5 Jenis Olahraga Pagi yang Cocok Dilakukan Selama Ramadan

Sabtu, 1 April 2023 | 00:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Jenis Olahraga Pagi Yang Cocok Dilakukan Selama Ramadan

Ilustrasi olahraga. (Special)

Ladiestory.id - Olahraga pagi seringkali dianggap sebagai kegiatan yang melelahkan. Apalagi jika dilakukannya saat bulan Ramadan. Banyak yang mengabaikan olahraga pagi karena anggapan aktivitas fisik ini dapat menimbulkan rasa lapar dan haus.

Padahal, olahraga pagi memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Beberapa diantaranya seperti melancarkan metabolisme tubuh hingga membuat tubuh menjadi lebih berenergi seharian. Nah, bagi kamu yang tertarik mencoba olahraga pagi selama Ramadan.

Berikut Ladiestory.id rangkum lima jenis olahraga terbaik spesial untuk kamu.

Jalan Santai atau Jogging

Ilustrasi olahraga. (popsugar.com)

 

Jenis olahraga pagi yang cocok dilakukan selama Ramadan ada posisi pertama adalah jalan santai atau jogging. Olahraga ini termasuk dalam kegiatan fisik yang ringan namun memberikan manfaat yang luar biasa.

Olahraga satu ini jika dilakukan secara rutin dapat membantu memperkuat tubuh, meningkatkan kemampuan metabolisme tubuh hingga merangsang terjadinya proses pembakaran lemak. Selain itu, dengan jogging juga dapat meningkatkan mod menjadi lebih baik. Kamu pun jadi siap menghadapi seluruh aktivitas seharian.

Crunch

Ilustrasi crunch. (Special)

 

Bagi kamu yang ingin memperkuat otot perut selama Ramadan. Kamu dapat melakukan crunch sebagai salah satu jenis olahraga pagi hari. Bahkan, olahraga satu ini juga dapat merangsang terjadinya pembakaran kalori. 

Cara melakukannya juga sangat mudah. Pertama, baringan tubuh di lantai atau matras. Kemudian, tekuk lutut mu dan jaga posisi kaki tetap rata dengan lantai dan selebar pinggulmu. Selanjutnya, letakkan kedua tangan dibelakang kepala dan angkat bau dari lantai secara perlahan. Terkait, turunkan diri kembali ke posisi awal secara hati-hati.Kamu dapat melakukan olahraga ini sekuat yang dapat kamu lakukan.

Plank

Ilustrasi side plank. (Special)

 

Jenis olahraga pagi ini sangat bagus untuk diajukan. Terutama bagi kamu yang ingin memperbaiki postur tubuh, memperkuat otot perut hingga menjaga kesehatan tulang belakang.

Cara melakukan plank juga terhitung mudah. Pertama, berlututlah di atas matras. Selanjutnya luruskan kakimu ke belakang satu persatu hingga membentuk posisi plank yang sempurna. Kemudian, pastikan tanganmu terletak di bawah bahu. Lalu, ibatkan otot perut dan tahan selama satu hari. Terlahir, kembali lagi ke posisi mu yang semula.

Lakukan plank sebanyak 10-20 kali dalam satu sesi dan praktekan secara rutin. Sehingga, kamu dapat merasakan hasil yang maksimal.

Squat

Ilustrasi squat. (Special)

 

Sebagian dari kamu mungkin sudah tak asing dengan olahraga squat. Jenis olahraga pagi satu ini sangat mudah dilakukan pria maupun wanita dan tidak memerlukan alat khusus. Bahkan, kamu juga dapat melakukan olahraga ini dalam waktu yang singkat.

Kamu juga dapat menerapkan tips squat yang baik seperti memposisikan kedua kaki sedikit lebih lebar dari bahu. Kemudian, angkat kedua tanganmu lurus ke depan. Selanjutnya, mulailah dalam posisi jongkok dengan cara menekuk lutut dan medoro bokong ke arh luar. Terakhir, angkat tubuh anda dengan tumit ke posisi awal. Jangan lupa ulangi lagi sesuai kemampuan dirimu.

Adapun manfaat squat yaitu untuk mencegah cedera lutut atau pergelangan kaki hingga meningkatkan mobilitas dan pergerakan tubuh menjadi lebih gesit.

Push Up

Ilustrasi Olahraga Push Up. (Special)

 

Jenis olahraga pagi yang cocok dilakukan pada bulan Ramadan urutan terakhir adalah push up. Tentunya, kamu sudah mengenal olahraga satu ini. Push-up memiliki banyak manfaat seperti mampu membentuk otot dada hingga menguatkan trisep serta otot bahu.

Bagi kamu yang ingin mencobanya, pertama kau perlu memposisikan kedua tangan dan kaki di permukaan. Kemudian, letakkan kedua tangan sedikit lebih lebar dari bahu. Ketika, meluruskan kedua tangan dan kaki. Selanjutnya, turunkan tubuh sampai dada hampir menyentuh permukaan.

Kemudian, beri jeda sebentar dan kembalikan diri kembali ke posisi semula. Terakhir, ulangi lagi gerakan tersebut sekuat yang kamu bisa.