6 Makanan dan Minuman Sehat yang Baik Dikonsumsi Saat Menstruasi

Minggu, 4 September 2022 | 09:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Makanan Dan Minuman Sehat Yang Baik Dikonsumsi Saat Menstruasi

Ilustrasi Makanan dan Minuman Saat Menstruasi (Pinterest)

Ladiestory.id - Saat menstruasi, wanita juga akan mengalami perubahan hormon yang dapat menyebabkan tubuh menjadi merasa kelelahan, kepala pusing, perut kram, dan nyeri. Kondisi emosi yang tidak stabil juga menyebabkan mood swing yang berubah-ubah.

Hal ini pun tentunya akan membuat wanita merasa tidak nyaman dan kurang bersemangat dalam beraktivitas. Namun, untuk mengatasi mood yang berubah-ubah saat sedang menstruasi, kamu pun dapat mensiasatinya dengan mengonsumi 6 makanan sehat ini, lho.

Air Putih

Air Putih. (Pinterest)

 

Saat sedang mengalami menstruasi, tubuh akan kekurangan cairan dan dehidrasi. Maka tak heran jika kondisi tubuh pun akan menjadi mudah terasa lemah dan lelah. Oleh sebab itu, kamu pun bisa perbanyak untuk mengonsumsi air putih sebanyak 5 hingga 8 liter sehari selama masa menstruasi agar tubuh tetap terhidrasi dan terpenuhi akan cairan dalam tubuh.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan. (Pinterest)

 

Saat menstruasi, mengonsumsi kacang-kacangan juga sangat baik bagi tubuhmu, lho! Beberapa jenis kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi bagi tubuh, di antaranya, almond dan kacang kenari yang dapat memberikan zat besi dan mengubah suasana mood menjadi jauh lebih baik. Saat menstruasi, sebaiknya kamu dapat menghindari mengonsumsi kacang pistachio karena memiliki kandungan garam yang dapat menyebabkan retensi air selama masa menstruasi.

Sayuran Hijau

Sayuran Hijau. (Pinterest)

 

Selain kacang-kacangan, makanan sehat lainnya yang sangat baik dikonsumsi saat menstruasi adalah sayuran hijau. Kandungan vitamin K, mineral dan nutrisi dalam kandungan hijau dapat membantu atasi kondisi tubuh yang lemah dan kurang bersemangat. Selain itu, kandungan sayuran hijau dapat membantu meredakan nyeri saat menstruasi, serta dapat mengentalkan dan melancarkan darah. Selain itu, juga dapat mengatasi tubuh yang kekurangan darah.

Buah-buahan

Buah-buahan. (Pinterest)

 

Buah-buahan juga dapat membantu meredakan nyeri pada menstruasi. Buah-buahan seperti pisang dapat mengurangi rasa nyeri dan kram saat menstruasi. Selain itu, buah pisang juga dapat membantu menenangkan otot rahim saat menstruasi.

Omega 3

Omega 3. (Pinterest)

 

Makanan sehat lainnya yang baik dikonsumsi saat menstruasi adalah kandungan makanan asam lemak omega 3, seperti salmon, kenari dan flaxseed. Dengan mengonsumsi omega 3 juga dapat mengurangi nyeri saat menstruasi serta gejala menstruasi menjadi lebih ringan.

Cokelat

Cokelat. (Pinterest)

 

Saat menstruasi, wanita kerap mengalami mood swing yang disebabkan akibat perubahan hormon pada tubuh akibat menstruasi. Seseorang akan menjadi emosional, sensitif bahkan mudah marah karena mengalami rasa kelelahan dan nyeri yang tak tertahankan.

Mengonsumsi cokelat juga baik saat menstruasi, lho! Selain itu, cokelat juga dapat memengaruhi suasana mood seseorang dan mengubahnya menjadi jauh lebih baik. Hal ini dikarenakan cokelat mengandung magnesium serta nutrisi yang baik bagi tubuh, serta membantu siklus menstruasi yang akan datang. Cokelat juga dapat meredakan nyeri saat siklus menstruasi berlangsung.

Itulah 6 makanan dan minuman sehat yang baik dikonsumsi saat menstruasi. Semoga bermanfaat!