Dapat Undangan Wawancara Kerja? Ini 6 Tips Supaya Wawancara Lancar

Rabu, 10 November 2021 | 09:22:00

Juni Dani, S.H., CBC, LCPC

Juni Dani, S.H., CBC, LCPC

Career Stylist & Character Coach

Founder of jdnext.id

Dapat Undangan Wawancara Kerja? Ini 6 Tips Supaya Wawancara Lancar

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan, mendapat undangan wawancara artinya kamu berkesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu lamar. Untuk itu, kamu perlu mempersiapkan sebaik mungkin agar wawancara lancar dan bisa lolos ke tahap selanjutnya.

Tips Persiapan Wawancara agar Berjalan Lancar

Persiapan wawancara juga berguna untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satu persiapan yang harus dilakukan adalah dengan melakukan riset perusahaan yang kamu lamar. Lebih lengkapnya, simak enam tips agar wawancara berjalan lancar berikut.

1. Riset

Foto: Ladiestory.id

Sama halnya seperti kamu melamar seseorang, melamar ke suatu perusahaan juga butuh melakukan riset dan audit terlebih dahulu. Pertama, carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan yang mau kamu lamar.

Kamu harus tahu produk atau jasa apa yang perusahaan tersebut tawarkan. Cari tahu juga alasan kenapa kamu ingin bekerja di sana.

Yang tidak kalah penting adalah mencari tahu tentang orang-orang penting dibalik perusahaan. Jika memungkinkan, cari tahu siapa pemiliknya, direktur, pemegang saham, atau manajemennya. Kamu juga bisa mencari tahu tentang HRD atau user yang akan mewawancaraimu.

Lokasi wawancara juga bisa saja berbeda dengan alamat perusahaan, jadi kamu juga harus memastikan di mana wawancara akan dilangsungkan. Jika tidak tertulis dengan jelas di undangan wawancara, jangan ragu untuk bertanya, ya.

2. Tiba Lebih Awal

Mengetahui lokasi wawancara berguna untuk mengecek jarak tempuh dan moda transportasi apa yang akan digunakan. Jangan sampai, saat hari H tiba, kamu tersesat dan terburu-buru menuju lokasi wawancara dengan penampilan acak-acakan. 

Perlu diketahui, jika kamu harus menghadiri wawancara di kawasan gedung perkantoran, kamu mungkin membutuhkan waktu untuk menukar kartu identitas dengan akses masuk ke dalam gedung. Belum lagi jika lokasi kantornya di gedung bertingkat, kamu juga harus menunggu antrean lift. 

3. Penampilan Rapi

wawancara kerja
Foto: Ladiestory.id

Dengan tiba di tempat wawancara lebih awal, kamu punya waktu yang cukup mengecek kembali penampilanmu. Pastikan rambut disisir rapi, bedak tidak luntur, tidak ada sisa makanan di gigi, tidak bau mulut, tidak bau badan, apalagi tragedi ketiak basah!

4. Baca Kembali CV yang Dikirim

Jangan lupa untuk membaca kembali CV yang sudah kamu kirimkan sebelum wawancara dimulai. Biasanya, pertanyaan wawancara masih berkaitan dengan apa saja yang kamu tulis dalam CV. Jangan sampai kamu lupa apa yang kamu tulis dalam CV-mu sendiri.

Akan lebih baik lagi, jika kamu juga mempersiapkan credential terkait kompetensimu. Misalnya, artikel yang pernah kamu tulis, desain yang pernah kamu buat, atau bahkan kamu juga dapat menyiapkan presentasi terkait kontribusi yang dapat kamu berikan kepada perusahaan.

5. Etika dan Sopan Santun

Foto: Ladiestory.id

Tips yang kelima ini memang terdengar klise, tapi terkadang etika dan sopan santun seseorang dapat terbaca bahkan sebelum bertemu langsung dengan orangnya. 

Ada beberapa contoh etika yang dapat kamu terapkan saat wawancara, seperti menginformasikan pada recruiter jika berhalangan hadir atau jika datang terlambat.

Saat mengucapkan salam, pastikan posisi tubuh dalam keadaan berdiri tegak. Mematikan suara HP dan tidak mengeluarkan HP sama sekali selama wawancara berlangsung.

6. Mengirimkan Ucapan Terima Kasih

Saat melakukan wawancara, mungkin kamu terlalu gugup sehingga tidak dapat memberikan jawaban terbaikmu. Namun, ada satu hal kecil yang akan membuatmu berbeda dari yang lain sekaligus memberikan nilai lebih.

Caranya adalah dengan mengirimkan ucapan terima kasih di hari yang sama setelah wawancara dilakukan. Mengirimkan email atau ucapan terima kasih menunjukkan bahwa kamu memiliki etika dan kepribadian yang unggul.

Wawancara menjadi salah satu tahap yang perlu dilewati sebelum mendapatkan pekerjaan yang kamu lamar. Tips di atas dapat kamu terapkan saat mendapat undangan wawancara kerja. Kamu bisa gunakan tips yang terakhir sebagai salah satu jurus jitu jika wawancaramu kurang lancar.

Kamu sudah mempersiapkan apa saja untuk wawancara kerjamu? Semoga berhasil!

 

Juni Dani (@jdnext)

Penulis adalah seorang Character Behavior Consultant dan Professional Coach yang sekarang menjalani kariernya sebagai Career Stylist.

 

Juni Dani dapat dihubungi melalui:

Instagram: @jdnext

Email: [email protected]

Website: www.jdnext.id