5 Bahaya Tidur dengan Keadaan Rambut Basah

Senin, 16 Mei 2022 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

5 Bahaya Tidur Dengan Keadaan Rambut Basah

Ilustrasi rambut basah. (Special)

Ladiestory.id - Kualitas tidur yang baik bisa Kamu dapatkan dari melakukan aktivitas mandi dan keramas sebelum tidur. Dengan kondisi tubuh yang bersih, maka waktu beristirahat dapat dinikmati dengan lebih nyaman.

Tetapi, terkadang seseorang membiarkan rambut basahnya begitu saja karena sudah terlalu mengantuk dan ingin segera tidur. Pada akhirnya, mereka akan tertidur dengan keadaan rambut yang masih basah.

Perlu diketahui, jika terdapat bahaya yang mengintai jika Kamu tertidur dengan rambut yang masih basah. Kebiasaan tidur dengan rambut basah akan membuat rambut menjadi bermasalah. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, kenali bahaya-bahaya yang terjadi jika Kamu tertidur dengan rambut yang basah.

Infeksi Jamur

Ilustrasi rambut rusak. (Special)

Infeksi jamur adalah salah satu dampak yang paling kerap muncul akibat kebiasaan tidur dengan keadaan rambut yang masih basah. Hal ini disebabkan karena mikroorganisme membutuhkan tempat yang lembab untuk bereproduksi.

Jamur dan bakteri juga akan cepat tumbuh jika kombinasi antara rambut yang basah dan suhu tempat tidur yang hangat terjadi. Saat Kamu tidur dengan rambut yang masih basah, maka jamur jenis Malassezia dapat cepat tumbuh. Dermatitis yang biasanya terjadi pada kulit kepala disebabkan oleh Malassezia.

Memicu Kerusakan Rambut

Ilustrasi rambut rusak. (Special)

Semua perawatan rambut yang dilakukan dengan menggunakan produk terbaik dan mahal akan menjadi sesuatu yang sia-sia jika kebiasaan tidur dengan rambut basah masih tetap dilakukan. Rambut yang basah akan menjadi lebih mudah rapuh dan mengalami kerusakan karena dapat menyerap 45 persen air.

Tidak berhenti disitu, rambut juga akan mudah kusut karena bergesekan dengan bantal. Hal inilah yang membuat Kamu kesulitan menyisir rambut di keesokan harinya. Kesulitan menyisir ini pada akhirnya membuat rambutmu menjadi rusak dan mudah rontok.

Rambut Berbau Apek

Ilustrasi rambut rusak. (Special)

Jika tidak dikeringkan sebelum tidur, rambutmu akan tetap apek entah seharum apapun sampo yang Kamu gunakan. Bau apek tersebut dihasilkan dari kebiasaan tidur dengan rambut yang masih basah. Jadi, jika wangi sampo yang sudah Kamu beli mahal-mahal hanya akan digantikan dengan bau apek di keesokan harinya, maka hal tersebut sangatlah percuma, bukan?

Rambut Kusam

Ilustrasi rambut rusak. (Special)

Selain kesehatan rambut, penampilan rambut Kamu juga akan mendapatkan imbas dari bahaya tidur dengan kondisi rambut yang masih basah. Uap air dan minyak alami (sebum) pada kulit dapat terserap oleh kain jika Kamu menempatkan rambut basahmu di atas bantal yang kering. Karena hal tersebut, rambut akan tampak kusam dan mengalami dehidrasi.

Apakah Kamu tahu, kelembapan rambut dan minyak alami yang diproduksi oleh rambut merupakan faktor utama yang membuat rambut dapat terlihat berkilau? Jadi, rambut akan kehilangan kelembaban dan kilau alaminya jika kadar air dan minyak alami rambut diserap oleh kain sarung bantal.

Sakit Kepala

Ilustrasi sakit kepala. (Special)

Sakit kepala dapat dipicu oleh berbagai macam hal. Agar tidak salah langkah, Kamu perlu memeriksanya kepada ahlinya. Jika memang tidak ada masalah serius dengan kepalamu, maka mungkin saja sakit yang dirasakan terjadi karena kebiasaan tidur dengan rambut yang basah. Apalagi Kamu merasakan sakit kepalanya ketika bangun tidur.

Menurut riset, suhu tubuh dapat menurun jika seseorang tidur dengan kepala yang masih basah. Di samping itu, infeksi jamur yang bisa saja terjadi karena rambut basah membuat tubuhmu harus berusaha melawan penyakit tersebut yang menyebabkan aliran darah meningkat. Aliran darah yang meningkat ini pada akhirnya akan membuat Kamu merasakan sakit kepala setelah bangun tidur.

s