Tips Pakaian yang Bikin Kamu Percaya Diri saat Mau Wawancara

Jumat, 5 Agustus 2022 | 18:00:00

Reza Fauchi Santya

Penulis : Reza Fauchi Santya

Tips Pakaian Yang Bikin Kamu Percaya Diri Saat Mau Wawancara

Tips pakaian bikin percaya diri saat wawancara. (Special)

Ladiestory.id - Mencari pekerjaan bukanlah satu hal yang mudah dan jika kamu sudah sampai pada tahap wawancara pun belum tentu apakah kamu akan lolos. Biasanya, tahap wawancara ini adalah tahap yang cukup menegangkan karena menjadi proses yang menentukan dirimu untuk lolos atau tidak.

Maka dari itu, ketika kamu sudah mencapai pada tahap wawancara, sebaiknya kamu benar-benar memberikan jawaban terbaik dan siapkan segala macam persiapan dengan maksimal. Perlu kamu ketahui, bahwa penampilan ternyata menjadi satu hal yang cukup penting, lho!

Pihak perusahaan yang akan mewawancarai kamu pasti akan melihat dan juga menilai penampilan kamu saat berhadapan dengannya ketika wawancara. Apakah pakaian yang kamu gunakan saat wawancara tepat atau tidak, selain itu pakaian juga menjadi kesan pertama saat kamu bertemu dengan orang lain.

Nah, dengan demikian, maka sangat disarankan agar kamu benar-benar memperhatikan penampilan dan memilih pakaian yang sesuai saat akan wawancara. Tujuannya adalah, selain memberikan kesan pertama yang baik pada pihak perusahaan, kamu juga pasti akan percaya diri dengan penampilan yang mendukung. Sehingga, wawancara akan berjalan dengan lancar. Ini dia tips pakaian yang bikin kamu percaya diri saat akan wawancara kerja.

Pakai Kemeja yang Rapi dan Sopan

Tips pakaian bikin percaya diri saat wawancara. (Ladiestory.id)

Kemeja biasa menjadi andalan saat akan wawancara kerja, karena kesannya yang formal dan juga rapi serta sopan. Nah, kamu bisa memilih kemeja yang saat ini sudah banyak ragam pilihannya. Kamu bisa memilih untuk pakai kemeja dengan bahan yang nyaman seperti, katun atau sifon.

Kancing atas pada kemeja bisa kamu buka satu agar memperlihatkan kesan yang tidak terlalu kaku, tetap sederhana dan juga formal. Wajib dihindari untuk menggunakan kemeja dengan bahan yang transparan dan juga ketat! Pakailah kemeja yang nyaman dan dijamin pasti bikin kamu makin percaya diri.

Bisa Gunakan Blazer yang Sederhana

Tips pakaian bikin percaya diri saat wawancara. (Special)

Menggunakan blazer bisa menambah rasa percaya diri kamu, lho! Blazer bisa digunakan sebagai pelengkap pakaian kamu. Menggunakan blazer juga memberikan kesan yang memperlihatkan kamu sebagai sosok yang profesional.

Tapi, kamu perlu memperhatikan model blazer yang akan kamu gunakan. Alangkah lebih baik jika kamu hindari blazer dengan motif dan pilihlah blazer dengan warna yang netral saja agar lebih aman.

Jangan Gunakan Baju dengan Motif yang Ramai

Tips pakaian bikin percaya diri saat wawancara. (Instagram/mamamoo_official)

Perlu kamu perhatikan dan hindari menggunakan baju dengan motif yang terlalu ramai. Hal tersebut bisa menghilangkan kesan formal saat akan wawancara. Cukup dengan menggunakan kemeja yang sederhana tapi tetap rapi. Jika kamu tetap ingin gunakan pakaian yang bermotif, kamu bisa gunakan kemeja motif garis atau batik yang sederhana.

Hindari Pakaian dengan Warna Terlalu Cerah

Tips pakaian bikin percaya diri saat wawancara. (Special)

Meskipun tidak ada yang salah dari pakaian dengan warna cerah, tapi sebaiknya jika ada wawancara, kamu harus hindari menggunakan pakaian dengan warna yang terlalu cerah. Kamu bisa saja terlihat jadi kurang profesional dengan warna yang terlalu cerah pada pakaian yang kamu gunakan. Maka dari itu, alangkah lebih baik jika gunakanlah warna yang netral pada pakaian saat akan wawancara.

Pilih Sepatu yang Cocok

Tips pakaian bikin percaya diri saat wawancara. (Special)

Jangan lupa bahwa sepatu termasuk bagian penunjang dari pakaian kamu, lho! Maka, kamu juga harus memperhatikan sepatu apa yang cocok saat akan wawancara kerja.

Alangkah lebih baik jika kamu menggunakan sepatu yang menutupi dan terkesan formal, dan hindari menggunakan sepatu yang biasa kamu gunakan untuk pergi santai atau bahkan sepatu saat kamu akan olahraga. Jadi, biar kamu makin percaya diri saat wawancara pakailah sepatu yang cocok dan tetap ada kesan formalnya.

 

s