehari-hari. Jeruk adalah buah dengan kandungan antioksidan. Antioksidan di jeruk mudah larut ke dalam air yang ada pada tubuh.

Jeruk yang dikonsumsi secara rutin mampu membantu tubuh untuk melawan efek dari radikal bebas serta mencegah kerusakan sel pada tubuh. Manfaat lain dari buah jeruk adalah menjaga imun tubuh, mencegah masuk angin dan gangguan infeksi pada telinga.

  1. Ceri

Kandungan antioksidan buah ceri adalah flavonoid, isoquercetin, dan quercitrin. Si kecil merah ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Ceri dianggap ampuh untuk mengurangi resiko kanker dan memperlambat proses penuaaan.

6. Mangga

Hadirnya di kala musiman, buah mangga tetap mudah ditemukan dan memilki antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Mangga memiliki kandungan vitamin A, flavonoid, dan karotenoid.

Kandungan lain pada buah mangga adalah mangiferin, catechin, anthocyanin, quercetin, kaempferol, rhamnetin dan benzoix acid.  Mereka berperan sebagai perusak rantai radikal bebas serta memperbaiki kerusakan lainnya.

Foto: website/strawberrymisine

 

  1. Blueberry

Buah yang memiliki antioksidan tertinggi dibanding buah serta sayur lainnya. Manfaat dari blueberry diperkaya oleh vitamin C dan K, mangan dan rendah kalori.

Itulah alasan buah ini sering dijadikan cemilan ketika diet karena tidak menyebabkan kenaikan berat badan.

Blueberry mampu menunda penurunan fungsi otak yang sering terjadi ketika bertambahnya usia, menurunkan resiko penyakit jantunng serta kolesterol jahat dan penurunan tekanan darah.

Berita Terkait