5 Manfaat Kayu Manis Tuk Kesehatan

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 22:30:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

5 Manfaat Kayu Manis Tuk Kesehatan

Kayu Manis (Special)

Ladiestory.id - Salah satu rempah Indonesia yang terkenal adalah kayu manis. Rempah yang biasa dipakai untuk masakan ini juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan loh.

Maka dari itu, beberapa minuman herbal seperti bir pletok khas betawi mencampur kayu manis untuk olahannya. Lalu, apa saja manfaat yang didapat dari kayu manis untuk kesehatan? Yuk simak ulasannya dibawah ini.

Redakan Nyeri Haid

Ilustrasi wanita sedang nyeri haid. (Special)

Ladies, Jika setiap datang bulan kamu mengalami nyeri haid. Kayu manis bisa menjadi pilihan untuk pertolongan pertama loh. Dilansir dari National Library of Medicine, terdapat sebuah penelitian dalam jurnal The Effect of Cinnamon on Primary Dysmenorrhea: A Randomized, Double Blind Clinical Trial menyatakan, bahwa mengonsumsi 3 gram selama 3 hari dapat meringankan nyeri haid. Kamu bisa merebus kayu manis untuk minumanmu dan meminumnya rutin selama tiga hari.

Atasi Jerawat

Ilustrasi perempuan memiliki jerawat di wajah. (Special)

Wanita tidak pernah lepas dengan kata 'jerawat'. Ya, ketika jerawat muncul, kamu pasti mencari skin care yang cocok untuk atasi jerawat diwajah. Padahal kamu hanya perlu ke dapur dan  merebus kayu manis untuk diminum setiap malam loh.

Penelitian dari tabung reaksi menunjukkan bahwa air rebusan kayu manis dan cengkeh dapat melawan bakteri penyebab jerawat.

Melawan HIV

Ilustrasi HIV. (Special)

HIV adalah virus yang secara perlahan merusak sistem kekebalan tubuh. Sebuah penelitian laboraturium menemukan bahwa manfaat kayu manis bisa dijadikan untuk pengobatan HIV. Kandungan didalamnya dapat melawan virus HIV 1, jenis virus HIV yang paling umum pada manusia.

Atasi  Masalah Bau Mulut dan Gigi

Ilustrasi (Special)

Bakteri yang terdapat dalam mulut dapat menyebabkan bau tak sedap. Kandungan yang terdapat pada kayu manis bisa menghambat pertumbuhan bakteri tertentu. Termasuk Listeria dan Salmonella. Efek antimikroba dari manfaat kayu manis dapat cegah kerusakan gigi dan mengurangi bau mulut. Selain itu, salah satu senyawa aktif yaitu Cinnamaldehyde terbukti mengobati infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh jamur.

Atasi Alzheimer

Ilustrasi Alzheimer (Special)

Penyakit Alzheimer ternyata dapat diatasi dengan mengonsumsi kayu manis. Karena kandungan dalam kayu manis dapat menghambat penumpukan protein yang menyumbat dalam otak. Jika penyumbatan terjadi, kamu harus waspada karena itu adalah salah satu ciri penyakit Alzheimer loh.

s