6 Tips Atasi Perut Kembung Saat Menstruasi

Senin, 10 April 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Tips Atasi Perut Kembung Saat Menstruasi

Ilustrasi Nyeri Menstruasi. (Special)

Ladiestory.id - Saat mengalami menstruasi bulanan, wanita kerap mengalami masalah perut kembung. Perut kembung ini pun sangat mengganggu ketika menstruasi  berlangsung bahkan dapat mengganggu aktivitas dan kinerja seseorang. Selain rasa nyeri saat menstruasi berlangsung, perut kembung pun dapat menyebabkan gangguan sistem cerna bahkan kesehatan pada wanita. Namun, kamu tidak perlu khawatir dan panik, berikut ini enam tips atasi perut kembung saat menstruasi yang bisa kamu lakukan.

Perbanyak Konsumsi Potasium

Ilustrasi Makanan Potasium. (Special)

Ladies, mengonsumsi makanan yang kaya akan potasium dapat membantu meredakan masalah perut kembung saat menstruasi, lho. Kandungan makanan yang tinggi akan potasium ini diantaranya pisang, asparagus maupun tomat. Selain itu, kamu pun bisa memilih jenis makanan yang kaya akan protein seperti ayam, ikan, hingga tahu. Tak hanya itu mengonsumsi makanan seperti timun, semangka serta jahe pun dapat membuat tubuh lebih rileks dan ringan saat menstruasi berlangsung.

Hindari Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Gas

brokoli. (Special)

Ladies, ketika rasa kembung muncul dikala menstruasi berlangsung, alangkah lebih baik jika kamu dapat menghindari mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gas di perut misalnya brokoli dan kol, walaupun makanan tersebut memiliki nutrisi dan menyehatkan tubuh sebaiknya dapat kamu hindari untuk sementara waktu. Selain itu, makanan tersebut juga mengandung gula kompleks yang dikenal dengan raffinose. Seseorang akan mudah kekurangan enzim untuk mencerna raffinose sehingga dapat menyebabkan munculnya gas dan perut kembung.

Hindari Konsumsi Kafein

Ilustrasi minum kopi. (Special)

Selain makanan yang mengandung gas, kamu pun dapat menghindari minuman yang mengandung kafein maupun alkohol. Mengonsumsi alkohol ketika menstruasi maupun sebelum menstruasi dapat memperparah gejala PMS seperti munculnya rasa nyeri pada payudara, menyebabkan mood swings hingga perut menjadi kembung. Sedangkan mengonsumsi minuman berkafein dapat menstimulasi proses saluran pencernaan dan mengiritasi usus. Selain itu mengonsumsi banyak kafein ketika sedang menstruasi dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi.

Perbanyak Minum Air Putih

Ilustrasi minum air putih. (Special)

Saat menstruasi alangkah lebih baik jika kamu dapat mengesampingkan obat-obatan medis untuk meredakan menstruasi dan perut kembung dengan mengalihkannya dengan perbanyak minum air putih. Selain dapat membantu meningkatkan fungsi ginjal cara inipun ampuh meredakan rasa nyeri saat menstruasi. Cukupilah kebutuhan cairan dalam tubuh dengan rutin mengonsumsi delapan gelas air putih setiap hari.

Olahraga

Ilustrasi Olahraga (Special)

Biasanya rasa nyeri yang melanda saat menstruasi membuat seseorang menjadi enggan berolahraga karena rasa sakit dan nyeri yang tak tertahankan, selain itu saat menstruasi tubuh banyak mengeluarkan darah sehingga seseorang mudah menjadi lelah bahkan mengalami perubahan mood yang signifikan alhasil kebanyakan wanita lebih memilih rebahan dan bermalas-malasan. Nah, Ladies untuk mengatasi hal ini kamu juga dapat melakukan olahraga yang dapat mengelola mood mu menjadi lebih baik serta dapat meredakan perut kembung saat menstruasi. Dengan berolahraga maka kamu akan mengeluarkan keringat sehingga dapat mengurangi konstipasi. Kamu pun dapat melakukan berbagai kegiatan olahraga ringan seperti stretching, yoga maupun jogging.

Istirahat Cukup

Ilustrasi tidur. (Special)

Ladies, apabila perut kembung membuat kondisi tubuhmu menjadi kurang fit dan tidak nyaman, maka kamu bisa beristirahat cukup untuk mengembalikan stamina dan energimu. Saat tertidur, maka cairan dalam perut akan berpindah ke tubuh dan dihilangkan. Kamu dapat tidur dan beristirahat cukup selama delapan jam di malam hari untuk meredakan perut kembung saat menstruasi.

Nah, Ladies itulah ke enam tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah perut kembung saat menstruasi. Semoga bermanfaat.