Alami Vertigo, Lakukan 8 Hal Ini!

Selasa, 5 Juli 2022 | 19:25:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

Alami Vertigo, Lakukan 8 Hal Ini!

Ilustrasi Vertigo

Ladiestory.id - Vertigo bukanlah sakit kepala biasa, apa yang dilihat penderita seperti berputar-putar dan akan mempengaruhi kondisi keseimbangan seseorang. Penyebab vertigo diakibatkan beberapa faktor, adanya gangguan telinga, gangguan sistem saraf pusat, penurunan tekanan darah, dehidrasi, serta adanya pengaruh dari makanan dan minuman tertentu.

Ketika mengalami vertigo sangat sulit untuk beraktivitas seperti biasa dan bahaya jika kamu tidak berhati-hati. Dikutip dari berbagai sumber, lakukan 8 hal ini ketika kamu terkena vertigo:

Duduk langsung ketika merasa pusing

Carilah tempat duduk terdekat ketika kamu merasa sangat pusing dan duduk senyaman mungkin.

Berbaring di ruangan yang tenang

Cobalah untuk membaringkan tubuh secara perlahan, suasana tenang dapat mengurangi perasaan berputar. Sesuaikan dengan kondisi kamu, jika merasa tidak nyaman tiduran cobalah untuk bersandar.

Nyalakan Lampu

Jika mengalami vertigo malam hari, minta seseorang untuk menyalakan lampu untuk menghindari agar tidak bertambah pusing.

Gerakan Kepala

Gerakan kepala ke kiri dan kanan secara perlahan serta hati-hati agar peredaran darah lancar. Disarankan untuk dilakukan saat aktivitas sehari-hari secara rutin.

Bangun secara perlahan

Alami vertigo ketika bangun tidur, tidak disarankan untuk langsung berdiri. Bergeserlah ke pinggir kasur dan cari sesuatu untuk menjaga keseimbangan.

Tidur dengan Kepala lebih Tinggi

Tumpuk dua atau lebih bantalmu agar posisi kepala lebih tinggi.

Gunakan Tongkat

agar menjaga keseimbangan pakailah tongkat agar dapat berjalan secara aman. Kamu juga bisa minta bantuan seseorang untuk membantumu saat ingin berjalan.

Rileks

Hal yang paling ketika alami vertigo adalah rileks karena ketika kamu cemas dapat memperburuk vertigo.