7 Tips Lakukan Perawatan Ekstra Lawan Kulit Dehidrasi

Kamis, 18 Agustus 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

7 Tips Lakukan Perawatan Ekstra Lawan Kulit Dehidrasi

Ilustrasi Kulit Dehidrasi (Pinterest)

Ladiestory.id - Wajah kusam, kulit terasa gatal, dan bersisik itu merupakan tanda bahwa kulit dehidrasi. Jenis kulit berminyak, kombinasi, bahkan kering pun dapat mengalami masalah kulit dehidrasi.

Yuk, mulai rawat dirimu dengan ikuti  tips di bawah ini untuk lawan kulit dehidrasi.

Ketahui Jenis dan Masalah Kulitmu

Ketahui Jenis Kulit (Pinterest)

 

Kulit dehidrasi berbeda dengan jenis kulit kering. Hal ini dikarenakan masalah dan jenis kulit dehidrasi merupakan perubahan lapisan superfisial epidermis yang kekurangan pasokan air. Kulit dehidrasi juga merupakan kondisi sementara yang dapat dikembalikan dengan jenis produk yang sesuai dengan kebutuhannya. Sedangkan kulit kering adalah kondisi permanen pada kulit yang kekurangan air dan lipid.

Kulit dehidrasi dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya perubahan suhu udara, perubahan iklim, polusi udara, penggunaan produk kecantikan yang tidak tepat, stres, kelelahan, minuman beralkohol, ataupun perawatan medis tertentu.

Konsumsi Air Putih Setiap Hari

Konsumsi AIr Putih (Pinterest)

 

Salah satu perawatan untuk kulit yang utama adalah, dengan cukup memenuhi cairan pada tubuh agar kulit tidak terdehidrasi. Minum air putih sebanyak delapan gelas atau 2 liter setiap hari. Selain itu, kamu juga harus mengurangi konsumsi kafein maupun alkohol supaya kulitmu tetap terhidrasi dengan baik.

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Konsumsi Buah dan Sayur (Pinterest)

 

Bukah hanya tubuh saja yang bisa dehidrasi, begitu juga dengan kulit. Kulit juga harus dirawat dari luar maupun dalam. Agar seimbang dan terjaga kesehatannya, kulitmu juga harus ternutrisi. Kamu harus konsumsi makanan yang kaya akan vitamin seperti buah dan sayur yang kaya akan vitamin E. Makanan yang banyak mengandung anttioksidan juga baik untuk kulit dehidrasi. Contohnya adalah gandum, kacang almond, tomat, mangga, bayam, dan masih banyak lagi.

Pilih Jenis Produk Skincare yang Bersifat Menghidrasi Kulit

Skincare yang Menghidrasi Kulit (Pinterest)

 

Jenis produk skincare terhadap kulit dehidrasi juga belum tentu cocok dengan jenis kulit kering, lho! Jika kamu mengalami masalah kulit dehidrasi, sebaiknya kamu memilih jenis produk yang bersifat humectant atau yang mengandung bahan-bahan berupa gliserin, amino acid, dan hyaluronic acid. Selain itu, kamu juga dapat memilih jenis skincare yang melembapkan kulit yang mengandung hydrating atau nourishing.

Gunakan Sunblock untuk Perlindungan Dari Sinar UV

Gunakan Sunblock (Pinterest)

 

Sinar UV juga dapat mengakibatkan kulit dehidrasi, lho! Bukan berarti kamu menjadi takut terhadap sinar matahari ya , Ladies? Sunblock juga sebagai salah satu langkah melawan kulit yang dehidrasi dari paparan sinar matahari supaya kulit tidak kering dan iritasi. Sebaiknya, gunakan sunblock 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Gunakan Face Oil

Gunakan Face Oil (Pinterest)

 

Face oil juga dianggap ampuh untuk melawan kulit dehidrasi dan sekaligus membantu untuk melembapkan kulit, lho! Sebaiknya, kamu memilih face oil yang mengandng bahan-bahan alami untuk mencegah terjadinya iritasi terhadap kulit yang sensitif.

Gunakan Pembersih Wajah yang Aman Untuk Kulit

Gunakan Pembersih Wajah yang Aman (Pinterest)

 

Pilihlah produk pembersih wajah atau cleanser yang aman untuk kulit. Saat ini, banyak sekali produk pembersih wajah yang justru membuat wajah menjadi kering setelah dibersihkan. Gunakan produk yang mengandung pH yang sesuai dan tidak mengandung surfaktan agresif. Gunakan pula pembersih wajah yang mampu membersihkan wajah dan ampuh mengangkat kotoran tanpa harus mengangkat kelembapan alami kulit sehingga kulit dapat terawat dengan baik.

Ladies, itu dia 7 tips lakukan perawatan ekstra untuk lawan kulit dehidrasi, terus lakukan kebiasaan baik agar kulitmu tetap sehat dan terhidrasi alami, ya? Semoga bermanfaat.

s