Tips Kerja dari Rumah ala Pengusaha UMKM Agar Tetap Cuan

Jumat, 20 Maret 2020 | 13:55:15

abigail intan

Penulis : abigail intan

Tips Kerja Dari Rumah Ala Pengusaha Umkm Agar Tetap Cuan

Tips Kerja dari Rumah. Saat ini semua masyarakat di Indonesia harus mengurangi aktivitas di luar rumah selama jangka waktu yang belum diketahui, tak terkecuali bagi para pengusaha. Yah, mereka memilih untuk mengurus usaha mereka dari rumah guna ikut meredakan penyabaran virus corana yang kian merebak di seluruh penjuru dunia. Tak hanya perusahaan-perusahaan besar saja, para pengusaha berskala kecil pun turut terkena dampak virus covid-19 ini. Yah, tentu saja para pengusaha UMKM khawatir akan kestabilan mereka selama masa bekerja dari rumah.

Namun, untungnya banyaknya teknologi disekitar kita dapat memberi kemudahan bagi para pelaku usaha untuk terus menjalankan usaha tanpa perlu keluar rumah. Nah, berikut ini ada bebera tips yang bisa dilakukan oleh pengusaha agar tetap cuan. Dikutip dari platform bisnis invoice accounting paper.id

?

1. Menjaga komunikasi dengan pelanggan atau klien

Bisa dibilang komunikasi merupakan kunci utama bagi para pelaku usaha guna memahami apa yang diinginkan pelanggan. Di masa seperti sekarang faktor komunikasi dipermudah berkat kehadiran teknologi dan internet yang membuat komunikasi dapat terjalin tanpa melihat faktor geografis. Yah, di zaman sekarang kita bisa memanfaatkan aplikasi dan software yang ada, bahkan aplikasi messenger kini dilengkapi dengan teknologi voice dan video call berbasis mobile data sehingga komunikasi bisa tetap terjalin sambil bertatap muka tanpa harus bertemu.

?

2. Memanfaatkan Medsos Sebagai Media Pemasaran Bisnis

Tips kerja dari rumah berikunya adalah memanfaatkan media sosial untuk memaksimalkan pemasaran bisnis. Para pelaku bisa tetap memasarkan usaha tanpa perlu keluar rumah hanya lewat medsos. Dengan biaya yan terjangkau serta daya yang sangat besar, bisnis tetap bisa dipasarkan dengan baik. Jangan lupa pastikan untuk membuat konten yang menarik sehingga cepat menarik perhatian pengunjung.

?

3. Digitalisasi Bisnis

Era digital menghadirkan kemudahan para pelaku usaha untuk mengelola usaha. Digital isasi bisnis menjadi penting untuk meningkatkan performa sekaligus mengembangkan bisnis kalian. Ini 3 alasan yang harus kalian ketahui mengenai pentingnya digitalisasi bisnis.

Pertama. Digitalisasi bisnis dapat meringkas proses pekerjaan sehingga bisa lebih hemat waktu dan efisien. Selain itu, pemilik usaha dapat menghemat waktu dan menggunakannya untuk hal yang lebih penting.

Kedua. Pelaku usaha dapat meminimalisir kesalahan dalam pekerjaan dengan menggunakan software bisnis. Dengan begitu kualitas pekerjaan terjaga dan membantu kita dalam mengambil keputusan yang baik bagi perusahaan.

Ketiga. Kita bisa lebih mudah mengelola dalam banyak hal dengan kemajuan teknologi, salah satunya adalah pembuatan invoice. Meskipun terkesan simpel, invoice merupakan salah satu elemen dalam bisnis yang memiliki intensitas penggunaan yang cukup tinggi.

?

4. Menjaga Kedisiplinan

Selain bergantung dengan teknologi, sebagai pelaku usaha kita juga perlu memikirkan kesehatan dan kualitas pekerjaan. Untuk itu, dalam situasi seperti ini kita harus tetap disiplin baik dalam menjaga kesehatan maupun dalam mengerjakan tugas-tugas bisnis. Misalnya, kamu tetap melakukan rutinitas sehat seperti berolahraga, membersihkan ruang kerja, mempersiapkan soal atau tugas yang akan dikerjakan.

?

5. Menjaga Mood Agar Tetap Positif

Sebagai pelaku UMKM yang memiliki pekerjaan segudang tentu saja tetap membutuhkan mood positif agar bisa berpikir jernih dan tetap bersemangat. Nah, salah satu cara yang bisa anda lakukan agar mood positif senantiasa terjaga adalah dengan mengonsumsi kopi atau teh di pagi hari, atau mendengarkan music favorit. Kamu juga bisa menyemprotkan pengharum ruangan di tempat kamu bekerja.

Demikian tips kerja dari rumah ala pengusaha UMKM yang bisa anda lakukan. Kamu bisa memanfaatkan teknologi yang ada untuk menunjang tugas-tugas pekerjaanmu selama WFH atau (Work From Home) Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk para pembaca.