5 Buah Ini Dianjurkan Untuk Melancarkan Haid Yang Terlambat

Friday, 16 Jul | 11:49:03

LS Health

Penulis : LS Health

5 Buah Ini Dianjurkan Untuk Melancarkan Haid Yang Terlambat

Foto: Ladiestory.id

Menstruasi atau haid adalah momen yang akan terjadi pada setiap wanita di usia tertentu.

Banyak hal mengenai seputar mensruasi ini. Seperti nyeri di bagian bawah perut, haid yang terlambat, maupun hal-hal lainnya, yang akan kita bahas kali ini seperti cara mengatasi haid yang tidak lancar.

Berbicara mengenai tidak lancarnya haid seorang perempuan dapat diakibatkan oleh banyak faktor, layaknya faktor hormon, pola hidup yang tidak sehat, dan faktor lainnya.

Selain itu, dari persoalan haid yang terlambat, terdapat persoalan masalah haid yang lain. Seperti sebab terlalu cepat datang bulan, lamanya datang bulan, haid yang tersumbat, dan keluarnya darah haid yang sedikit.

Hal ini bukan hanya menjadikan badan terasa tidak nyaman, bisa merubah mood seorang perempuan menjadi tidak bagus, dan di tambah dengan nyeri haid, tentunya menjadi hal yang sangat menjengkelkan sekali bukan?

Siklus menstruasi dihitung pada hari pertama menstruasi ke hari pertama menstruasi berikutnya. Bagi yang normal, siklus ini berlangsung selama 28 hari.

Namun, untuk Anda yang siklusnya tidak teratur, siklus ini dapat berlangsung kurang dari 21 hari maupun lebih dari 35 hari.

Ada banyak sekali penyebab haid yang tidak lancar. Seperti ketidakseimbangan hormon, perubahan hormon, penggunaan alat kontrol kehamilan yang tidak cocok, gaya hidup tidak sehat, maupun hal-hal lainnya.

Ada beberapa cara dalam mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur. Salah satunya adalah buah pelancar haid. Apa saja?

1. Pepaya

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Pertama, terdapat buah pelancar haid yang berupa pepaya. Dilain sisi melancarkan pencernaan, ternyata pepaya juga dapat dibuat menjadi bahan makanan untuk melancarkan haid. Namun, pepaya yang dibutuhkan mesti yang mentah ya.

Memakan pepaya mentah dapat membantu kontraksi serat otot dalam rahim, sehingga mengatur aliran menstruasi.

Pepaya hijau mesti dikonsumsi dengan teratur selama beberapa bulan guna memastikan siklus menstruasi Anda jadi teratur tiap bulannya.

Namun, ketika telah menstruasi nanti, disarankan untuk tidak mengonsumsi pepaya.

2. Anggur

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Buah pelancar haid berikutnya ada anggur. Anggur memiliki kandungan sumber vitamin A, vitamin C, sumber tembaga, potasium, dan serat.

Kandungan-kandungan inilah yang bisa dipercaya menjadi solusi efektif guna melancarkan haid Anda.

Guna melancarkan haid, minum segelas jus anggur selama tiga minggu sebelum masa menstruasi dimulai.

3. Mangga

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Layaknya anggur dan pepaya, mangga juga menjadi salah satu buah yang bisa melancarkan haid, sebab banyak mengandung vitamin C.

Oleh karena itu, mengonsumsi buah mangga bisa meningkatkan kadar estrogen dan mengurangi progesteron, yang mendorong kontraksi di rahim.

4. Nanas

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Buah pelancar haid yang keempat adalah nanas. Nanas memiliki kandungan bromelain, yaitu enzim yang dipercaya dapat memengaruhi estrogen dan hormon lainnya, juga dapat menghilangkan kram dan sakit kepala selama menstruasi.

Sebuah penelitian pada tahun 2017 dari Section of Orthopaedics, Department of Surgery, Aga Khan University, Karachi, Pakistan menjelaskan jika bromelain dapat membantu mengurangi peradangan, sehingga dapat membantu penyebab menstruasi tidak teratur yang berhubungan dengan peradangan dalam tubuh.

5. Jeruk

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Walaupun belum terdapat bukti ilmiah yang mendukung hal ini, namun beberapa orang percaya jika vitamin C pada jeruk disebut asam askorbat yang dapat menginduksi datangnya haid.

Diperkirakan juga jika vitamin C dapat meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesteron yang menyebabkan rahim berkontraksi dan lapisan rahim runtuh, sampai akhirnya timbul menstruasi.

Anda tidak perlu khawatir lagi apabila siklus menstruasi Anda berjalan secara tidak teratur, seperti terlambat. Anda dapat mengatasinya dengan mengonsumsi buah buahan di atas.

Berita Terkait