Ingin Mengecilkan Paha? Lakukan 6 Workout Ampuh Ini!

Senin, 27 Desember 2021 | 15:30:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Ingin Mengecilkan Paha? Lakukan 6 Workout Ampuh Ini!

Ilustrasi cara mengecilkan paha (special)

Ladiestory.id - Mempunyai bentuk tubuh yang ideal merupakan impian semua perempuan. Namun sayangnya, tidak semua perempuan bisa memiliki bentuk tubuh ideal. Minimnya waktu olahraga serta pola makan yang kurang sehat mengakibatkan menimbunnya lemak di tubuh, salah satunya di bagian paha.

Macam Workout Mengecilkan Paha

Salah satu penyebab paha memiliki ukuran yang besar karena adanya timbunan lemak yang sulit sekali dihilangkan. Sebagian perempuan yang mempunyai paha besar akan merasa minder dan kehilangan rasa percaya diri. Namun, Kamu tidak perlu khawatir dengan rajin berolahraga akan membatu untuk mengurangi tumpukan lemak di paha.

Berikut Ladiestory.id merangkum beberapa jenis workout untuk mengecilkan paha yang bisa kamu sehari-hari.

1. Naik Turun Tangga

naik turun tangga
Ilustrasi naik turun tangga. (Special)

Cara workout yang sangat simpel dan mudah dilakukan salah satunya adalah naik turun tangga. Naik turun tangga dapat membatu Kamu mengencangkan otot di area kaki serta mengecilkan paha. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksila dibutuhkan konsistensi dalam melakukannya.

2. Bersepeda

perempuan bersepeda
Ilustrasi perempuan bersepeda. (Special)

Cara lain untuk mengecilkan paha adalah dengan bersepeda. Gerakan mengayuh ketika bersepeda akan membakar lemak di bagian paha depan dan belakang. Tak hanya itu dengan bersepeda otot paha Kamu akan mengencang dan terlihat lebih ramping.

Kamu bisa bersepeda di pagi dan sore hari sambil menikmati udara luar, atau Kamu juga bisa bersepeda di dalam ruangan menggunakan sepeda statis sambil mendengarkan musik. Hal ini tentunya akan membuatmu lebih nyaman dalam melakukan workout. Jangan lupa, lakukan secara rutin, ya!

3. Lompat Tali

lompat tali
Ilustrasi gerakan perempuan lombat tali. (Special)

Gerakan lompat tali ternyata bisa juga untuk membantu mengencangkan otot paha dan betis, lho. Sebagai permulaan lakukan gerakan lompat tali selama 15 menit, jika sudah terbiasa tingkatkan menjadi 30 menit setiap hari. Jika dilakukan secara rutin, lemak di paha akan berkurang dan paha pun akan mengecil.

4. Squat

squat
Ilustrasi gerakan squat (special)

Workout selanjutnya yang bisa membantu mengecilkan paha adalah squat. Tidak hanya mengecilkan paha gerakan squat juga terbukti ampuh untuk melatih otot bagian bawah dan mengecilkan betis. Cara melakukan squat yang benar adalah berdiri tegak dengan posisi kaki terbuka selebar bahu, kedua tangan lurus ke depan.

Kemudian turunkan pantat hingga mendekati lantai, tahan posisi ini selama 30 detik, lalu kembali ke posisi semula ulangi hingga 16 kali. Kamu bisa menggunakan tembok sebagai tumpuan punggungmu agar tetap bisa tegak lurus. Lakukan squat secara teratur setiap hari.

5. Lunges

lunges
Ilustrasi gerakan lunges (special)

Salah satu workout lainnya yang bisa Kamu lakukan adalah lunges. Gerakan lunges tidak hanya membantu mengecilkan paha, namun bisa mengencangkan area bokong serta perut.

Cara melakukan gerakan lunges adalah dengan berdiri tegak, kemudian satu kaki melangkah ke depan dan tekuk serendah mungkin, kembali ke posisi semula. Lakukan hal yang sama pada kaki sebelah. Sebagai pemanasan di awal Kamu bisa mencoba melakukannya delapan kali.

6. Leg lift

Leg lift
Ilustrasi gerakan Leg Lift (special)

Gerakan workout terakhir yang bisa Kamu lakukan adalah leg lift. Melakukan leg lift sangat mudah, Kamu hanya perlu berbaring di kasur atau matras dengan tangan berada di samping, bawah kepala. Rapatkan kedua kakimu, angkat kira-kira 45 derajat , tahan kurang lebih 20 detik, dan kembalikan ke posisi semula. Ulangi beberapa kali.