Menyehatkan, Ini 6 Buah yang Bagus untuk Asam Lambung

Jumat, 12 November 2021 | 14:30:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Menyehatkan, Ini 6 Buah Yang Bagus Untuk Asam Lambung

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Kondisi asam lambung yang naik kerap mengganggu aktivitas. Gejala asam lambung tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi sejumlah makanan seperti buah-buahan. Terdapat buah yang menurunkan asam lambung dengan cepat.

Studi menunjukkan buah ini efektif mengurangi jumlah asam yang diproduksi di dalam perut. Kandungan nutrisi di dalam buah mampu menetralkan keasaman di dalam lambung.

Buah yang Bagus untuk Asam Lambung

Kamu dapat mengonsumsi buah-buahan ini untuk meredakan gejala asam lambung yang naik seperti berserdawa, mual, dan rasa tidak nyaman di perut. Berikut 6 buah  yang bagus untuk asam lambung.

1. Pepaya

Foto: Ladiestory.id

Pepaya mengandung vitamin C, A, E, K, folat, magnesium, tembaga, antioksidan, kalisum, potasium, likopen, dan lutein.  Kandungan tersebut lah yang membuat pepaya menjadi buah yang bagus untuk asam lambung sebab  mampu menurunkan asam lambung tinggi.

2. Pisang

Foto: CNN Indonesia

Beberapa buah non-sitrus baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena bisa menjadi buah penurun asam lambung, misalnya buah pisang. Salah satu serat larut yang terkandung di dalam pisang, yakni pektin dapat mendorong makanan melewati saluran pencernaan.

Kondisi ini dapat mencegah kenaikan asam lambung mengingat menumpuknya makanan di usus bisa jadi menambah kadar asam lambung.

3. Melon

Foto: Liputan6

Selain pisang, melon juga termasuk buah yang bagus untuk asam lambung. Pasalnya, melon termasuk makanan sumber magnesium, yakni mineral yang sering ditemukan di berbagai obat asam lambung.

Selain itu, kandungan pH sekitar 6,1 (kadar asam rendah) di dalam buah melon dapat menjadikannya sebagai salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Selain pisang dan lemon, berbagai buah lain, seperti apel dan pir juga cocok dikonsumsi penderita asam lambung karena tidak memicu gejala refluks asam lambung seperti buah asam.

Refluks asam lambung adalah kondisi yang terjadi ketika cairan asam di lambung bocor dan mengalir naik balik ke kerongkongan (esofagus).

4. Apel

Apel termasuk satu dari beberapa buah yang bagus untuk asam lambung tinggi. Ini karena selain kaya akan kandungan serat, buah apel juga merupakan sumber kalsium, magnesium, serta kalium yang baik.

Seluruh zat gizi tersebut ternyata berpotensi untuk membantu meredakan gejala mag yang muncul. Meski demikian, kamu tetap perlu memerhatikan jenis apel sebelum memakannya.

Tidak semua jenis apel aman untuk penderita asam lambung tinggi. Contohnya, apel dengan warna hijau yang biasanya memiliki rasa agak asam, sehingga dapat menyebabkan gejala mag muncul.

Pilihan terbaik untuk penderita mag dan asam lambung adalah apel berwarna merah dengan kondisi yang matang. Jenis apel ini jauh lebih aman untuk mencegah gejala mag kambuh kembali.

5. Semangka

Foto: KlikDokter

Semangka dikenal sebagai buah dengan kandungan airnya yang tinggi. Selain itu, semangka mengandung antioksidan, vitamin A, vitamin C dan asam amino.

Kandungan tersebut baik untuk membuat tubuh terhidrasi dan membantu pencernaan. Mengonsumsi buah semangka dapat menetralkan asam lambung. Makanya tidak heran jika semangka menjadi buah yang bagus untuk asam lambung.

6. Kelapa

Air pada buah kelapa mengandung mineral kalium dan berbagai senyawa yang membantu menenangkan sistem pencernaan. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk penderita gangguan asam lambung yang kerap mengalami gejala mag.

Air kelapa juga membantu menjaga suhu tubuh tetap normal dan menghambat peradangan pada lambung. Kamu bisa mendapatkan manfaat buah kelapa dengan rutin mengonsumsi satu buah kelapa setiap hari selama 2 minggu berturut-turut.

Inilah 6 buah yang bagus untuk asam lambung. Kamu dapat mengonsumsi buah-buahan ini saat merasakan gejala asam lambung. Namun, jika sakit berlanjut segera periksakan ke dokter.