Biar Tidak Meleber, Ini Tips Mengendalikan Emosi yang Berlebihan

Kamis, 28 Juli 2022 | 14:00:00

Lukyana Arsa

Penulis : Lukyana Arsa

Biar Tidak Meleber, Ini Tips Mengendalikan Emosi Yang Berlebihan

Ilustrasi perempuan marah. (Special)

Ladiestory.id - Semua orang pasti pernah merasakan marah atau emosi karena sesuatu atau seseorang. Perjalanan yang tidak menyenangkan, pekerjaan yang tak kunjung usai, sampai orang-orang yang bersikap seenaknya dapat membuat emosi kita memuncak.

Sebagai manusia yang punya kontrol terhadap dirimu sendiri, alangkah lebih baik kalau kamu bisa mengendalikan emosimu agar tidak melebar kemana-mana. Tujuannya, masalah yang membesar karena emosimu sendiri nyatanya akan merugikan diri sendiri dan kamu pasti akan menyesal.

Emosi yang berlebih itu sebaiknya diarahkan ke hal yang lebih positif agar mudah terkendali dan tidak menimbulkan satu pepecahan baru.  Berikut beberapa cara mengendalikan emosi yang berlebihan yang bisa kamu terapkan dalam berbagai segi kehidupanmu.

Sadari Dampak yang Terjadi Akibat Emosi yang Berlebihan

Ilustrasi perempuan berpikir. (Special)

Emosi yang tidak terkendali karena kamu marah pada suatu hal dapat mengakibatkan konflik yang berkepanjangan dengan orang lain dan merusakn pertemanan. Akibatnya, kamu akan sulit berhubungan lagi dengan orang tersebut jika suatu hari ingin bertemu.

Dampak lainnya, kamu akan bermasalah di tempat kamu bekerja, dengan tetangga atau bahkan di sekolah. Orang-orang enggan berteman dengan orang yang tidak bisa mengontrol emosinya.

Sebelum emosimu meledak, kamu punya waktu beberapa detik untuk memikirkan kembali apa yang terjadi jika emosi yang tidak terkendali itu kamu ledakan. Pikirkan baik-baik, dampaknya tidak hanya untuk satu hari, bisa saja berhari-hari. Tidak untuk satu orang, tapi juga bisa berdampak pada banyak orang.

Identifikasi  dan Terima Perasaanmu

Ilustrasi perempuan menerima perasaannya. (Special)

Luangkan waktumu untuk bertanya pada diri sendiri tentang suasana hati yang saat ini kamu rasakan. Berhentilah untuk melempar barang atau menendang sesuatu saat kamu kesal, hal itu akan menyakiti dirimu sendiri.

Identifikasi dirimu sendiri saat ini, tentang apa yang kamu rasakan, mengapa kamu bisa seperti itu dan apa yang kamu bisa lakukan untuk menolong dirimu sendiri dengan kondisimu yang seperti itu.

Setelah berhasil mengindentifikasi perasaanmu, cobalah belajar menerima emosimu sendiri. Marah, sedih, kecewa adalah emosi yang tidak boleh kamu abaikan. Meski sakit, rasakan saja.

Menerima emosi yang kamu rasakan sejatinya akan membantumu merasa lebih nyaman dan lebih mudah untuk mengelolanya. Kamu ada di kondisi saat ini, jadi nikmati saja apa yang terjadi.

Ilustrasi menulis jurnal (Spesial)

 

Meski terlihat tidak penting, nyatanya melakukan aktivitas journaling akan sangat membantu kamu menemukan titik permasalahan yang terjadi. Sembari menulis, kamu jadi bisa merenungkan apa yang sebenarnya terjadi.

Proses menulis jurnal juga membantu kamu dapat mengenali kondisi tertentu dan mengidentifikasi solusi yang terbaik jika suatu hari emosi yang berlebih datang kembali padamu. Menulis jurnal memberikan banyak manfaat jika kamu mau melakukannya setiap hari.

Tarik Napas

ilustrasi perempuan menarik napas. (Special)

 

Merasakan napas yang naik turun secara perlahan dapat membuat emosimu perlahan reda. Menarik napas secara perlahan lalu melepaskannya dapat membantu kamu menenangkan diri. Hal ini menjadi senjata terbaik daripada melepaskan luapan emosimu kepada orang lain.

Saat emosi dan marah, mundur sedikit dan jauhilah keramaian. Tutup matamu dan Tarik napas perlahan lalu lepaskan.  Katakan dengan mantra, “saya tenang,” “saya saya santai” atau “saya baik-baik saja.”

Beri Ruang untuk Dirimu Sendiri

Wanita yang rileks. (Special)

 

Menjauhkan diri dari perasaan yang kompleks dapat membantu kamu mengontrol bagaimana caranya bereaksi. Jangan terlalu fokus pada masalah yang terjadi, lebih baik kalau kamu meninggalkan situasi yang membuatmu jengkel.

Alihkan perhatiamu dengan hal-hal yang memperbaiki suasan hatimu. Kamu bisa pergi jalan-jalan menghirup udara segar, menonton video-video lucu yang membangkitkan kembali mood-mu, atau menghabiskan waktu sejenak bersama dengan orang yang kamu cintai

Lakukan Meditasi

perempuan sedang melakukan meditasi. (Special)

Meditasi dapat membantu kamu meningkatkan kesadaran atas perasaan yang sedang berkecamuk. Meditasi mengajarkan kamu untuk berdamai dengan perasaanmu sendiri, kamu tenang, kamu menerima perasaanmu tanpa harus menghakimi perasaan itu.

Belajar menerima emosi dapat membuat kamu lebih mudah mengelola emosi. Meditasi bisa membuat kamu lebih santai dan rileks dalam menghadapi segala macam masalah yang datang di hidupmu.

s