Wajib Tahu, Ini 6 Penyakit yang Bisa Menular Melalui Ciuman

Kamis, 6 Juli 2023 | 19:40:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Wajib Tahu, Ini 6 Penyakit Yang Bisa Menular Melalui Ciuman

Ilustrasi berciuman. (Special)

Ladiestory.id - Ladies, tanggal 6 Juli diperingati sebagai International Kissing Day atau hari ciuman internasional. Yup, ciuman diidentikan sebagai bentuk ungkapan kasih sayang ataupun sebagai tanda romantis yang diberikan dari orang tersayang.

Ciuman ini dapat diekspresikan dengan makna yang berbeda-beda, selain itu ciuman dapat memberikan dampak psikologis maupun bentuk emosional yang mendalam untuk ikatan kekeluargaan, persahabatan, bentuk kasih sayang serta adanya rasa aman dan nyaman. Namun, yang perlu kamu ketahui dibalik sifatnya yang dikenal romantis ini, ternyata ciuman bisa menularkan penyakit, lho.

Berikut ini enam penyakit yang bisa menular melalui ciuman seperti yang telah Ladiestory.id rangkum berikut ini.

Inspeksi Saluran Pernapasan (ISPA)

Ilustrasi sesak napas. (Special)

 

Ladies, berciuman dalam kondisi tubuh yang tidak fit dapat menularkan penyakit salah satunya yang dapat menular dengan cepat ialah gejala infeksi saluran pernapasan (ISPA). Kamu bisa terserang penyakit flu dan pilek akibat virus yang menyebar melalui udara ataupun adanya kontak langsung dari air liur seseorang yang mengidap penyakit tersebut.

Mononukleosis

Sakit Tenggorokan (Special)

 

Gejala penyakit ini disebabkan oleh virus Epstein barr yang dapat menyebar melalui air liur maupun kontak langsung dengan penderita melalui ciuman. Dilansir dari Healthline, gejala ini dapat diketahui dengan rasa lelah yang luar biasa, sakit tenggorokan hingga pembengkakan kelenjar getah bening. Apabila kamu mengalami gejala ini sebaiknya segera beristirahat dan perbanyak minum air putih.

Gingivitis

Ilustrasi gingivitis. (Special)

 

Ladies, gejala radang gusi atau dikenal dengan istilah gingivitis juga merupakan salah satu penyakit yang dapat menular melalui ciuman, lho. Nah, penyakit ini dapat disebabkan oleh bakteri dan virus yang bersarang diarea mulut, oleh sebab itu kamu pun harus menjaga kebersihan mulut maupun gigimu. Salah satu tanda dari gejala penyakit ini adalah gusi yang memerah dan membengkak.

Herpes

Ilustrasi Herpes. (Special)

 

Dilansir dari World Health Organization (WHO) dua per tiga manusia di dunia memiliki herpes simplex 1 (HSV-1) atau yang dikenal sebagai herpes oral atau mulut.

Gejala HSV-1 dapat menciptakan luka dingin di bagian dalam sekitar mulut,  apabila kamu mengalami herpes simplex 1 yakni munculnya bagian luka pada area mulut, hal ini tidak menutup kemungkinan akan menularkan penyakir tersebut kepada orang lain. Ladies, jika kamu mengalami gejala ini maka kamu dapat segera berkonsultasi ke dokter untuk menyembuhkan penyebaran virus gejala penyakit tersebut.

Sifilis

Ilustrasi Sifilis Primer. (Special)

 

Gejala penyebaran penyakit sifilis dapat melalui seks oral, anal, maupun vagina. Namun, bukan menutup kemungkinan jika gejala penyakit sifilis dapat pula menyebar melalui ciuman. Apabila kamu memiliki gejala seperti penyakit sifilis, maka segeralah untuk berobat ke dokter untuk mendapatkan antibiotik agar virus tersebut tidak menyebar lebih luas.

Hepatitis B

Ilustrasi konsultasi dengan dokter. (Special)

 

Umumnya gejala penyakit hepatitis B dapat ditularkan melalui darah, namun tidak menutup kemungkinan pula gejala penyakit ini dapat disebarkan pula melalui air mani maupun air liur.

Saat kamu dan pasangan melakukan hubungan intim, maka tidak dapat dipungkiri jika virus tersebut dapat menyebar dan menginfeksi selaput lendir ataupun pembuluh darah. Selain itu, hepatitis B ini pun dapat disebarkan melalui ciuman.  Nah, maka kamu pun dapat berhati-hati, Ladies lewat ciuman pun kamu dapat terinfeksi gejala penyakit ini.

Nah, Ladies itulah ke enam penyakit yang dapat ditularkan melalui ciuman. Perhatikan dan jaga kesehatanmu dan hindari kontak fisik pada seseorang yang terinfeksi penyakit seperti diatas, semoga informasi ini dapat bermanfaat.