5 Tips Jaga Kesehatan Selama Cuaca Ekstrem, Biar Tubuh Selalu Fit!

Minggu, 9 Oktober 2022 | 14:30:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Tips Jaga Kesehatan Selama Cuaca Ekstrem, Biar Tubuh Selalu Fit!

Cuaca ekstrem. (Special)

Ladiestory.id - Bulan Oktober tengah berlangsung. Masa ini sangat lekat dengan musim penghujan. Hal tersebutlah yang kini tengah melanda beberapa wilayah di Indonesia. Tak jarang, cuaca berubah menjadi tak menentu. Pada siang hari akan terasa panas menyengat dan tiba-tiba malam hari berubah menjadi hujan deras. Memasuki cuaca semacam ini perlu bagi kamu untuk mempersiapkan diri dan menjaga kesehatan. Sebab, musim penghujan maupun cuaca ekstrem akan sangat rentan bagi imunitas tubuh.

Berikut, 5 tips yang bisa kamu terapkan untuk menjaga kesehatan selama cuaca ekstrem supaya selalu fit.


Jangan Lupakan Protein

Ilustrasi makanan mengandung protein. (Special)

 

Meski terlihat sepele, nyatanya mengonsumsi protein merupakan salah satu kandungan yang penting bagi tubuh. Beberapa bahan makanan yang kaya akan kandungan protein, yaitu telur dan daging. Protein sendiri memiliki manfaat untuk memperkuat dan memperbaiki sistem kekebalan dalam tubuhmu. Selain itu, susu juga mengandung protein yang dapat membantumu dalam menjaga imunitas. Cobalah memulai membiasakan sarapan dengan menyelipkan kandungan protein dalam sepiring makan pagimu. Sehingga, tubuh akan selalu terjaga meski harus beraktivitas di tengah cuaca ekstrem. 

Perbanyak Mengkonsumsi Buah serta Sayuran

Ilustrasi makan buah setiap hari. ( instagram.com/alekm_fitnes )

 

Selama cuaca ekstrem melanda, imunitas tubuhmu akan mengalami berbagai serangan. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk melengkapi kebutuhan vitamin dari berbagai makanan yang kamu konsumsi. Bagi kamu yang masih memilih untuk menyantap junk food, mulailah untuk menguranginya. Gantilah asupanmu selama cuaca ekstrem dengan buah dan sayuran. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat meningkatkan kualitas kekebalan tubuh. Sehingga, tubuh terhindar dari berbagai paparan virus maupun bakteri. Selain itu, vitamin lain yang terkandung dalam buah dan sayuran dapat membantumu untuk menjaga kesehatan tubuh.

Buat Jadwal Olahraga Harian

Ilustrasi Olahraga. (Special)

 

Melakukan olahraga tidak hanya berkaitan dengan berlari, bermain bola atau jogging santai di taman. Selama cuaca ekstrem, kamu tetap perlu menerapkan olahraga. Mulailah membuat jadwal olahraga harian, seperti melakukan pemanasan, senam, zumba atau yoga. Selain tidak memerlukan lahan yang luas, kamu tetap dapat aktif berolahraga selama di rumah. Ketika kamu rutin melakukan olahraga, maka akan membantu tubuhmu menjadi lebih sehat dan memiliki kekebalan tubuh yang kuat. Selain itu, tubuh tidak akan mudah terserang penyakit ringan, seperti batuk, pilek hingga demam. Kamu bisa meluangkan waktu 20 hingga 30 menit untuk berolahraga setiap harinya.

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang Dibutuhkan Tubuh. (Special)

 

Selain mengonsumsi makanan bergizi dan melakukan rutinitas olahraga, kamu juga perlu memperhatikan waktu istirahat yang cukup. Cuaca ekstrem tentu akan sangat banyak menguras energimu dalam satu hari. Oleh karena itu, tubuhmu memerlukan istirahat yang cukup dan berkualitas. Sebab, dengan beristirahat, tubuhmu akan berhenti bekerja dan mengembalikan lagi energi yang telah digunakan dalam sehari. Sehingga, ketika pagi hari tubuhmu telah berada pada kondisi yang sehat dan bugar. Selain itu, istirahat yang cukup akan membantumu mencegah dari berbagai penyakit berbahaya.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Minum air putih. (Special)

 

Hal yang tak kalah penting untuk tubuhmu adalah agar selalu dipenuhi oleh cairan yang dapat menghidrasi tubuh. Jangan sampai tubuhmu mengalami kekurangan cairan. Sebab, akan memberikan bahaya pada kesehatanmu. Ketika tubuh dehidrasi, maka akan terasa sangat lemas serta kehilangan fokus. Kamu dapat memulai mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8-10 gelas perhari atau sekitar 2 liter. Mengonsumsi air putih akan sangat membantu tubuhmu dalam menjaga keseimbangan, kesehatan hingga membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Selain itu, dapat pula membantu mengembalikan dan meningkatkan energi pada tubuhmu.

Itulah 5 tips yang dapat kamu coba selama cuaca ekstrim melanda. Selamat mencoba dan salam sehat, Ladies!