Tak Mudah Sakit, Tips Jaga Imunitas Tubuh Saat Puasa

Sabtu, 23 April 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Tak Mudah Sakit, Tips Jaga Imunitas Tubuh Saat Puasa

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Menjalankan puasa Ramadan di tengah pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi umat muslim. Pasalnya, kita tetap harus sehat dan memiliki sistem imun yang baik.

Menjalankan puasa bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, jika dilakukan secara tidak tepat, justru dapat memicu sistem imun menjadi menurun. 

Kunci utama supaya daya tahan tubuh tetap kuat saat berpuasa di masa pandemi yakni memperhatikan dan menjaga pola hidup tetap sehat. Yuk terapkan beberapa cara di bawah ini agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga meski sedang puasa.

Konsumsi Makanan Bergizi

Ilustrasi perempuan konsumsi makanan sehat. (Special)

Meskipun hanya bisa makan saat sahur dan buka, namun bukan alasan kita bisa makan makanan apapun. Justru, kedua waktu itu harus kita isi dengan mengonsumsi makanan bergizi. Pasalnya, selama beberapa jam kita tidak akan minum atau makan. Sedangkan tubuh tetap melakukan aktivitas seperti biasanya.

Untuk itu, agar imunitas tubuh tetap terjaga, kita perlu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi. Beberapa nutrisi yang perlu dicukupi asupannya mencakup karbohidrat, protein, serat, serta berbagai vitamin dan mineral. Jangan lupa pula untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap harinya.

Istirahat Cukup

Ilustrasi perempuan tidur. (Special)

Biasanya, selama Ramadan, kita akan mengalami pergeseran waktu tidur. Pasalnya, kita harus bangun sebelum subuh untuk makan sahur.  

Oleh karena itu, kita harus memajukan waktu istirahat agar tidak kurang tidur. Sebaiknya, jangan begadang di bulan puasa sebab banyak menyita waktu tidur.

Pasalnya, jika kita mengantuk maka dapat mengganggu konsentrasi. Selain itu, kurang tidur akan melemahkan daya tahan tubuh.

Oleh sebab itu, kita harus cerdas dalam mengatur waktu agar aktivitas, beribadah, dan istirahat yang cukup bisa seimbang. Dengan begitu, puasa akan berjalan dengan lancar dan imun tetap terjaga selama bulan puasa.

Konsumsi Suplemen

Ilustrasi suplemen. (Special)

Sebenarnya, suplemen dianjurkan untuk dikonsumsi meskipun sedang tidak puasa. Artinya, di bulan puasa menjadi hal yang penting untuk kita mengonsumsi suplemen.

Pasalnya hal tersebut menjadi salah satu cara agar tetap menjaga kesehatan dan imun saat bulan puasa. Hal ini tentunya masih berkaitan dengan memenuhi asupan nutrisi harian tubuh.

Mengonsumsi suplemen dengan kandungan zinc atau vitamin C bisa untuk menjaga asupan kedua nutrisi tersebut dalam tubuh saat puasa.

Kendalikan Stres

Ilustrasi meditasi. (Special)

Mengendalikan stres menjadi salah satu cara meningkatkan kekebalan tubuh. Pasalnya, stres yang dibiarkan terlalu lama bisa memicu berbagai masalah kesehatan bagi tubuh.

Dilansir berbagai sumber, riset menunjukkan bahwa stres berkepanjangan bisa melemahkan daya tahan tubuh. Oleh sebab itu sangat penting untuk menenangkan pikiran agar tidak mengalami stres berkepanjangan.

Stres dapat dikelola dengan berbagai cara, di antaranya melakukan hobi yang disenangi, hangout, me time, berolahraga, atau yoga. Kamu pun bisa melakukan meditasi, sebab cara ini cukup efektif mengurangi stres dan mendorong produksi hormon kebahagiaan. Cara tersebut tetap berlaku meskipun sedang tidak berpuasa.

Kurangi Konsumsi Gula

Ilustrasi gula. (Special)

Cara lainnya untuk menjaga imun saat Ramadan adalah mengurangi konsumsi gula. Meskipun memang dianjurkan mengonsumsi yang manis saat berbuka puasa. Namun, sebaiknya jangan mengonsumsi gula secara berlebihan.

Pasalnya, mengonsumsi gula berlebihan juga bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2, obesitas, dan penyakit jantung. Semua penyakit tersebut dapat melemahkan sistem imunitas tubuh.