5 Tips Motivasi Workout, Cocok Buat Kaum Rebahan

Sabtu, 9 Juli 2022 | 13:45:00

Siti Juliyanti

Penulis : Siti Juliyanti

5 Tips Motivasi Workout, Cocok Buat Kaum Rebahan

Ilustrasi Olahraga (Special)

Ladiestory.id -  Membuat perubahan pada kehidupan sehari-hari memang tidak mudah, dan akan ada hari-hari yang dirasa sulit untuk bangkit dari rebahan dan kasur. Terlepas jika kamu ingin menjalani hidup sehat dengan berolahraga. Konsistensi menjadi hal penting untuk menjalankannya. Dibutukan Motivasi yang kuat untuk menjalaninya. Nah, berikut terdapat beberapa cara untuk bangkit dari kasur dan menjalani hari-hari dengan berolahraga. 

Ingat Tujuan Kamu

Ilustrasi olahraga yoga. (Unsplash.com)

Ketika kamu merasa sedikit datar atau tidak termotivasi, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengingatkan diri sendiri mengapa kamu harus memulai. Melihat kembali tujuan kesehatan dan kebugaran kamu justru bisa menjadi motivasi besar untuk membuat diri kamu terus maju.

Jika kamu baru mencoba latihan di rumah, pikirkan peningkatan yang akan di dapat dari waktu ke waktu tidak peduli seberapa kecil atau besar! Jika kamu belum menetapkan tujuan apa pun, sekaranglah saatnya untuk melakukannya. Jaga tubuh kamu agar tetap sehat dan mulailah dengan melakukannya dalam harian, seperti berjalan kaki 10 menit, lalu tingkatkan.

Jadwalkan Workout

Ilustrasi menjadwalkan workout. (Unsplash).

Salah satu kontributor terbesar dari kurangnya motivasi adalah kekurangan waktu. Cara mudah untuk mengatasi cara ini adalah menjadwalkan waktu untuk berolahraga. Jika kamu sibuk di tempat kerja, maka luangkan waktu selama jam makan siang kamu dan tambahkan ke kalender Anda.

Jika cuaca di luar bagus dan mendukung, atur alarm kamu satu jam sebelumnya dan berjalan-jalanlah di sekitar lingkungan kamu. Jika kamu memilih berolahraga di rumah, pilih latihan online untuk melakukannya. 

Pikirkan Sesi Workout Sebagai Waktu Kamu

Ilustrasi waktu. (Unsplash.com)

Manfaat lain dari menjadwalkan workout adalah kamu juga menjadwalkan waktu 'kamu'. Ketika kamu kekurangan waktu, kamu perlu menyiapkan waktu untuk diri sendiri atau me time

Dengan memikirkan jadwal workout, tentu kamu mendapat kesempatan untuk perawatan diri, dan kamu tidak hanya akan fit setelah workout, tetapi juga mendapatkan waktu yang sangat dibutuhkan untuk diri sendiri.

Dengan menerapkan opsi ini tentu akan membantu kamu memandang bahwa olahraga adalah suatu kesenangan. 

Buat Area yang Nyaman untuk Workout di Rumah

Ilustrasi workout di rumah. (Unsplash.com)

Jika kamu yang tidak suka berolahraga di luar rumah, ini adalah opsi yang bagus untuk kamu. Tetapi kamu harus memberi ruang di dalam rumah untuk menemukan ruang berolahraga yang nyaman.

Jika kamu memiliki kamar cadangan yang kosong, ubahlah menjadi tempat gym pribadi. Namun, sebaliknya jika tidak memiliki kamar atau ruangan kosong, kamu bisa memanfaatkan halaman rumah untuk tempat berolahraga. 

Gunakan Aplikasi Fitness atau Tracker

Ilustrasi menggunakan aplikasi fitness. (Unsplash.com)

Salah satu cara untuk menjaga motivasi kamu adalah dengan memakai aplikasi fitness atau Tracker. Keduanya dapat menjadi alat yang hebat untuk melihat seberapa banyak kemajuan yang telah kamu lakukan. 

Menggunakan aplikasi pelacak kebugaran, seperti smartwatch, memungkinkan kamu melacak tanda-tanda vital. Mulai dari, langkah-langkah yang telah kamu ambil, kalori yang telah kamu bakar, dan sebagainya.

Aplikasi kebugaran juga dapat memberi kamu berbagai workout online yang bisa kamu lakukan di rumah. Sebagian besar aplikasi tersebut juga akan membagikan laporan rutin, sehingga kamu dapat memantau kemajuan kamu.