Wajib Tahu! Ini Fungsi Panty Liner untuk Wanita

Kamis, 4 Agustus 2022 | 09:00:00

Wajib Tahu! Ini Fungsi Panty Liner Untuk Wanita

Ilustrasi panty liner untuk wanita. (Special)

Ladiestory.id - Panty liner merupakan produk kewanitaan yang bentuknya seperti pembalut pada umumnya. Hanya saja, yang membedakan antara panty liner dengan pembalut pada umumnya adalah dari ukuran yang cenderung lebih kecil.

Panty liner biasanya digunaan saat masa periode di antara dua jadwal menstruasi atau sebelum dan sesudah mentruasi. Banyak wanita yang menggunakannya saat aktif bekerja.

Pembalut tipis ini sebagai penampung cairan sisa yang cenderung tidak banyak. Jadi, saat sebelum atau sesudah periode menstruasi, para wanita bisa menggunakannya agar tidak membekas atau menodai pakaian dalam.

Berikut fungsi panty liner yang wajib para wanita ketahui!

Jaga Area Kewanitaan

Ilustrasi menjaga area kewanitaan. (Special)

Sama halnya dengan pembalut biasa, panty liner dapat menjaga kebersihan pada area kewanitaan. Saat kamu sedang menjalani aktivitas yang padat, seringkali mengalami lembap di area kewanitaan.

Kamu bisa gunakan panty liner karena ukuran lebih kecil dan membuat kamu lebih nyaman dibandingkan pembalut biasa saat mentruasi.

Meskipun nyaman, penggunaan panty liner tidak boleh digunakan setiap hari. Jika digunakan setiap hari akan menyebabkan iritasi pada area kewanitaan.

Selain itu, biasanya panty liner yang dijual di pasaran tidak terbuat dari 100 persen katun yang lembut dan aman untuk kulit. Oleh karena itu, gunakan panty liner seperlunya saja dan rutin diganti seperti saat menggunakan pembalut biasanya.

Cegah Bakteri dan Bau

Ilustrasi panty liner untuk wanita. (Special)

Saat kamu melakukan aktivitas yang padat, tubuh akan mengeluarkan keringat yang berlebih. Termasuk keringat yang terjadi di area kewanitaan. Keringat inilah yang menjadi awal adanya bakteri yang jika dibiarkan akan berbau.

Gunakan panty liner untuk mencegah bakteri dan bau yang terjadi pada area kewanitaan. Perlu diperhatikan untuk gunakan panty liner maksimal satu hari penuh, tidak boleh lebih dari itu.

Karena penggunaan jangka waktu lama akan menyebabkan iritasi dan kemerahan. Rutin mengganti panty liner agar area kewanitaan tetap sehat dan bersih.

Perlu diketahui, pemakaian panty liner tidak dianjurkan untuk pemakaian setiap hari karena dapat membuat area vagina makin lembab. Sehingga kamu bisa menggunakannya saat kondisi-kondisi tertentu saja.

Dapat Menyerap Keputihan

Ilustrasi panty liner untuk wanita. (Special)

Saat berpergian jauh, kamu bisa gunakan panty liner untuk mencegah area kewanitaan agar tidak lembab dan keputihan. Penggunaan panty liner yang tepat dapat membuat miss V tetap sehat dan bersih.

Ada banyak jenis panty liner yang dijual di pasaran, tetapi pilihlah produk yang bentuknya super tipis dan bebas parfum.

Cegah Bocor saat Haid

Ilustrasi panty liner untuk wanita. (Special)

Fungsi sebenarnya dari panty liner yaitu digunakan saat sebelum dan sesudah periode mentruasi. Jika sudah mendekati jadwal siklus mentruasi, kamu bisa menggunakannya untuk mencegah kebocoran saat haid yang terkadang tidak bisa diprediksi. Jika memang sudah keluar, kamu bisa ganti dengan pembalut biasa yang dapat menyerap dengan banyak saat menstruasi.

Begitu juga saat periode menstruasi berakhir, kamu bisa mengunakan panty liner jika sewaktu-waktu darah mentruasi masih keluar agar tidak membekas atau meninggalkan noda di celana dalam.

Bantu Jaga Kesegaran Area Kewanitaan

Ilustrasi area kewanitaan terjaga kesegarannya. (Special)

Kegunaan yang terakhir dari panty liner adalah menjaga kelembapan area kewanitaan sehingga miss V terasa segar dan kering sepanjang hari. Selain itu, juga menjaga agar area kewanitaan terhindar dari basah dan lembab saat beraktivitas.

s